Kupas Tuntas OpenGL

OpenGL (Open Graphics Library) merupakan API yang difokuskan pada sisi grafis. Adanya OpenGL ini membuat kalian dapat menjalankan aplikasi dengan grafis 2D atau 3D.

0

Istilah ini biasanya keluar pada requirements spesifikasi game. Di samping game, istilah ini juga tidak jarang dapat ditemui di aplikasi tertentu. Contohnya Ilustrator dan AutoCAD.

Kalau kalian suka bermain game, pasti sering mendengar istilah OpenGL. Istilah ini sangat umum digunakan di kalangan ara gamer.

Istilah ini biasanya keluar pada requirements spesifikasi game. Di samping game, istilah ini juga tidak jarang dapat ditemui di aplikasi tertentu. Contohnya Ilustrator dan AutoCAD.

Kemudian apa sih yang dimaksud dengan OpenGL? 

Mengenal OpenGL

Sebelumnya, Ankalianda harus tahu istilah API. API merupakan singkatan dari application programming interface. Salah satu kegunaannya untuk menghubungkan kerja aplikasi dengan sistem.

Contohnya untuk membuka game, maka untuk menjalankan gambar, diperlukan API. Nah, OpenGL ini termasuk dari API.

OpenGL (Open Graphics Library) merupakan API yang difokuskan pada sisi grafis. Adanya OpenGL ini membuat kalian dapat menjalankan aplikasi dengan grafis 2D atau 3D.

Disebabkan fokus pada sisi grafis, OpenGL bisa menampilkan 3D scene yang sangat baik di komputer. Oleh sebab itu, OpenGL banyak digunakan di CAD, untuk membuat visualisasi informasi, virtual reality dan game.

Contoh Perangkat yang Mendukung OpenGL

OpenGL umumnya sudah didukung secara built-in dari komponen VGA atau chipset. Seperti VGA AMD, NVIDIA dan SoC smartphone.

Di samping itu, OpenGL juga bersifat multi-platform (bisa digunakan di banyak sistem operasi). Baik dari Windows, MacOS, FreeBSD, dan sebagainya.

Beberapa contoh OS populernya seperti:

 Windows

Windows menyediakan API OpenGL yang nanti secara otomatis aktif kalau komponen dari komputernya mendukung.

OpenGL di Windows berganti-ganti dengan DirectX menyesuaikan dengan keperluan.

Android

Android sejak lama sudah mendukung OpenGL sebagai API grafisnya. Utamanya untuk game, yang sebagian besarnya (di Playstore) kebanyakan menggunakan OpenGL.

Ini didukung juga dengan SoC sekarang yang mendukung OpenGL.

Konsol

Sebagian konsol saat ini mendukung beberapa API misalnya DirectX (Xbox), Vulkan, dan OpenGL adalah salah satunya.

Walau demikian kebanyakan OpenGL ini hanya ditemukan di konsol keluaran lama.

Emulator

Bukan hanya perangkat atau sistem, emulator juga biasanya mendukung OpenGL sebagai API grafisnya. PPSSPP atau emulator Android contohnya.

Perbedaan OpenGL dan DirectX

Jika membicarakan OpenGL maka umumnya tidak lepas juga dari DirectX. DirectX juga termasuk API, yang tidak jarang ada sebagian orang belum tahu apa bedanya.

Di bawah ini beda OpenGL dan DirectX:

Pengembang OpenGL dan DirectX Berbeda

OpenGL dan DirectX dikembangkan perusahaan yang berbeda. DirectX dikembangkan Microsoft. Pertama kali dirilis stabil tahun 2006.

Sedangkan OpenGL dikelola oleh Khronos, bersifat open source. API ini dikenalkan pada tahun 1992 silam.

OpenGL Dikhususkan untuk Render Grafis

OpenGL didesain sebagai API dari sisi grafis saja. Conothnya untuk aktivitas rendering dan sejensemacamnyaisnya.

DirectX juga sama. Hanya saja DirectX mendukung fitur-fitur lain, misalnya suara, teks, sampai API jaringan.

DirectX Lebih Dikhususkan untuk Windows

DirectX hanya bisa dijalankan di komputer dengan sistem operasi Windows saja. Kecuali di konsol Xbox (itupun masih keluaran Microsoft).

Di samping itu tidak jarang diperlukan driver khusus pada beberapa hardware tertentu agar DirectX dapat berjalan.

Sedangkan OpenGL bisa berjalan di banyak sistem operasi. Baik dari Windows, MacOS, Symbian, FreeBSD dan lainnya  Android.

Pilih OpenGL atau DirectX?

Jika bicara pengaturan, untuk beberapa sistem OpenGL dan DirectX kadang dapat diganti di aplikasi tertentu. Pertanyaannya kalian lebih memilih yang mana?

Untuk jawabannya di sini silakan sesuaikan saja. Alasannya disebabkan pengalaman, setiap aplikasi punya optimalisasi yang berbeda-beda antara OpenGL dan DirectX. Sehingga performanya dapat berbeda-beda juga.

Istilah OpenGL banyak ditemui. Tapi belum banyak orang yang paham artinya. Karena  itu pembahasan ini diharapkan dapat menambah wawasan kalian terkait OpenGL. Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.