Kupas Tuntas Vivo V21 5G, Kamera Selfie Terbaik!

Berangkat dari harga dan spesifikasi yang diberikan, Vivo V21 5G ini bsia dikatakan masuk ke dalam perangkat kelas menengah. 

0

Kelebihan dan kekurangan Vivo V21 5G tentu jadi pembahasan yang menarik. Di tanah air sendiri, smartphone ini sudah diluncurkan pada 25 Mei 2021 kemarin.

Apabila pada artikel sebelumnya sudah dibahas dengan detail tentang performa gaming perangkat Vivo V21 5G, maka kini akan dibagikan berbagai kelebihan dan kekurangan smartphone tersebut secara lengkap untuk kalian.

Kelebihan dan kekurangan Vivo V21 5G tentu jadi pembahasan yang menarik. Di tanah air sendiri, smartphone ini sudah diluncurkan pada 25 Mei 2021 kemarin.

Berangkat dari harga dan spesifikasi yang diberikan, Vivo V21 5G ini bsia dikatakan masuk ke dalam perangkat kelas menengah. 

Perangkat yang jadi penerus Vivo V20  ini dijual dari harga Rp 5,8 juta.Nah, untuk kalian yang ingin membeli perangkat ini, wajib tahu dulu kelebihan dan kekurangannya. 

Penasaran apa saja kurang dan lebihnya? Langsung cekidot kuy!

Kelebihan Vivo V21 5G

Dual OIS

Vivo V21 5G ini punya fitur OIS atau penstabil gambar berbasis optik, baik untuk kamera belakang dan kamera depan. Di urusan selfie, OIS ini dapat membuat gambar yang kalian ambil lebih stabil dan terang meski di malam hari.

Ditambah lagi pada bagian depan ada Dual Selfie Spotlight, dimana terdapat dua lampu yang akan membuat hasil selfie menjadi terang meski kondisi lingkungan di sekitar dalam keadaan gelap.

Sedangkan, untuk kebutuhan merekam video, fitur OIS ini juga menghasilkan video lebih stabil. Ditambah lagi fitur OIS juga dikoombinasikan dengan fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang membetikan hasil video lebih stabil sebab fokus pada objek.

Hanya saja, fitur OIS tidak dapat kalian aktifkan ketika merekam video pada resolusi paling tinggi, yaitu resolusi 4K 30 FPS.

Desain menawan

V21 5G hadir dengan desain yang menawan. Kombinasi bingkai kamera berbentuk persegi dan bagian samping bodi yang berwarna silver, memberi kesan elegan.

Hadir dengan varian warnanya yang menampilkan gradasi yang menarik. Dua varian warna dari V21 5G ini yaitu Dusk Blue dan Sunset Dazzle.

Yang menarik, perangkat ini juga punya bodi yang tipis dan ringan. Untuk varian Dusk Blue ketebalan bodi 7,29 mm dan berat 176 gram. Sementara varian Sunset Dazzle ketebalan bodinya 7,39 mm dan berat 177 gram.

Support jaringan 5G

Sebagaimana namanya, Vivo V21 5G ini telah dapat berjalan di jaringan 5G. Hal itu dari dukungan chipset MediaTek Dimensity 800U 5G, dengan fitur modem 5G.

Jaringan 5G punya kecepatan internat yang lebih kencang dibanding 4G. Digadang-gadang, kecepatan download jaringan 5G bisa 10 sampai 20 kali lebih cepat dibanding kecepatan internet sekarang ini.

Extended RAM

V21 5G pada dasarnya sudah punya RAM 8 GB. Tetapi, dengan dukungan fitur extended RAM, perangkat ini bisa memperoleh RAM tambahan sebanyak 3 GB. Karenanya, total RAM-nya bisa menjadi 11 GB (8 + 3 GB).

Simpelnya, mekanisme dari extended RAM ini yaitu menggunakan sebagian ruang kosong yang ada di memori internal, untuk dialihkan menjadi RAM.

Salah satu kegunaan RAM yaitu  mendukung kalian para pengguna multitasking. Akibatnya, sebab RAM di V21 5G ini lega, kalian bisa membuka banyak aplikasi dalam satu waktu, tanpa mengalami masalah.

Performa mumpuni di kelasnya

Perangkat ini didukung chipset MediaTek Dimensity 800U 5G yang terdiri dari 2 core kencang Cortex A76 (2,4 GHz), 6 core irit Cortex A55 (2,0 GHz), dan GPU 6 core Mali G57 MC3 (950 MHz).

Dari pengujian di laman Pokde.net, Vivo V21 5G memperoleh skor Antutu v8 301.000-an. Skor ini melewati Galaxy A52 dengan Snapdragon 732G yang memperoleh skor 287.000-an, tapi masih di bawah Oppo Reno5 dengan Snapdragon 765G yang memperoleh skor 321.000-an.

Chipset menjadi salah satu spek penting untuk menentukan performa sebuah perangkat. Yang paling signifikan yaitu menentukan performa bermain game.

Dari pengujian di Ictfix.net, V21 5G ini bisa memainkan Genshin Impact di pengaturan grafik lowest 60 FPS, lancar di kisaran 30-50 FPS. Sementara PUBG Mobile bisa dimainkan di pengaturan grafik dan framerate smooth-ultra, stabil di 40 FPS

Layar ciamik

Pada bagian depan, Vivo V21 5G punya spesifikasi layar dengan panel AMOLED, dengan resolusinya Full HD Plus, dan juga refresh rate hingga 90 Hz.

Resolusi layar di perangkat ini akan jadi lebih tajam, karena resolusinya yang telah Full HD Plus, lebih baik dari HD Plus, atau hanya Full HD.

Selanjutnya, pergerakan layarnya pun bisa berjalan lebih mulus karena refresh rate-nya yang dapat diatur ke 90 Hz, yang lebih mulus pergerakannya dari refresh rate 60 Hz.

Refresh rate 60 Hz artinya dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 60 kali. Begitu pula untuk rate 90 Hz artinya dalam satu detik layar diperbarui sebanyak 90 kali.

Lalu disebabkan disematkan layar panel AMOLED, layarnya irit konsumsi daya, bisa memperlihatkan warna lebih cerah dan sudut pandang lebih baik walau dilihat dari samping.

Ada NFC

Vivo V21 5G dilengkapi fitur NFC yang dapat membuat kalian bisa cek saldo dan isi saldo uang elektronik (e-money) langsung di perangkat ka;ian.

Kalian cukup menempelkan kartu e-money di punggung perangkat, maka informasi saldo uang elektronik dapat tampil melalui aplikasi cek saldo.

Pengisian daya cepat

Dengan fitur pengisian daya cepat 33 Watt, kalian bisa mengisi daya lebih cepat. Pihak Vivo Indonesia yakin, daya di perangkat ini bisa terisi sampai 63 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Kekurangan Vivo V21 5G

Sesudah berbicara kelebihan, di bawah ini merupakan beberapa kekurangan Vivo V21 5G.

Tidak ada jack audio

Kalian yang mendengarkan musik atau podcast dengan earphone atau headphone berkabel, sepertinya akan cukup kesulitan di perangkat ini. Karena Vivo V21 5G tidak punya 3,5 mm jack audio.

Kalian dapat mensiasatinya dengan memakai konverter USB C ke jack audio. Tapi, ini adalah alternative yang sulit.

Kapasitas baterai belum jumbo

Walau dilengkapi fitur pengisian daya cepat, kapasitas baterai di Vivo V21 5G belum jumbo karena hanya sebesar 4.000 mAh kapasitasnya. Beda dengan perangkat pesaingnya yang telah memakai baterai 5.000 mAh dan 6.000 mAh.

Sepertinya, Vivo sengaja tidak memberikan baterai jumbo demi mempertahankan ketebalan perangkat ini tetap tipis.

Ketahuilah, kapasitas baterai yang besar bukan satu-satunya faktor penentu ketahanan daya sebuah perangkat. Tidak jarang, manajemen daya di sebuah perangkat ditentukan juga dari chipset yang dipakai.

Hanya saja, dari pengujian di laman Pricebaba.com, manajemen daya di Vivo V21 5G memang belum terlalu maksimal. Ketika dipakai untuk memutar video dengan level kecerahan optimal selama 3 jam, baterainya sudah berkurang 20 persen. Bagaimana? Tertarik membelinya, Gaes?

Leave A Reply

Your email address will not be published.