Lindungi Google Assitant dan Apple Siri agar Tidak Diretas, Begini Caranya!

0

Google Assistant dan Apple Siri merupakan sebuah fitur voice assistant yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menjalankan program tanpa harus menyentuh smartphone tersebut. Pengguna smartphone tersebut hanya perlu menggunakan suara untuk memerintahkan program yang akan dijalankan pada smartphone. Voice assitant yang banyak dikenal atau diketahui oleh masyrakat adalah voice assitant milik android dan iOS yang diberi nama Google Assitant dan Apple Siri.

Namun, para peneliti berhasil mengungkap bahwa ternyata Google Assitant dan Apple Siri dapat diretas kemanannya melalui suara dan gelombang. Lalu bagaimana cara untuk menghindari hal tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Baca Berita dalam Keadaan Offline di Google Chrome Android

 

Lindungi Google Assitant dan Apple Siri agar Tidak Diretas, Begini Caranya!

 

“Dengan memanfaatkan sifat unik dari transmisi akustik dalam bahan padat, kami merancang serangan baru yang disebut SurfingAttack yang akan memungkinkan beberapa putaran interaksi antara perangkat yang dikontrol suara dan penyerang dalam jarak yang lebih jauh,” ujar para peneliti yang dilansir laman Tomsguide.

“SurfingAttack memungkinkan skenario serangan baru, seperti membajak kode sandi Layanan Pesan Singkat (SMS) seluler, membuat panggilan penipuan hantu tanpa sepengetahuan pemilik, dll.”

Baca Juga: Tangi: Aplikasi Terbaru dari Google yang Membuat Pintar Tiap Hari

Terdapat sebuah video yang diunggah oleh peneliti di YouTube, video tersebut menampilkan salah satu cara dari banyak Google Pixel generasi pertama mengambil selfie lalu membacakan pesan teks (terdapat kode-kode rahasia seperti otentikasi dua faktor), dan menanggapi semua perintah tak terdengar yang kemudian ditransmisikan oleh seorang hacker atau peretas yang terpasang di atas meja dan terhubung ke laptop lain.

Bahkan Pixel menampilkan melakukan panggilan ke iPhone model lama sebagai tanggapan atas perintah yang tersembunyi. Suara yang disintesis pada Pixel meminta kode akses rahasia dari pemilik iPhone lama tersebut, dan ternyata Sir merespons kode tersebut.

Baca Juga: Cara Merapikan File Bookmark di Google Chrome

Jadi secara teori, seorang pekerja kantoran yang nakal dapat menggunakan speaker piezsoelektrik ke bagian bawah meja konferensi selama meeting atau rapat penting, kemudian mengirimkan perintah secara diam-diam dari laptop miliknya ke smartphone rekan kerjanya selama berada di meja.

Serangan SurfingAttack ini berhasil pada 15 dari 17 smartphone yang diuji, temrasuk 4 iPhone (5, 5s, 6, dan X), 3 Google Pixels pertama, 3 Xiaomi (Mi 5, Mi 8, dan Mi 8 Lite), Samsung Galaxy S7 dan S9, serta Huawei Honor View 8.

Anehnya, aksi ini gagal pada model Samsung Galaxy Note 10 Plus dan Huawei Mate 9 yang memiliki bentuk sedikit melengkung. Jadi, jika kalian memiliki ponsel yang tidak melengkung, maka tempatkanlah smartphone kalian di atas kain tenun yang lembut atau menggunakan kotak telepon yang tebal dan terbuat dari bahan yang tidak umum seperti kayu. Alternatif lainnya, kalian bisa menonaktifkan akses asisten suara saat smartphone kalian sedang dikunci.

Baca Juga: Cara Melihat WhatsApp Orang Lain tanpa Berteman

 

Berdasarkan penjelasan kami diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih menjaga keamanan smartphone kalian dari peretas yang menggunakan voice assistant. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.