MASALAH dan SOLUSI Mengatasi Bootlop di Smartphone Android

0

Gaes, bGootlop adalah mimpi buruk semua pengguna smartphone Android. Saat terjadi bootlop, perangkat kalian akan terus berputar-putar di boot screen dan tidak akan bisa masuk ke sistem. Setelahnya, kalian dipastikan tidak akan bisa menggunakan perangkat smartphone kalian lagi.

Ada banyak cara untuk mengatasi bootlop pada smartphone Android. Akan tetapi, beberapa di antara cukup rumit karena setiap perangkat pasti berbeda caranya.

Selain itu, bootlop biasanya berakhir dengan hilangnya data yang ada di perangkat smartphone Android kalian.

Beberapa langkah berikut adalah masalah dan cara mengatasi bootlop pada smartphone Android dengan cara yang sederhana.

Masalah Terjadinya Bootlop

Bootlop memang tidak akan terjadi secara tiba-tiba, pasti ada suatu sebab yang membuat ia muncul. Salah satu contohnya adalah kalian melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan sistem Android.

  1. Flashing Custom ROM

Masalah biasanya muncul dan terjadi bootlop saat kita melakukan flashing custom ROM baru. Ini disebabkan karena ada dalvik-chache atau data lama yang belum dihapus, sehingga malah dipakai untuk sistem yang baru. Yang terjadi kemudian, paket custom ROM pun jadi rusak.

         2.Instal Mod

Bootlop terjadi umumnya setelah kalian menginstal mod untuk sistem Android. Ini terjadi karena mod yang kalian instal tidak kompatibel dengan ROM yang digunakan. 

Selain hal tersebut, mod yang tidak disusun dengan baik akan mengakibatkan bootlop juga.

         3. Salah Mengatur Permission

Ketika kalian salah mengatur permission, bisa berujung pada terjadinya bootlop. Karena itu, telitilah kalian sebelum memberikan permission pada satu file yang masuk.

          4. Restore System Backup

Melakukan restore file yang berhubungan dengan sistem juga bisa mengakibatkan timbulnya bootlop. Masalah ini ditsebabkan oleh dalvik-cache lama yang belum terhapus secara sempurna dan benar.

Cara Mengatasi Bootlop

Setelah kalian mengetahui penyebab terjdainya bootlop, berikut adalah cara mengatasi bootlop pada smartphone Android. Pastikan juga kalian mengatasi bootlop dengan metode yang aman dan tepat.

  1. Bersihkan Dalvik-Chache

Bootlop terjadi saat kalian melakukan Flashing Custom ROM baru atau melakukan restore back up, maka cara ini bisa kalian coba dengan membersihkan dalvik-chache yang lama. Dengan demikian sistem akan mengganti dengan yang baru.

Awalnya, matikan smartphone secara total dan lepaskan baterai. Diamkan selama 2 sampai 3 menit. Hellow, baterai smartphone sekarang tertanam kali?! Oke, kalian bisa menekan tombol power beberapa menit sampai perangkat mati total.

Kemudian nyalakan lagi smartphone dan masuk ke recovery (CWM, TWRP, adn lainnya). 

Cara masuknya pasti berbeda tiap perangkat, ada yang menekan tombol volume down, ada yang menekan tombol home, dan lain-lainnya. Kalian sesuaikan saja dengan smartphone yang kalian punya.

Di recovery tersebut kalian bisa menggunakan tombol volume, tombol home, dan tombol power untuk melakukan navigasi. Akan tetapi memang fungsinya jadi berbeda di setiap perangkat.

Setelah masuk recovery, pilih menu Advanced. Ketuk pilihan ‘Wipe dalvik-chache’, ketik ok. 

Selanjutnya kalian buka menu ‘Mounts & Storages’ pilihalah ‘Wipe/ Chache’ lalu reboot smartphone kalian.

         2. Hapus Dataperangkat android k

Ini dilakukan jika proses di atas belum membuat samrtphone kembali baikan, atau masih bootlop. Cobalah hapus datanya. Lakukan back up lebih dulu dengan cara berikut.

Masuk menu recovery, ketuk piihan ‘Backup & Restore’, pilihlah ‘back up’. Kemudian buka menu ‘Mounts&Storage’. Selanjutnya ketuk ‘Wipe/data’ dan tekan lagi pilihan ‘Wipe&chache’. Terakhir, klik reboot.

          3. Flash Rom baru

Saat kalian sudah mencoba dua cara di atas tapi smartphone masih bootlop, kemungkinan besar custom ROM yang instal sudah rusak atau tidak kompatibel dengan perangkan smatrphone Android kalian. Cara mengatasinya adalah mengunduh dan instal custom ROM yng baru.

Pertama-tama masuklah ke recovery. Klik Instal zip. Cari custom ROM yang baru kalian download lalu instal. Klik reboot.

Kalau kalian tidak mau instal sutom ROM baru, kalian juga bisa instal stock ROM bawaan perangkat kalian. Cara ini memang berbeda-beda tergantung perangkat kalian. Contohnya, perangkat Sony bisa menggunakan aplikasi PC Companion, Samsung dengan KIES, dan lain-lain.

           4.  Koreksi Permission

Ketika bootlop karena salah memberi permission, cara memperbaikinya cukup mudah, Gaes. 

Masuk ke menu recovery. Kemudian buka menu advanced, tekan tombol pilihan ‘Fix Permission’, kemudian reboot.

Setiap perngakat smartphone berbeda cara mengatasi masalah bootlop. Ini hanya tips secara umum saja. Semoga bermanfaat ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.