Masih Bingung Membedakan Laptop dan Notebook? Simak Perbedaannya!

0

Laptop dan Notebook, apakah kalian sudah bisa membayangkan perbedaannya? Bukan hanya penyebutan namanya yang berbeda, tapi ternyata keduanya juga memiliki perbedaan yang signifikan, lho! Seringkali orang keliru untuk menyebut gadget ketik miliknya tersebut berjenis laptop atau notebook, kenapa sering keliru? Karena keduanya memiliki fungsi yang sama. Jika fungsinya sama, lalu apa yang membedakannya? Tidak perlu merasa bingung lagi, karena kami akan menjelaskannya di bawah ini!

 

Masih Bingung Membedakan Latop dan Notebook? Simak Perbedaannya!

 

1. Ukuran Layar

Perbedaan yang paling mudah terlihat adalah dari ukuran body atau layarnya. Laptop memiliki ukuran layar yang biasanya berada diatas 18 inci, sedangkan untuk notebook memiliki ukurang yang jauh lebih kecil yaitu sekitar 11-18 inci. Jarang ditemukan notebook dengan ukuran 11 inci, salah satu contoh notebook yang memiliki ukuran 11 inci adalah MacBook Air 11 inci.

Baca Juga: Smartphone Vivo V19 Meluncur Di Indonesia Dengan Kamera Ciamik

2. Bobot yang Berbeda

Ukuran yang berbeda terkadang membuat perbedaan terhadap bobot masing-masingnya. Laptop memiliki berat yang lebih besar. Laptop biasanya memiliki berat diatas 2 atau 3kg, sedangkan untuk netbook hanya sekitar 1-2 kg saja. Bahkan ada lho laptop dengan berat yang mencapai 5kg. Tetapi, dengan perkembangan teknologi yang pesat ini, tidak menutup kemungkinan jika kalian menemukan laptop dengan berat di bawah 3kg.

Baca Juga: Review Smartphone Redmi Terbaik Dari Xiaomi 2020

3. RAM yang Berbeda

Notebook biasanya diciptakan untuk mengerjakan sesuatu yang lebih ringan atau berfungsi sebagai ‘laptop’ pada umumnya saja yang digunakan untuk berselancar di internet, atau mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau perkantoran. Oleh karena itu, biasanya RAM yang dimiliki notebook lebih kecil dari laptop. Namun, pada zaman yang modern ini, seringkali ditemukan notebook dengan ukuran ram yang besar. Laptop memiliki ukuran RAM yang lebih besar karena biasanya seseorang yang membeli laptop pasti akan menggunakannya untuk hal-hal yang berat seperti mengedit video, desain grafis, atau bahkan gaming yang memerlukan laptop dengan spesifikasi yang tinggi untuk menampung kebutuhan bagi penggunanya.

Baca Juga: SMARTPHONE SNAPDRAGON 1 Jutaan Bulan Maret 2020

4. Baterai

Baterai pada notebook biasanya berukuran lebih kecil, menyebabkan baterai notebook biasanya tidak akan bertahan lebih lama dari baterai laptop. Lagi-lagi karena berdasarkan kebutuhan dan spesifikasi notebook yang tidak terlalu ‘gahar’ maka penggunaan baterai yang cukup sudah dapat memenuhi kebutuhan pemiliknya. Sedangkan untuk laptop, baterai yang digunakan lebih banyak diikuti dengan spesifikasinya yang lebih tinggi dari notebook.

Baca Juga: Xiaomi Akan Fokus Jadi Perusahan Gaya Hidup 2020 Ini!

 

Berdasarkan penjelasan kami diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk tidak lagi kebingungan saat membedakan mana laptop dan mana notebook. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.