Mau Membeli Macbook Bekas? Cek Dulu Baterainya!

0

Macbook adalah laptop keluaran Apple yang kini menjadi laptop yang paling “bergengsi” bagi masyarakat, walaupun harga Macbook ada yang hadir dengan harga “murah” atau sekitar 13 jutaan, namun harga murah yang disebut Apple bukanlah harga yang benar-benar murah. Bukan hanya harganya yang mahal, perawatannya pun juga mahal. Contohnya seperti mengganti layar Macbook Air saja bisa dipasang dengan harga sekitar 6-7 juta rupiah. Sedangkan untuk baterainya sendiri bisa dengan harga sekitar 1,5-2 juta rupiah. Nah, bagi kalian para pengguna Macbook apakah kalian sudah memahami tanda-tanda penurunan performa baterai Macbook? Setiap baterai memiliki umur kimianya tersendiri, sehingga penurunan performa baterai pada Macbook yang sudah tua adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana kah cara mengetahui umur baterai Macbook kalian? Yuk disimak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Ukur Kadar Oksigen dalam Darah dengan Apple Watch

 

Mau Membeli Macbook Bekas? Cek Dulu Baterainya!

 

Apakah kalian mengetahui istilah cycle count pada baterai? Cycle count adalah perhitungan baterai hingga berjumlah 100% dalam pengisian baterai. Misalnya kalian menggunakan baterai dari 100% hingga 25%, maka kalian terhitung baru menggunakan 75% saja, lalu kalian isi lagi sampai 100% dan digunakan kembali hingga 75%, maka total penggunaan baterai kalian adalah 75% + 25% = 100% atau 1 cycle.

Baca Juga: Saat Kata Sandi Dicuri, Chrome Mengantisipasi

Apple biasanya memberikan batas maksimal performa terbaik laptopnya sekitar 300-500 cycle, apakah laptop yang kalian beli sudah mencapai angka 300 kali cycle? Beberapa Macbook user memberikan pengalaman bahwa Macbook yang dimilikinya sudah memiliki jumlah cycle count hampir mencapai angka 1000 dan masih dapat digunakan dengan baik.

Sebenarnya sering mengisi baterai Macbook bukanlah suatu masalah, namun tergantung bagaimana kalian menggunakannya. Nah, untuk para calon pembeli Macbook bekas jangan sampai kalian tertipu oleh penjual yang memalsukan jumlah cycle count pada laptop yang mereka jual. Sebelum kalian membeli laptop Macbook, tanyakanlah kepada penjualnya berapa cycle count dari Macbook tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Secara Online

Untuk melakukan pengecekan cycle count pada baterai Macbook dapat kalian lakukan sendiri dengan mudah, caranya adalah:

klik logo  pada bagian kiri atas bar, lalu klik about this mac

setelah itu akan muncul tulisan system report, klik pilihan tersebut

jika sudah, pada pilihan-pilihan opsi di bagian kiri, klik power

Lalu bacalah keterangan di dalam box tersebut, disitu kalian akan melihat tulisan cycle count dan angka yang berada di sebelahnya. Contoh, jika cycle count kalian bertuliskan “cycle count: 3″ tandanya Macbook tersebut baru melakukan cycle count sebanyak tiga kali yang berarti Macbook tersebut masih sangat baru. Semakin tinggi jumlah cycle count yang ditunjukkan, semakin besar kemungkinannya bahwa laptop tersebut sudah memiliki umur yang cukup lama atau pemakaian yang sangat sering.

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Badan Usaha

Kami menyarankan untuk membeli laptop Macbook bekas yang memiliki cycle count dibawah 300 kali, walaupun banyak yang mengatakan bahwa diatas 500 kali masih terbilang aman, namun tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga agar kalian tidak perlu cepat mengganti baterai saat memiliki Macbook bekas.

 

Dari penjelasan diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian memberikan informasi baru seputar teknologi. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.