Mau Membeli Mobil Listrik? Pahami Dulu Tipsnya!

0

Hari demi hari, tahun demi tahun zaman terus berkembang. Sebagai umat manusia yang tinggal di dunia, perkembangan zaman bukanlah hal yang asing. Perkembangan zaman meliputi berbagai aspek, mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, fashion, hingga yang paling terlihat adalah perkembangan teknologi. Dunia sudah krisis udara sehat, semakin hari kadar kesehatan udara contohnya di Jakarta mulai menurun karena banyaknya polusi yang merusak lingkungan udara. Mobil listrik hadir untuk membantu mengatasi masalah polusi, setidaknya mobil listrik ini hadir untuk mengurangi penggunaan bbm yang merusak lingkungan. Mobil listrik adalah hal yang baru di dunia teknologi khususnya di Indonesia, sebelum kalian berbondong-bondong untuk membelinya, pahami dulu hal-hal penting tentang mobil listrik. Yuk, disimak!

 

Mau Membeli Mobil Listrik? Pahami Dulu Tipsnya!

 

 

1. Jarak yang Ditempuh

Tidak seperti mobil yang berbahan bakar bensin, mobil listrik memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bensin. Memang pada konsepnya, mobil listrik diciptakan hanya untuk pemakaian di dalam kota bukan untuk perjalanan antarkota. Bagi kalian yang ingin membeli mobil listrik, perlu diingat bahwa di Indonesia memiliki charging station yang tidak terlalu banyak dan pemerintah hanya akan memfokuskannya untuk kota-kota besar terlebih dahulu. Jadi apakah mobil ini cocok untuk pergi mudik seperti dari Jakarta ke Sumatera? Jawabannya adalah tidak.

Baca Juga: Tips Memotret dengan Kamera iPhone, Mirip DSLR!

2. Tagihan Listrik dan Biaya Lain Melonjak

Jika tagihan listrik bukanlah hal yang tidak menjadi pertimbangan bagi kalian, maka mobil listrik ini cocok kalian beli. Namun, perlu diingatkan kembali bahwa listrik yang digunakan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik bukanlah hal yang sedikit, apalagi jika kalian memakainya secara rutin atau setiap hari. Biaya lain yang dikeluarkan juga akan pertambah, misalnya biaya untuk membayar angkutan umum jika mobil listrik sedang tidak dapat digunakan, atau mengisi bensin kendaraan kalian yang lain saat mobil listrik sedang di istirahatkan di rumah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telkomsel Tidak Terhubung Internet

3. Tidak Semudah Mengisi Bensin

Untuk mengisi ulang baterai mobil listrik bukanlah hal yang mudah, karena di Indonesia sendiri mobil listrik adalah kendaraan yang baru-baru ini dikenalkan dan masih sangat sedikit tempat pengisian baterai untuk mobil listrik di lingkungan umum. Seperti hingga pada hari ini, kota yang memiliki banyak tempat untuk pengisian baterai mobil listrik baru ada di Jakarta. Di Jakarta sendiri pun tempat pengisian baterai mobil listrik tidak semudah dan sebanyak tempat pengisian bbm. Mengisi baterai mobil listrik juga membutuhkan waktu yang cukup lama sampai terisi penuh, contoh seperti Tesla Model S yang membutuhkan waktu 3 jam untuk mengisi baterainya hingga penuh.

Baca Juga: Redmi Rilis Fingerprint di Layar LCD

4. Mobil Hybrid Sebagai Alternatif

Jika kalian merasabelum siap untuk menanggung semua konsekuensi saat memakai mobil listrik tetapi tetap ingin menghemat bahan bakar dan membantu mengurangi polusi, mobil dengan teknologi Hybrid adalah jawabannya. Mobil Hybrid memiliki teknologi yang menggunakan listrik dan bbm sebagai sumber energinya, jadi kalian akan lebih menghemat bensin jika mesin sedang berjalan menggunakan listrik. Mobil Hybrid yang dapat dijadikan contoh adalah Toyota Camry yang dapat berjalan hampir 950km dengan sekali pengisian bahan bakar dan menggunakan teknologi hybrid.

Baca Juga: Waspada Kelainan Fisik saat Berlebihan Main Smartphone

 

Berdasarkan penjelasan diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian menambah informasi mengenai resiko-resiko yang harus dihadapi saat memiliki mobil listrik. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.