Mau Punya Printer yang Awet? Ikuti Tips-Tipsnya!

0

Tidak perlu lagi menulis menggunakan pena berkali-kali atau pergi ke tempat fotocopy terdekat untuk mencetak tulisan kalian, karena perkembangan teknologi tentu selalu saja memberi kemudahan. Printer yang dikenal sebagai alat besar untuk mencetak tulisan, kini setiap orang sudah memilikinya dengan bentuk yang lebih kecil, lebih praktis atau portable. Tidak perlu lagi keluar rumah, kalian sudah bisa menyambungkan perangkat komputer atau laptop kalian pada mesin printer, bahkan kini smartphone dengan bluetoothnya dapat terhubung dengan printer, canggih sekali!

Setiap barang elektronik, pasti memiliki langkah-langkah perawatannya sendiri. Bagaimana dengan printer? Bagaimana cara merawat printer agar tetap bekerja secara optimal? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Mau Punya Printer yang Awet? Ikuti Tips-Tipsnya!

 

1. Jaga Kebersihan Printer

Lakukanlah pembersihan printer secara rutin. Printer yang bersih dan terhindar dari debu akan membuat proses printing lebih optimal, sebab jika ada debu atau kotoran yang masuk ke dalam printer akan menghambat proses kerja printer tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Pola Atau Password Di Android Dengan TWRP Recovery Tanpa Kehilangan Data

2. Pilih Kertas yang Tepat

Gunakanlah kertas dengan ukuran yang tepat, kertas yang terlalu besar, terlalu kecil, terlalu besar, terlalu tipis, dan mudah kusut akan mempercepat kerusakan pada printer. Gunakanlah kertas yang sesuai dengan spesifikasi printer yang kalian gunakan. Jangan memaksakan menggunakan kertas yang tidak sesuai dengan printer kalian.

Baca Juga: Cara Backup Data Android Dengan Aplikasi Helium Tanpa ROOT

3. Hindari Tinta Habis Total

Segeralah isi ulang tinta ketika sudah hampir habis, jangan menunggu sampai kosong. Tinta yang kosong dapat menyembabkan penyumbatan terhadap head catridge pada printer kalian. Jangan lupa untuk menggunakan tinta yang sesuai dari spesifikasi printer tersebut. Untuk mejaga nozzle tetap basah atau tinta tidak cepat kering dan merusak printer, gunakanlah printer secara rutin atau berkala. Tidak menggunakan printer dalam waktu yang lama justru akan merusak printer atau menghambat proses printing.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Yang Hilang

4. Jangan Menyentuh Catridge dengan Tangan

Perlu diingat bahwa menyentuh chip catridge menggunakan tangan akan sangat membahayakan bagi printer tersebut. Jangan menggunakan tangan saat menyentuh chip catridge karena akan menganggu aliran listrik pada printer serta menganggu komponen-komponen yang sedang bekerja pada printer yang kalian gunakan.

5. Matikan Printer dengan Benar

Matikanlah printer dengan baik dan benar atau sesuai dengan prosedurnya. Matikan printer dengan menekan tombol power pada printer, tunggu printer sampai benar-benar mati dan catridge kembali ke tempatnya baru setelah itu kalian boleh mencabut stop kontak yang menghubungkan printer terhadap listrik. Hindari cara mematikan printer dengan cara langsung mencabut stop kontaknya, karena akan berakibat fatal terhadap sistem printer jika dilakukan secara terus menerus dan berakibat printer menjadi rusak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Error Di Smartphone Android

 

Berdasarkan penjelasan kami di atas, semoga dapat membantu kalian tentang cara merawat printer yang baik dan benar. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.