Mediatek vs Snapdragon, Pilih Mana?

0

Smartphone dari masa ke masa mengalami peningkatan pesat baik dari segi desain, kamere, sampai fitur layanan bawaan yang menyertainya. Bagian dapur pacu, sampai memori dan processor pun menjadi salah satu pertimbangan saat kalian memutuskan ingin mengganti smartphone lama dengan yang baru.

Adanya processor yang bagus tentu bisa membuat performa smarphone jadi bagus dan meyakinkan. Dan biasanya, semakin bagus processornya maka semakin mahal harga smartphone yang akan kalian beli.

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu ada 5 merk processor yang khusus disematkan di smartphone kalian. Di antaranya Qualcomm Snapdargaon, Media Tek, Exynos, Intel Atom dan Apple A series.

Kelima jenis processor ini hanya dua yang paling sering kita temui, yaitu Qualcomm Snapdragon dan Media Tek. 

Untuk kali ini saya akan bahas bareng kalian tentang processor Mediatek dan Snapdragon. Apa saja kelebihannya, kekurangannya, dan perbedaan keduanya.

Mediatek 

Gaes, mediatek adalah merek processor asal Taiwan yang berdiri tahun 1997. Mediatek sendiri tergolong processor baru. Tetapi jangan salah, perkembangan processor Mediatek ini secara global bisa dibilang pesat.

Harga procesor ini sendiri lebih murah daripada Snapdrgaon. Karena itu kebanyakan smartphone dengan processor Mediatek dijual dengan harga lebih murah.

Kelebihan Mediatek

Untuk processor Mediatek, ia termasuk chipset yang inovatif. Mediatek pernah meluncurkan processor MT6592 sebagai processor True Octa Core pertama di dunia. 

Sangat berbeda dengan processor octa core lainnya yang terdiri dari 2 buah processor quad core. Processor ini mempunyai 8 core ARM Corte A7 dengan kecepatan mencapai 2.o GHz.

Di samping itu, Mediatek juga menjadi produsen processor deca core pertama di dunia. Pada saat kebanyakan processor mempunyai 8 core, Mediatek berusaha melakukan inovasi dengan menciptakan processor dengan 10 core.

Processor Mediatek deca core pertama di dunia adalah Mediatek Helio X20, Helio X23, Helio X25, Helio X27, dan Helio X30.

Salah satu smartphone yang memakai processor 10 core ini adalah Redmi Note 4 yang menggunakan Helio X20.

Snapdragon

Snapdragon merupakan merk processor dari San Diego, Amerika Serikat. Processor Snapdargon ini adalah salah satu produk unggulan Qualcomm yang bediri tahun 1985. Snapdragon lebih banyak dimanfaatkan di dunia dibanding Mediatek. 

Hal ini disebabkan karena Snapdragon teknologinya lebih kekinian. Performa Snapdragon juga rata-rata lebih cepat dan dayanya lebih efisien sehingga membuatnya menjasi processor canggih di jamannya.

Perbedaan yang paling terlihat antara Snapdragon dan Mediatek adalah dari segi harga.

Harga processor Snapdragon lebih mahal daripada Mediatek. Meski dengan spesifikasi yang sama, harga Snapdragon bisa 2 kali lebih mahal daripada Mediatek.

Kelebihan Snapdragon

Performa Snapdragon adalah kelebihan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Snapdragon ridak hanya berpusat untuk membuat processor dengan core CPU yang banyak dan cepat, tetapi juga komponen pendukung seperti GPU dan ISP atau Image Signal Processor.

Dari segi kualitas grafis, Snapdragon terlihat lebih baik karena didukung GPU atau Graphics Processing Unit yang pastinya lebih canggih.

Di samping itu, hasil foto smartphone dengan processor Snapdragon sering lebih bagus karena teknologi ISP processor Snapdragon selalu ditingkatkan.

Beberapa hal di atas membuat Snapdragon lebih mahal daripada Mediatek. Dan umumnya, kebanyakan smartphone kelas flaghsip juga lebih banyak yang memilih processor Snapdragon daripada Mediatek.

Perbedaan Mediatek vs Snapdragon 

Pilih mana, Snapdragon atau Mediatek?

Dari segi harga processor Mediatek lebih murah daripada Snapdragon. Kalau kalian mencari smartphone murah dan cepat, kalian bisa mencari smartphone yang memakai processor Mediatek.

Gaes, ada chip dalam processor. Dua chip penting itu yaitu CPU dan GPU. CPU terdiri dari beberapa core yang memiliki kecepatan berbeda dan fungsinya mengatur semua komponen dalam processor. GPU sendiri berfungsi mengolah grafis. GPU bekerja seperti VGA pada PC desktop atau laptop.

Dari segi performa, GPU Mediatek lebih rendah daripada Snapdragon, sehingga memakan RAM lebih deikit. Sedangkan processor Snapdragon bisa merender grafis lebih baik dan memberi efek visual lebih mulus, sayangnya processor Snapdragon memakan lebih banyak RAM.

Kenapa lebih boros RAM untuk Snapdragon? Karena GPU-nya tidak dibekali dedicated VRAM. Ketika bertugas, GPU Adreno yang dipakai Snapdragon akan memakan RAM inti milik smartphone tersebut. Sebab itulah, agar grafis Snapdragon lebih maksimal harus disandingkan dengan kapasitas RAM yang besar. Dengan kata lain, processor Mediatek lebih hemat RAM tapi kualitas grafisnya tidak sebaik processor Snapdragon.

Dari segi variasi produk, Snapdragon mempunyai banyak variasi daripada Mediatek. Tahun 2017 Mediatek sengaja mengurangi produksi processor kelas atas, dan fokus membuat processor kelas menengah. Seperti tahun 2018, Mediatek fokus pada satu seri processor, yaitu Helio P. Sebaliknya, processor Snapdragon lebih banyak mengeluarkan varian processor baru.

Variasi produk baru Snapdragon mulai dari seri 400 untuk pemula, seri 600 untuk menengah, seri 700 untuk versi terbaru kalangan menengah ke atas, dan seri 800 untuk kelas menengah atas dan premium.

Bahkan akhir 2018 Snapdragon memperbarui produknya dengan mengeluarkan Snapdragon 855. Processor ini super kencang dan diklaim bisa menandingi processor A12 Bionic milik Apple iPhone Xs.

Kesimpulannya, Gaes. Processor Snapdrgaon lebih bervariatif daripada Mediatek. Snapdargon juga menyasar banyak segmen, tak seperti Mediatek yang hanya menyasar kelas menengah saja.

Pilih Mana?

Jadi kalian pilih yang mana? Dari rangkuman di atas sih Snapdragon memang lebih baik dari Mediatek. Banyak varian produk dan performanya lebih kencang. Apalagi kalau kalian ingin membeli smartphone kelas flaghsip, pilihan processor ini adalah yang paling bagus.

Sedangkan untuk kelas menengah, dua-duanya sama-sama bagus. Karena Mediatek memang fokus di kelas ini, dan performanya hampir sama dengan Snapdragon.

Demikianlah ulasan tentang processor Mediatek dan Snapdragon. Kalian mau pilih yang mana, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget ya.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.