Memilih Kamera Thermal untuk Deteksi Dini Covid-19

0

Apa kalian juga merasakan kepanikan karena gejala Covid-19 tak kasat mata? Bahkan ada beberapa kasus pasien positif sejak dirawat dan pulang karena dinyatakan sembuh tidak menunjukkan gejala berarti, hanya merasa selalu haus saja setelah menjaga suaminya yang positif Covid-19? Tapi, si istri tak tahu si suami positif Covid-19, tahunya setelah pindah ke ICU, bahkan saat pemakaman mereka tak boleh hadir. Ya, siapapun bisa terpapar, termasuk mereka yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. Akan tetapi, di sini saya akan mengajak kalian untuk lebih dalam mengenali gejala Covid-19. Kalian siap?

Gaes, sampai saat ini pemerintah pusat masih saja terus mengupayakan usaha menekan angka penyebaran corona virus atau yang sering kita sebut Covid-19. Salah satu upayanya dengan terus meggungkan program Social Distancing. Dimana masayakarat diminta untuk melakukan segala aktivitas di rumah. Setidaknya, tidak keluar rumah jika memang tidak ada kepentingan yang sangat urgent.

Dr Sanny Suharli selaku Ketua Umum Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) menyatakan bahwa ada satu hal yang juga penting untuk mendeteksi dini gejala Covid-19. yaitu dengan memakai kamera thermal di ruang publik.

Adanya kamera thermal di ruang publik lebih diperlukan daripada termometer tembak. Sebab mempunyai kontak lebih sedikit, akurasinya lebih bagus dan sedikit sekali human errornya.

Betul, Gaes. salah satu cara deteksi dini Covid-19 adalah memakai kamera thermal. Lalu, bagaimana caranya  memilih Kamera Thermal untuk deteksi dini Covid-19? Langsung saja kita kupas bareng.

Cara Memilih Kamera Thermal untuk Deteksi Dini Covid-19

Kalian sudah tidak sabar ya? Bagaimana cara memilih kamera thermal yang baik untuk mendeteksi dini Covid-19. Di bawah ini ada beberapa tips dari Professtama, merupakan salah satu penyedia teknologi keamanan di Indonesia. 

Pilihlah Kamera Thermal di Tingkat Akurasi di Bawah 0,5°C

Saat ini memang sudah banyak beredar kamera thermal, akan tetapi ada baiknya kalian juga harus selektif mencari mana yang bagus. Pilihlah khusus untuk manusia, bukan untuk indsutri. Ini karena kamera thermal untuk manusia mempunyai suhu sebesar 0,5°C di antara rentang temperatur 20-50°C.

Sedangkan kamera thermal yang dipakai untuk industri, tingkat akurasi di 3°C, di rentang temperatur lebih dari 300°C. Pastinya bila kamera ini dipakai untuk manusia, maka pengukuran suhu 3°C dari 36,5C menjadi 39,5°C tentu jadi tidak valid.

Menempatkan Kamera Berjarak yang Efektif

READ  Cara Mudah dan Akurat Cek Paket JNE Sudah Sampai atau Belum

Dalam setiap kamera thermal ada sensor pengukur suhu. Karena itu, semakin besar sensor nantinya kamera thermal bisa mengukur suhu dari jarak yang semakin jauh.

Kalian harus pastikan juga jarak kamera dalam jarak efektif. Sekarang ini sudah ada kamera thermal yang bisa mendeteksi suhu secara akurat dalam jarak 1-2 meter persegi. Contohnya kamera tipe W95 produksi Jisung Protech.

Kalia kalian ingin lebih canggih lagi, ada kamera thremal Jisung Protech tipe D60 yang bisa mendeteksi dari jarak 3-10 meter persegi.

Memiliki Layanan Purna Jual serta Pelatihan Staf

Gaes, kalian juga bsia memilih kamera thermal dan distributor yang memberi layanan purna jual atau pelatihan staf. Sebabnya tentu karena menggunakan kamera thermal secara optimal sangat penting. Misalnya pemasangan dan pembatasan area yang tepat, juga pengaturan alarm penting diketahui oleh staf.

Kamera thermal contohnya lebih pas dipakai di ruangan . Kamera thermal ini sebaiknya telah terhubung dengan monitor atau CCTV. Dengan begitu, para petugas serta pengunjung bisa dengan mudah mengetahui proses pengukuran suhu. Tetapi alarm juga wajib didengar oleh petugas.

Kalian harus pastikan juga ketika ada pengunjung dengan suhu tubuh tinggi terlihat di kamera thermal, maka staf perlu melakukan pelaporan, pemeriksaan, larangan masuk dan isolasi sesuai SOP.

Demikian, Gaes. Beberapa tips memilih kamera thermal secara tepat untuk mendeteksi dini gejala Covid-19. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan di rumah ya. Berfikir positif dan banyak berdoa semoga wabah ini segera berakhir.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.