Mencari Sebab dan Solusi Kartu SIM Tidak Terinstall

0

Hai, Gaes. Kalian pernah tidak mengalami masalah kartu SIM yang tiba-tiba tidak ternstal atau tidak terdeteksi? Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Pada dasarnya dari awal banyak yang mengira masalah ini diakibatkan karena kartu SIM diblokir, sebab memang kalian pernah isi ulang pulsa waktu masa-masa tenggang (Hampir batas tanggal akhir) atau mungkin masalah gagal registrasi ulang. Tetapi, ternyata setelah browsing, masalahnya bukan itu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca atau Error .

Di bawah ini adalah penyebab kemungkinan dari kenapa kartu SIM di smartphone kalian bisa muncul error tidak terinstal seperti contoh gambar di atas tadi.

Penyebab Kartu SIM Tidak Terinstal

Dalam berbagai kesempatan setelah mencari tahu, ada beberapa sebab kartu sim tidak terinstal di smartphone.

Pertama, kartu SIM lepas dari slot kartu. Kemudian bisa juga, ketika kalian memasang kartu SIM dengan slot tidak pas.

Penyebab lain, bisa jadi ada kotoran pada bagian kuning kartu SIM, sehingga mengakibatkan kartu tidak terdeteksi di smartphone.

Yang lainnya, disebabkan karena terpotongnya bagian kuningan kartu sim sebab menyusaikan kartu dengan slot, dengan cara memotong sendiri memakai pisau atau gunting rambut.

Penyebab berikutnya, slot kartu SIM rusak. Dan mungkin juga bisa karena nomor kartu SIM kalian sudah diblokir.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terinstal

Agar bisa mengatasi kartu SIM tidak terinstall, kalian harus memerhatikan dengan teliti dan cek beberapa penyebab di atas tadi. Kalian bisa mengatasi kartu SIM tidak terinstal dengan beberapa cara di bawah ini.

Pertama, kalian bisa mematikan smartphona kalian dahulu. Apabila smartphone kalian memakai baterai tanam, tidak perlu mematikan samrtphone juga bisa.

Kalian juga bisa lihat dan cek di bagian kartu SIM, apakah terlepas dari slot kartu atau tidak. Apabila terlepas, silahkan langsung pasang kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Touchscreen Error di Smartpone Android .

Jika kalian sudah dilihat dan kartu SIM tidak terlepas dari slot, kalian bisa lepaskan kartu SIM yang tidak terinstal tersebut dahulu.

Kemduain lihatlah, pada bagian kuning sim card, apakah ada kotoran atau terpotong. Jika ada kotoran, solusinya adalah dengan menggosok bagian kuning kartu sim memakai karet penghapus yang bersih. Dan jika ada bagian kuning kartu sim yang terpotong, maka kartu sudah tidak bisa dipakai lagi. Solusinya, membeli kartu sim baru.

Selanjutnya, jika ada kemungkinan bagian slot kartu SIM-nya yang rusak, untuk mengeceknya kalian bisa mencoba dengan memakai kartu SIM berbeda-beda yang dipasang pada slot tersebut.

Baca Juga : Layar HP Kalian Error Begini Langkah-Langkah Awal Untuk Mengatasinya.

Jika semua kartu SIM berbeda tersebut sudah dicoba pasang pada slot, dan kartu SIM tetap error tidak terinstal, maka bisa jadi bagian slot kartu SIM yang rusak. Solusinya adalah diperbaiki kalau bisa, dan segera bawa ke tukang service smartphone kalau memang kalian tidak bisa membetulkannya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca Disebabkan oleh Slotnya

Dari pengalaman saya, hal ini kadang terjadi pada smartphone Asus Zenfone 5. Hasilnya setelah menerapkan cara ini, kartu SIM kembali terbaca di smartphone.

Cara yang saya lakukan seperti di bawah ini, tetapi kalian harus  melakukan dengan hati-hati kalau ingin menerapkannya. Sebab kalau sampai terjadi hal yang tidak diinginkan atau memperparah kerusakan, tidak akan ada yang bisa bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Mengatasi Whatsapp Error.

Kalau kalian ingin menerapkan cara yang sudah saya terapkan, di bagian gambar di atas yang sudah ditandai panah (seperti kawat tembaga/kuningan), silahkan sedikit dicongkel ke atas, atau kearah mendekatkan dengan kartu SIM. Kalian bisa memakai jarum atau lidi. Tapi sebelumnya copot dulu kartu SIM dari slot ya. Dan cara tersebut berhasil.

Baca Juga : Cara Reset Laptop Error Pada Windows 10 .

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak terinstal. Setelah melakukan berbagai percobaan dan mencari tahu, kebanyakan hal ini ternyata terjadi kepada pengguna smartphone Asus Zenfone dengan slot kartu SIM berukuran micro.

Semoga artikel ini bermanfaat dan usahakan kalian merawat smartphone dengan baik agar tidak mengalami berbagai kerusakan di smartphone kalian.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.