Mengaktifkan Dark Mode pada Chrome

0

Perkembangan teknologi membuat banyak orang mengikuti perkembangan jaman juga, termasuk menggunakan berbagai fitur layanan untuk perangkat Android, iOS, bahkan PC atau laptop.

Mereka tidak ketinggalan memutakhirkan perangkat mereka dengan update versi terbaru, termasuk layanan baru yang belakangan ini digandrungi perusahaan digital, yaitu dark mode atau mode gelap.

Selain menampilkan kesan elegan, dark mode memberi kesan tegas dan misterius bagi para penggunanya. Termasuk juga kesan maskulin, dan ketenangan dengan satu warna dasar yaitu hitam atau abu-abu.

Apakah kalian salah satu pengguna yang ikut mengupdate aplikasi kalian seperti WhatsApp dan Instagram dengan fitur layanan dark mode? Kemudian kalian membuka PC atau laptop, dan ingin membuat mode gelap juga di sana? Apakah bisa?

Tentu saja bisa, Gaes. Kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan sebentar lagi.

Langkah-langkah ini juga bisa kalian terapkan  di Chrome pada Windows, macOS, Android, dan iOS.

 

Mengaktifkan Dark Mode pada Chrome

Dark Mode atau mode gelap memang sedang tren. Selain WhatsApp yang belum lama meluncurkan fitur ini di aplikasinya, Chrome kini juga mempunyai mode gelap dengan nuansa warna hitam dan abu-abu. 

Buat kalian para pengguna Dark Mode ini mungkin punya beberapa alasan kenapa tertarik menggunakannya. Khusus Chrome perangkat seluler, mungkin faktor terbesar adalah karena baterainya. Di tahun 2018, Google sudah mengonfirmasi bahwa aplikasi dengan latar yang lebih gelap memakai daya yang lebih sedikit daripada latar yang cerah seperti putih.

 

Adanya Dark Mode atau mode gelap ini juga bisa membantu mata kita tidak cepat lelah. Untuk kapasitas blue light yang menjadi faktor utama mata cepat lelah begitu rendah pada mode ini, sehingga kita nyaman saat berselancar di Chrome.

Nah, kalau mungkin hal di atas adalah alasan kalian, maka di bawah ini saya akan beberkan satu-persatu cara mengaplikasikan mode gelap Chrome di Windows, macOS, Android, dan iOS yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Mari kita cekidot, Gaes.

Windows 10

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka menu pengaturan, kemudian klik tombol ‘Personalization’

Setelahnya tekan tombol pilihan  ‘Colors’ dan scroll down sampai kalian melihat pilihan ‘Choose your default app mode’

Ganti menjadi ‘Dark’ dan semua aplikasi termasuk Chrome, akan otomatis berubah warna.

Menariknya, kita tidak perlu melakukan restart untuk mengaktifkan mode gelap ini, Gaes.

MacOS

Pertamanya, kalian buka ‘Sistem Preferences’, lalu pilih ‘General’. Jika sudah diklik ok, lihat tulisan menu ‘Appearance’, kemudian pilih tulisan ‘Dark’. Klik Ok.

Sebagaimana Windows, semua aplikasi di macOS akan berubah secara otomatis tanpa perlu melakukan restart.

Android

Para pengguna Android harap maklum jika nanti menemukan desain yang mungkin sedikit aneh nanti hasilnya, karena Dark Mode di Chrome pada Android masih dalam tahap pengujian.

Cara mengaktifkannya, dengan kalian masuk chrome://flags di bar alamat browser.

Setelahnya masukkan kata ‘Dark’ di kolom ‘Search flags’ dan nanti akan tampil dua pilihan ‘Android web contents dark mode’ dan ‘Android Chrome UI dark mode’. 

Ketika kalian membuat pilihan pertama, Chrome akan mendeteksi situs yang menjadikan versi gelap dan memilihnya secara otomatis. 

Kalau ternyata tidak ada versi gelap yang ada, maka browser akan membalikkan warna situs tersebut. Di lain sisi, jika kalian membuat pilihan kedua, itu berarti latar situs tersebut akan berubah gelap.

Klik menu yang ada di bawah masing-masing pilihan dan ganti pengaturannya menjadi ‘Activated’ lalu restart Chrome.

Segera buka menu pengaturan, klik ‘Themes’ dan selanjutnya ‘Dark’. Lihat dulu, kalau belum ada pilihan ‘Themes’, restart Chrome lagi dan seharusnya pilihan tersebut sudah ada, tinggal klik ok. Selesai.

iPad atau iPhone

Pada Chrome di iOS, mode gelap atau Dark Mode masih dalam proses dan mungkin akan tersedia pada update Chrome selanjutnya. Untuk sekarang ini, kalian bisa menjalankan fitur ini untuk menghasilkan efek yang sama

Pertama kali, klik ‘Settings’ dan klik ‘General’. Pilih Accessibility, lalu klik Display.

Jika sudah, pindah ke ‘Classic Invert’ untuk membalikkan warna apa saja yang ada di layar smartphone kalian.

Selamat mencoba. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.