Mengaktifkan IDM Chrome

0

IDM adalah alat pihak ketiga yang membantu mengolah unduhan. Saat tahap instalasi IDM dilakukan, IDM akan memberikan sebuah ekstensi tambahan sehingga IDM bisa terhubung ke browser google chrome secara otomatis.

Karena itulah pemberitahuan IDM selalu keluar otomatis saat kalian akan melakukan download file ataupun memutar sebuah video dari youtube dan media sosial lainnya.

Di samping itu, IDM juga dikenal software yang punya kecepatan download yang lebih tinggi. IDM bisa dibilang menjadi aplikasi wajib bagi anda yang hobi download file dengan ukuran yang besar. Sayangnya, sebagian orang kesulitan karena IDM sering tidak muncul di chrome saat dibutuhkan. Tenang, saya akan bagikan cara mengaktifkan IDM di google chrome yang tidak muncul.

Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome

Dalam beberapa kasus, IDM memang sering tidak mau keluar di browser google chrome. Saya akan bagikan cara mengatasi masalah tersebut. Mari cekidot.

IDM Integration Module

IDM Integration Module adalah ekstensi google chrome yang berguna untuk menghubungkan IDM dengan chrome. Ketika kalian menambahkan ekstensi ini, IDM akan aktif di browser google chrome.

Perama-tama, jalankan dulu browser google chrome, lalu kunjungi halaman IDM Integration Module. Kemudian pilih opsi Tambahkan ke Chrome.

 

Setelah itu kalian tunggu sampai proses penambahan ekstensi selesai. Selanjutnya, tutup chrome lalu buka kembali untuk digunakan.

Kalau ekstensi IDM Integration Module sudah terpasang di chrome, bisa dipastikan IDM telah aktif di google chrome. Untuk memastikannya lagi, kalian dapat mengunjungi halaman ekstensi atau di chrome://extensions/

Update IDM

Biasanya IDM yang sudah usang tidak bisa terhubung dengan browser google chrome. Karena itu, cara keduanya dengan melakukan update IDM ke versi terbarunya.

Langkah awal, buka IDM di komputer atau laptop kalian, lalu tap menu Help, dan klik Check for updates. Dan tunggu beberapa saat.

Nantinya akan tampak jendela pemberitahuan versi IDM terbaru. Langsung klik tombol Update now. Terakhir, tunggu proses update hingga selesai.

Saat IDM berhasil diperbarui, maka IDM otomatis sudah aktif di browser google chrome.

Instal Ulang

IDM bisa terhubung ke google chrome karena penambahan ekstensi di tahap instalasi. Karena itu dengan menjalankan instal ulang, IDM akan memberikan ekstensi ke chrome dan dapat terhubung kembali.

Langkah pertama, pastikan kalian sudah memiliki file installer IDM. Kemudian klik dua kali file tersebut.

Parda tahap pertama yaitu Installation Wizard, tap opsi Next. Kemudian di License Agreement, centang kotak di bawah lalu tekan Next.

Selanjutnya tentukan folder instalasi IDM, penambahan shortcut, klik Next. Silakan tunggu proses instalasi IDM sampai selesai. Pilih opso Next dan langkah terakhir tekan tombol Finish.

Kalian juga ahrus memastikan IDM sudah aktif dan tampil ikon IDM di bagian system tray windows. Kalau ikon IDM tidak ada, cukup operasikan IDM yang sudah kalian instal untuk mengaktifkannya.

Itulah tadi beberapa cara mengaktifkan IDM di google chrome yang sering kali tidak muncul. Cara-cara yang saya jelaskan di atas sejatinya terbilang sangat mudah dilakukan. Sekarang klaian tinggal menentukan cara mana yang cocok untuk komputer atau laptop kalian.

Semoga artikel ini bisa memberikan kalian manfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa untuk terus update info dan berita terbaru di website techjak.com ini setiap harinya. Hadir pula tips-tips keren hanya untuk kalian.

sampai bertemu lagi. Dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.