Mengatasi kontak SIM Smartphone Tidak Terbaca

0

Mengatasi kontak SIM Smartphone Tidak Terbaca- SmartPhone terkadang muncul masalah dimana kontak SIM tidak terbaca atau tidak muncul pada Smartphone kita.

Mengatasi kontak SIM Smartphone Tidak Terbaca- SmartPhone terkadang muncul masalah dimana kontak SIM tidak terbaca atau tidak muncul pada Smartphone kita.

 

Langkah pertama kamu harus mengecek sebenarnya kontak SIM kamu yang tidak terbaca atau kartu SIM kamu yang tidak terbaca oleh Smartphonmu.

 

Jika sudah dipastikan kalau hanya kontak SIM kamu yang nggak bisa terbaca, berarti kontak SIM kamu sedang mengalami error. Namun kalau semua pengaturan kartu SIM kamu seperti nama provider, sinyal dan kontak sim hilang, berarti kartu SIM kalian yang benar-benar rusak.

 

Mengatasi kontak SIM Smartphone Tidak Terbaca

 

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kontak SIM Smartphone tidak terbaca. Untuk ponsel Android cara yang pertama yang bisa kamu lakukan dengan menghapus semua file chace Android.

Cara kedua kamu harus mengatur ulang pada bagian konfigurasi kontak SIM. Cara yang ketiga dengan membersihkan penyimpanan kontak. Dari tiga cara tersebut kamu bisa simak kembali cara-cara dibawah ini.

 

Baca juga: Solusi Sinyal Hilang di Android karena Bug

 

1. Menghapus File Cache

 

Tidak cukup menghapus file cache pada aplikasi kontkak saja, namun kamu juga harus menghapus semua file cache yang ada dimemori Android kalau memungkinkan. Internal maupun memori eksternal.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master untuk menghapusnya. Aplikasi itu bisa membersihkan fle cache hanya dengan satu tombol saja.

 

setelah proses pembersihan selesai, kamu bisa rebot Android dan tunggu beberapa saat dan lihatlah apakah kontak SIM sudah terbaca lagi atau belum.

Langkah-langkahnya bisa kalian baca dibawah ini:

  1. Buka menu pengaturan.

  2. Aplikasi terinstall

  3. cari aplikasi Kontak

  4. Klik hapus data

  5. Lalu klik Bersihkan cache.

 

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Memindahkan Kontak ke HP Baru untuk Semua Tipe

 

2. Menampilkan kontak yang Tersimpan di Kartu SIM

 

Kalau kalian pernah melakukan perubahan dan otak atik di konfigurasi kontak sim, yang mungkin mengacu ke semua kontak sim yang keseluruhannya hilang. Berarti kamu harus memastikan bisa menggunakan cara berikut ini.

 

  • Masuk ke menu Pengaturan

  • Kemudian pilih Aplikasi sistem

  • Cari apliaksi Kontak

  • Kemudian masuk ke Atur daftar kontak

  • Pilih Semua kontak.

 

Baca juga: Tips Supaya Kartu SIM Tidak Diblokir

 

3. Hapus semua Data Kontak di Android

 

Cara ini dilakukan apabila cara 1 dan 2 belum berhasil. Menghapus semua data kontak di ponsel memang beresiko. Tapi kamu tidak usah khawatir kalau kamu sudah membackup semua kontak yang ada di smartphonemu.

 

Pentingnya membackup semua kontak menjadi langkah terahir untuk mengembalikkan kontak SIM kamu setelah melakukan pembersihan secara total. Lakukan cara-cara tersebut seperti berikut:

 

  1. Masuk ke Pengaturan

  2. kemudian pilih Aplikasi sistem

  3. Pilih Kontak

  4. Impor/Ekspor kontak

  5. kemudian pilih Eksport ke penyimpanan

  6. Pilih Oke.

Setelah kamu selesai membackup , langkah berikutnya kamu menghapus semua data kontak SIM di Android.  Caranya seperti ini:

 

  1. Masuk ke Pengaturan

  2. Pilih Aplikasi terinstall

  3. Cara Kontak

  4. Hapus data

  5. Pilih Hapus semua data

  6. lalu klik “OK.”

 

Baca juga: Cara Menyembunyikan Kontak WA Android Dan iOS

 

4. Mengembalikan Kontak yang sudah Terhapus

 

Cara untuk mengembalikan kontak SIM yang sudah terhapus salah satunya kamu bisa lakukan dengan mengembalikan kontak yang tersimpan pada sim card atau akun Google dengan mudah.

 

Cara-cara diatas dapat kamu lakukan sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga cara diatas dapat mengatasi kontak SIM Smartphone Tidak Terbaca.

Leave A Reply

Your email address will not be published.