Tips Mengatasi Setting Tidak Bisa Dibuka Windows

Coba bersihkan file cache dan file sampah lainnya secara keseluruhan. Hal ini kalian lakukan untuk mengurangi bugs pada sistem yang tidak berjalan secara stabil. 

0

Ada beberapa pengguna yang mengalami masalah Setting tidak bisa atau tidak direspons saat diklik. Ini biasa terjadi di Windows 8, 8.1, dan 10.

Pada sebuah sistem operasi pasti ada setting atau pengaturan. Walaupun fungsinya sama dengan Control Panel, menu Settings dibuat lebih interaktif sehingga mempermudah pengguna dalam melakukan perubahan. 

Fungsi menu Settings sangat penting untuk menunjang semua kebutuhan dan produktivitas pengguna. Terutama ketika ingin melakukan perubahan pada nama pengguna (username), wallpaper, pengaturan bahasa, privasi, hingga pembaruan windows.

Pada beberapa kondisi, ada beberapa pengguna yang mengalami masalah Setting tidak bisa atau tidak direspons saat diklik. Ini biasa terjadi di Windows 8, 8.1, dan 10.

Kemudian bagaimana caranya mengatasi setting tidak bisa dibuka di Windows?

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, Gaes. Cek langsung kuy!

Bersihkan file cache (sampah sistem)

Cara pertama, coba bersihkan file cache dan file sampah lainnya secara keseluruhan. Hal ini kalian lakukan untuk mengurangi bugs pada sistem yang tidak berjalan secara stabil. 

File cache sebenarnya sangat bermanfaat sebab membantu pengguna dalam membuka aplikasi atau fitur secara lebih cepat. Tapi di beberapa kasus file cache harus dibersihkan. Utamanya saat menghadapi masalah pada sistem dan aplikasi terinstall.

Di OS Windows, kalian bisa memakai Disk Cleanup dalam membersihkan file cache. Kalian juga bisa memaksimalkan dengan aplikasi pembersih yang ada.

Lakukan Scan System File Checker

Tips berikutnya, kalian bisa melakukan fitur pengecekan file sistem di PC atau laptop bernama SFC (System File Checker). Kalau kalain mengalami error pada sistem atau fitur Windows, maka fitur ini sangat layak untuk dicoba. 

Fitur ini memungkinkan kalian untuk melakukan pemindaian dan memperbaiki masalah error pada file sistem secara otomatis. 

Untuk mencobanya, tap Start menu lalu ketik Command Prompt (CMD). Kalau sudah, klik kanan Command Prompt dan tap More lalu klik Run as Administrator. Setelah itu ketikan perintah: sfc /scannow dan klik Enter. Tunggu selama beberapa saat. Lalu restart PC atau laptop.

Coba Eksekusi perintah PowerShell

Berikutnya kalian bisa memakai perintah khusus dalam memperbaiki Settings Windows yang error atau tidak dapat dibuka. 

Perintah pertama

Awalnya Start menu lalu ketik Windows PowerShell. Kemudian masukkan perintah di atas, kemudian tekan Enter.

Tunggu beberapa saat selama proses eksekusi selesai dilakukan. Kalau sudah, restart PC atau  laptop kalian. Kemudian coba buka menu Settings kembali.

Jika sudah, tap atau buka kembali menu Settings Windows, semoga nantinya normal dan tanpa ada masalah sama sekali.

Perintah kedua

Jika perintah pertama tidak berhasil, coba perintah kedua. Lakukan hal yang sama, Start menu dan tap Windows PowerShell.

Setelah masukkan perintah di atas, kemudian klik Enter. Tunggu selama beberapa saat. Lalu, restart PC atau laptop kalian. Selesai.

Itu tadi artikel mengenai tips mengatasi setting tidak bisa dibuka windows.

Apabila ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.