Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Sebelum Backup

0

Apakah kalian suka memakai apliaksi WhatsApp untuk bekerja karena gratis dan mudah dipakai? Ya. Pasti banyak yang menjawab seperti itu. Mungkin ini adalah cara mudah tetap berhubungan dengan teman Anda. Meskipun begitu, kalian mungkin mempunyai beberapa pesan dan media yang cukup penting di WhatsApp, dan akan membuat kalian stress kalau semua pesan penting itu tiba-tiba menghilang. 

Oleh sebab itu,  kalian perlu mengetahui cara backup chat whatsapp baik itu pesan, foto, dan video WhatsApp. Ini  penting untuk mengetahui cara mengembalikan chat WA yang terhapus sebelum di backup agar chat kalian bisa dikembalikan.

Apakah penting backup? Banget. Karena kalau kalian mengalami masalah  chat WhatsApp yang terhapus baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, dan kalian ingin mengembalikan chat tersebut, maka sebelumnya kalian harus mengaktifkan fitur backup di WhatsApp dahulu. 

 

Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus Sebelum di Backup

Ada beberapa cara yang bisa kalian pakai untuk mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Ikuti langkahnya ya, Gaes.

Mengembalikan Chat WhatsApp Via Google Drive

Apabila suatu saat smartphone kalian tiba-tiba mengalami kerusakan, dan mengharuskan kalian menginstall kembali aplikasi WhatsApp. Hal pertama yang pasti kalian pikirkan adalah bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Yang Hilang .

Banyak hal yang bisa menjadikan chat WhatsApp ini terhapus, antara lain karena kerusakan smartphone Android, ganti smartphone Android yang baru, atau secara tidak sengaja ataupun disengaja Anda menghapus chat WhatsApp tersebut.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama lewat Google Drive yang pertama adalah meluncurkan WhatsApp dari layar beranda smartphone, lalu pilih Agree and continue. Kalian masukkan nomor telepon untuk verifikasi. Kemudian tap opsi Next dan ketuk OK. Selanjutnya pilih Continue, klik Restore, kemudian masukkan nama kalian. Terakhir, tap opsi Next.

Sekarang kalian bisa mengakses chat WhatsApp di smartphone Android manapun yang memasang WhatsApp. Yang harus kalian lakukan adalah masuk. Karenanya kalau kalian ingin mengembalikan chat WhatsApp kalian dari satu smartphone ke yang lain, pakai cara di atas.

Baca Juga : Cara Login Whatsapp Dengan Nomor Yang Sudah Tidak Aktif .

Mengembalikan Chat WhatsApp Via Backup Lokal

Cara paling mudah mengembalikan chat ke smartphone baru adalah dengan memakai backup Google Drive. Kalau kalian mau memakai backup lokal, kalian ahrus mentransfer semua file ke smartphone yang baru memakai komputer, file explorer, atau kartu SD. Kalau data knalia tidak disimpan di folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan kalian bisa menemukannya di folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

Smartphone kalian akan menyimpan file-file backup lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir. Google Drive hanya akan menyimpan backup yang terbaru. Kalau kalian ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, kalian perlu melakukan langkah-langkah berikut.

Baca Juga :  Whatsapp Batasi Forward Pesan Cegah Menyebaran Hoax.

Pertama, kalian unduh aplikasi file manager. Nanti di sana, kalian buka sdcard/WhatsApp/ Databases. Apabila data tidak disimpan di kartu SD, kalian mungkin akan menemukannya di “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”, bukan di kartu SD.

Selanjutnya ganti nama file cadangan yang ingin dipulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengganti nomor ekstensi crypt.

Baca Juga : Cara Mudah Melacak Lokasi Nomor Whatsapp Orang Lain .

Setelah itu, hapus dan install ulang WhatsApp. Lalu pilih Restore saat diminta.

Backup WhatsApp dari Android ke iPhone

Apabila kalian ada rencana beralih dari smartphone Android ke iPhone dan ingin mengembalikan chat WhatsApp, maka kalian kurang beruntung. Saat kalian melakukan backup chat WhatsApp di smartphone Android kalian, kalian mencadangkan ke Google Drive. Aplikasi Android WhatsApp memakai Google Drive untuk mencadangkan dan mengembalikan pencadangan. Sedangkan aplikasi WhatsApp iOS memakai iCloud untuk melakukan keduanya.

Apalagi kalau kalian mempunyai aplikasi iOS Google Drive, kalian masih tidak bisa mengembalikan chat WhatsApp Android dengan cara backup chat WhatsApp ini. IOS WhatsApp hanya akan berkomunikasi dengan iCloud. Walau demikian, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kalian pakai.

Cara Backup Chat WhatsApp (WA)

Sebelum kalian mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, kalian harus memastikan sudah mengaktifkan fitur backup di WhatsApp. Untungnya, WhatsApp secara otomatis melakukan backup chat kalian ke memori smartphone setiap hari.

Baca Juga : Cara Menjadwalkan Pesan dan Membuat Status Warna di Whatsapp .

Akan tetapi, hal ini tergantung dari pengaturan kalian. Kalian juga bisa membuat backup chat ke Google Drive. Dengan cara backup chat WhatsApp  ini, apabila kalian harus menghapus WhatsApp dari smarpthone, pesan kalian akan aman. Pastikan untuk melakukan backup semuanya sebelum kalian memutuskan untuk menghapus aplikasi.

Baca Juga : Cara Menggunakan Dua Whatsapp Dalam Satu Smartphone .

Google Drive adalah cara terbaik untuk melakukan backup chat WhatsApp kalian. Kalian bisa berganti dari smartphone Android ke smartphone Android lainnya, dan kalian bisa membuat pesan dan media mengikuti kalian ke mana pun kalian pergi. Ini juga sedikit asuransi tambahan kalau WhatsApp tiba-tiba mengalami kerusakan suatu hari, dan kalian akhirnya sangat terpaksa harus menghapus dan menginstalnya kembali. Berikut adalah cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama.

Cara backup chat WhatsApp ke Google Drive

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi WhatsApp dari layar beranda aplikasi smartphone Android kalian.

Selanjutnya klik ikon menu di kanan atas layar. Ikon menu Ini berupa tiga titik vertikal. Langsung tap opsi Settings. Dan klik pilihan menu Chats

Kemduian kalian klik opsi Chat backup. Dan setelahnya tekan opsi Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi yang kalian ingin buat terhadap backup chat, baik dari harian, mingguan, bulanan, atau hanya saat kalian klik back up.

Baca Juga : Sedang Diuji Whatsapp Baka Bisa Dipaka di banyak Perangkat .

Langkah beriktnya, pillihlah Google account yang ingin kalian buat sebagai tempat backup chat. Kemudian tap menu Allow, lalu klik Include videos kalau kalian ingin melakukan backup video. Selanjtunya klik opsi Backup untuk memulai backup chat WhatsApp pertama kalian.

Sekarang semuanya sudah di-backup. Sekarang kalian bisa menerapkan cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama setiap kali menginstal ulang WhatsApp, dengan perangkatnya apapun asalkan tetap memakai Android.

Ingatlah kalau setiap kali kalian melakukan backup ke Google Drive, WhatsApp juga melakukan backup ke memori internal smartphone, yang berarti akan memerlukan ruang memori. Kalau kalian punya aplikasi pengelola file yang sudah diinstal sebelumnya atau seperti ES File Explorer, kalian bisa masuk dan memberi ruang memori jika perlu.

Pastikan juga baterai kalian penuh saat melakukan pencadangan atau backup data. Yang menarik adalah setiap backup yang kalian lakukan setelah yang pertama bersifat inkremental, yang artinya itu akan menambah cadangan saat ini. Bukannya menghapus semuanya dan memulai kembali atau menambahkan seluruh backup di atas yang lama, hal ini akan menghabiskan lebih sedikit ruang memori.

Penyebab Gagal Backup Chat WhatsApp

Apabila kalian gagal mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus baik lewat Google Drive atau memori lokal, ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi juga pada kalian.

Baca Juga : .

Pertama, kalian tidak terhubung ke akun Google yang sama. Kalian tidak memakai nomor telepon yang sama dengan yang kalian pakai untuk membuat backup. Kemudian mungkin juga karena kartu SD atau riwayat chat rusak. Terakhir, bisa jadi penyebab gagalnya kalian backup adalah tidak ada file backup di akun Google Drive atau backup lokal di memori telepon kalian.

Untuk kalian yang kesulitan mengembalikan chat WhatsApp baik karena ganti ponsel baru atau aplikasi WhatsApp mengalami masalah, kalian bisa mencoba cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut di atas.

Untuk kalian yang ingin mengembalikan chat WhatsApp karena ganti smartphone sangat disarankan untuk mengembalikan chat WhatsApp dengan Google Drive. Sedangkan untuk yang ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama, bisa memakai fasilitas pengembalian chat WhatsApp dengan backup lokal seperti di atas.

Demikian. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.