Mengenal Perbedaan Charger dan Adaptor

Apakah kalian tahu perbedaan dari charger dan juga adaptor itu? Karena keduanya ini sering sekali dianggap sama oleh beberapa orang. Mungkin, kalian pun sama. Bahkan, ada beberapa orang sering kali mengira bahwa fungsinya kedua perangkat di atas adalah sama. Mereka juga selalu tertukar dalam menyebutkannya.

0

Apabila ada perbedaan di antara keduanya, memang tetap saja banyak yang mengatakan ini sebagai barang yang sama, karena sama-sama menghasilkan sebuah tegangan. Keduanya sendiri sebenarnya mempunyai kesamaan yang lain.

Ketika kalian membeli perangkat elektronik, biasanya kalian akan mendapatkan adaptor. Begitu juga saat kalian melakukan pembelian perangkat mobile, kalian akan mendapatkan charger.

Masing-masing punya manfaat dan kegunaan yang pastinya berbeda satu sama lain.

Hanya saja, ada beberapa orang yang masih belum bisa membedakan keduanya.

Apakah kalian tahu perbedaan dari charger dan juga adaptor itu? Karena keduanya ini sering sekali dianggap sama oleh beberapa orang. Mungkin, kalian pun sama.

Bahkan, ada beberapa orang sering kali mengira bahwa fungsinya kedua perangkat di atas adalah sama. Mereka juga selalu tertukar dalam menyebutkannya.

Mereka mengatakan charger sebagai adaptor, dan sebaliknya. Padahal sebenarnya charger atau cas ini beda sekali dengan power adaptor.

Keduanya sekilas terlihat sama, bahkan sering dikira sama sebab dilihat dari manapun, bentuk fisiknya memang sedikit sama.

Apabila ada perbedaan di antara keduanya, memang tetap saja banyak yang mengatakan ini sebagai barang yang sama, karena sama-sama menghasilkan sebuah tegangan. Keduanya sendiri sebenarnya mempunyai kesamaan yang lain.

Yaitu, keduanya berguna sebagai regulator, penyearah arus, dan keduanya adalah bisa berfungsi juga sebagai penurun tegangan.

Perbedaan Power Adaptor dan Charger

Terdapat perbedaan di antara charger dan juga power adaptor. Dimana untuk charger itu merupakan sebuah perangkat yang punya manfaat dan fungsi untuk pengubah arus AC ke dalam DC.

Sedangkan, untuk tegangan keluaran atau tegangan output yang berasal dari charger ini relatif kecil. Perangkat yang satu ini sering disebut juga dengan aksesoris elektronik.

Bagian ini biasanya kalian dapatkan saat membeli smartphone, tablet, dan saat membeli kamera digital. Charger itu memiliki output tegangan yang selalu tetap.

Frekuensinya sendiri juga tidak berubah dalam memberikan daya atau saat dipakai untuk mengisi baterai yang dipakai pada perangkat elektronik.

Oleh sebab itu, kadang charger juga dipakai untuk mengisi ACCU. Sedangkan untuk penjelasan tentang power adaptor itu biasanya jauh lebih rumit dari pada charger.

Disebabkan power adaptor ini merupakan sebuah perangkat yang disusun atas diode penyearah dan tersusun atas rangkaian dari trafo yang bertugas untuk melakukan koversi terhadap power atau daya. Tegangan untuk tegangan outpunya bisa beraneka ragam.

Yaitu, dari 3 volt, 9v, dll. Ada juga adaptor yang memiliki kemampuan untuk mengatur arus yang berasal dari AC menuju DC. Perangkat yang satu ini biasanya dioakai juga untuk penyuplai daya pada beberapa perangkat.

Misalnya saja, untuk printer, keyboard, laptop, dan sebagainya. Dari sinilah, kini sudah kalian dapatkan penjelasan tentang perbedaan di antara dari keduanya tersebut.

Itu tadi perbedaan antara adaptor dengan charger. Semoga informasi di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian.

Kalau ada pertanyaan cara  untuk mengetahui perbedaan adaptor dan charger, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat dan salam teknologi! Nah, dengan begnin kalian tidak akan keliru lagi yang mana adaptor atau yang mana charger. Kalian dapat membedakannya dengan mudah bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.