Mengetahui Fungsi Tombol WPS Pada Perangkat WiFi

0

Teknologi saat ini sudah semakin maju. Banyak produk baru tercipta. Semua itu tentunya sangat membantu berbagai keperluan setiap orang dalam beraktivitas. Entah produk tersebut dalam bentuk hardware atau software. 

Yang ingin saya bahas disini adalah teknologi yang ada pada perangkat mobile yang mempunyai akses WiFi. Kalian mungkin juga pernah memanfaatkan hal ini untuk menyelesaikan pekerjaan kalian. 

Baca Juga : Cara Logout WIFI – ID

Dalam teknologi WiFi tersebut ada sistem keamanan yang bernama WPS. Kalian penasaran apa itu WPS dan apa kegunanannya untuk WiFi kalian? Okelah. Mari bahas satu persatu sampai kalian mengerti dan bisa memanfaatkan WPS ini untuk WiFi kalian ya, Gaes.. 

WPS ini merupakan suatu sistem keamanan yang ada pada wifi dan singkatan dari Wi-Fi Protected Setup. Fungsi WPS ini adalah untuk menyambungkan router dengan perangkat penerimaan jaringan WiFi, di antaranya yaitu smartphone atau laptop dengan lebih mudah, cepat dan aman.

Baca Juga : 5 Modem WIFI 4G LTE Anti Lemot 2020

Akan tetapi tidak semua perangkat modern, router, dan mifi bisa memakai WPS, sebab WPS hanya bisa bekerja pada perangkat yang sudah memiliki dukungan keamanan WPA2 dan WPA personal.

Yang kalian perlu tahu disini adalah bahwa perangkat yang masih memakai WEP, WPS tidak akan bisa dipakai.

Keunggulan dari perangkat yang sudah didukung perangkat WPS dan belum yaitu pada kemudahan proses connect atau menyambungkan perangkat dengan WiFi.

Kalian pasti tahu apabila memiliki wifi di rumah, kantor, kampus maupun kafe maka kalian harus tahu password wifi tersebut supaya bisa terhubung.

Baca Juga : Cara Ganti Password WIFI Indihome Dengan PC atau Laptop

Akan tetapi dengan adanya tombol WPS ini, kalian tidak perlu lagi memasukkan password untuk terkoneksi. Walaupun demikian sebenarnya wifi kalian masih tetap bisa diproteksi dengan password sehingga orang lain tidak dapat mengakses wifi yang kalian miliki.

Fungsi Tombol WPS

Cara untuk mengkoneksikan perangkat dengan WiFi lewat WPS tidak begitu susah yaitu pada saat smartphone atau laptop melakukan pemindaian wifi, kalian tinggal tekan tombol WPS yang ada di router dan secara otomatis perangkat smartphone atau laptop tersambung ke wifi tanpa perlu memasukkan password.

Kalian ingin tahu juga cara untuk melakukannya? Simak langsung di bawah ini ya.

Langkah pertama, kalian bisa mengaktifkan WiFi pada smartphone kalian. Lalu di menu WiFi scroll ke bawah sampai kalian menemukan opsi  “Preferensi Wi-Fi“. Lanjutkan dengan klik opsi “Tombol Tekan WPS”.

Baca Juga : Cara Ganti Passoword WIFI Indihome dengan Smartphone

Langkah selanjutnya, smartphone kalian akan mulai memindai perangkat wifi dan tugas kalian selanjutnya yaotu menekan tombol WPS pada router wifi.

Berikutnya smartphone kalian sudah tersambung dengan wifi memakai cara di atas. 

Bagaimana? Ternyata sangat mudah bukan caranya?

Baca Juga : Aplikasi Pemutus WIFI

Dengan demikian kalian tidak perlu lagi mengetahui password WiFi untuk melakukan koneksi. Syaratnya pasti Router WiFi berada pada lokasi yang bisa kalian jangkau, untuk menekan tombol WPS tadi.

Itu tadi penjelasan tentang fungsi tersembunyi dari tombol WPS yang ada pada perangkat wifi. 

Semoga penjelasan di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kalian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Smartphone Tidak Terkoneksi WIFI

Jangan lupa juga untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.