Mengetahui Perbedaan Samsung SEIN dan Global

Samsung Garansi SEIN adalah produk yang dirakit di Indonesia. Otomatis jika kalian ingin melakukan klain garansi juga haris di Indonesia atau di dalam neger.aransi Global, ini adlaah dimana produknya dirakit di luar negeri (internasional). Dan untuk urusan klaim garansi ini biasanya kalian harus mengirim barangnya terlebih dahulu kesana. Dan itu pasti butuh waktu yang lebih lama daribiasanya.

0

Samsung juga menjadi salah satu smartphone yang paling banyak dipakai di seluruh dunia pada beberapa waktu lalu. Sampai sekarang, mungkin sudah tidak terhitung berapa unit smartphone Samsung yang ada di Indonesia, baik bergaransi resmi sein mau pun yang bergaransi global.

Samsung adalah salah brand smartphone yang sudah terkenal sejak bertahun lalu. Beberapa tahun ini bahkan smartphone Samsung mendapat  sebutan raja smartphone di Indonesia.

Samsung juga menjadi salah satu smartphone yang paling banyak dipakai di seluruh dunia pada beberapa waktu lalu.

Sampai sekarang, mungkin sudah tidak terhitung berapa unit smartphone Samsung yang ada di Indonesia, baik bergaransi resmi sein mau pun yang bergaransi global.

Berbicara masalah garansi, memang Samsung juga mempunyai dua opsi, yaitu garansi SEIN dan global atau international. Tentu saja dari kedua tipe garansi ini juga ada perbedaan.

Garansi Samsung

Sebelum membahas perbedaan garansi SEIN dan Global. Kalian harus tahu pengertian keduanya. 

Samsung Garansi SEIN adalah produk yang dirakit di Indonesia. Otomatis jika kalian ingin melakukan klain garansi juga haris di Indonesia atau di dalam negeri.

Sedangkan untuk Garansi Global, ini adlaah dimana produknya dirakit di luar negeri (internasional). Dan untuk urusan klaim garansi ini biasanya kalian harus mengirim barangnya terlebih dahulu kesana. Dan itu pasti butuh waktu yang lebih lama daribiasanya.

Perbedaan Samsung SEIN dan Global

Untuk perbedaan keduanya, yang bisa kita cari ada dalam tiga hal. Yaitu, Penangkap Sinyal, ROM yang dipakai, dan Jadwal Update Software.

Penangkap signal yang dibuat Samsung SEIN dan global memang berbeda. Karena mereka akan menyesuaikan dengan frekuensi masing-masing negara dimana mereka akan mendistibusikan smartphone tersebut.

Rom yang dipakai pun juga akan sedikit berbeda. Contohnya di beberapa fitur yang ada di smartphone global, tapi belum tentu ada di smartphone garansi lokal dan juga sebaliknya.

Seperti halnya dengan jadwal update software. Biasanya versi global akan lebih cepat. Tapi kadang juga lebih cepat yang SEIN. Tergantung dari pihak developer saja yang tahu hal ini.

Cara Cek Smartphone Samsung Sein dan Global

Untuk cara mengeceknya ada tiga cara yang bisa kalian lakukan. 

Cek Box Penjualan

Ketika pertama membeli smartphone baru pastinya kalian akan memperoleh bersama dengan box penjualan. Kemudian kalian cek disitu ada serial number serta diproduksi di negara mana.

Kalau di produksi di negara Indonesia, berarti Samsung kalian bergaransi SEIN resmi.

Cek Serial Number Samsung

Serial number ini bisa kalian cek dengan kode *#06# dan akan muncul serial number atau IMEI smartphone. Jika dual sim, maka kode yang tampil juga akan ada dua.

Jika pada dua digit pertama ada huruf RR, maka smartphone kalian berarti bergaransi resmi SEIN. Dan kalau tidak, berarti bergaransi global.

Cek Kode IMEI

Kode IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah sebuah kode yang ada pada setiap smartphone di seluruh dunia. Uniknya kode ini tidak akan sama antara smartphone satu dengan yang lainnya.

Kode imei umumnya ada di bagian box penjualan, tapi jika box sudah hilang, maka kalian tetap dapat mengeceknya dengan menekan kode *#06#.

Kalau sudah muncul, untuk cek smartphone kalian Samsung bergaransi resmi sein atau global, cek dengan cara mengunjungi situs www.samsungwarrantycheck.com atau www.imei.info.

Yang harus kalian catat, SN atau Serial Number ini berbeda dengan IMEI. Jadi, jangan sampai salah memasukkan saat kalian mengeceknya.

Baca Juga :

Semoga bermanfaat! Tips untuk yang ingin membeli Samsung baru, sebaiknya cari yang bergaransi resmi SEIN supaya mudah dan cepat saat melakukan klaim garansi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.