Mengetahui Proses Svchost

Svchost merupakan proses Windows yang berguna untuk menjalankan program-program berhubungan sistem agar tetap lancar.

0

Sebagaimana yang kaluan ketahui, ketika kinerja komputer atau laptop terasa kurang maksimal, contoh lag dan lemot, salah satu hal yang umumnya dilakukan yaitu melihat proses di Task Manager.

Kalian pernah mengalami kinerja computer kalian terasa kurang optimal? Tidak perlu khawatir, kalian bisa mengatasinya dengan tips ampuh di artikel ini.

Sebagaimana yang kaluan ketahui, ketika kinerja komputer atau laptop terasa kurang maksimal, contoh lag dan lemot, salah satu hal yang umumnya dilakukan yaitu melihat proses di Task Manager.

Hanya saja, tapi pernah tidak di Task Manager tampil banyak sekali Svchost atau service host?

Banyak orang yang belum tahu tentang proses ini. Karena itu, berikut akan dijelaskan, sekaligus jawaban mengapa banyak Svchost di Windows.

Svchost itu apa?

Svchost merupakan proses Windows yang berguna untuk menjalankan program-program berhubungan sistem agar tetap lancar. Contoh program yang memakai Svchost ialah Windows Update, Windows Defender, Network Connection, Security Center dan lainnya.

Program-program yang tadi disebut ini termasuk penting. Karena itu apabila  Svchost mati, maka program berjalan yang terkait akan ikut mati juga.

Svchost Itu Virus?

Svchost sebenarnya bukan termasuk virus, tetapi salah satu bagian dari service di OS Windows.

Hanya saja yang jadi masalah, tidak jarang ada virus yang berjalan seolah-olah ia merupakan Svchost (padahal bukan), dan membuat pemakaian resource sistem jadi tinggi.

Salah satu cirinya paling sering proses Svchost yang ada banyak sekali. Sampai puluhan atau ratusan.

Mengatasi Svchost yang Berjalan Banyak

Jika kalian mengalami masalah Svchost yang berjalan terlalu banyak, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

 Scan PC dengan Antivirus

Pertama, pastikan sistem posisinya bersih dari virus. Caranya dengan melakukan scanning memakai Windows Security. 

Langkah pertama, ketik Windows Defender atau Windows Security di kolom pencarian. Lalu pilih Windows Defender Security Center.

Jika sudah, tap menu Virus & threat protection. Di kolom Threat history, silakan tap tombol Scan now. Tunggu sampai proses scanning selesai.

Contohnya terdeteksi ada virus, silakan hapus. Tetapi jika hasilnya tidak ada virus, kalian dapat cek langkah selanjutnya.

Matikan Svchost

Walaupun Svchost merupakan bagian dari sistem, kalian dapat mematikan sebagian proses Svchost yang tidak begitu penting. Salah satunya BITS.

Caranya, , silakan buka dulu Task Manager. Lalu tap pilih tab Services. Berikutnya, cari service BITS (Background Intelligent Transfer Service). Klik kanan service tersebut dan tap Stop. Setelah itu lihat statusnya, pastikan sudah pada kondisi Stopped.

Service BITS berguna untuk memulai proses Windows Update secara otomatis. Jika posisi Windows Update kalian nonaktif, lebih baik service ini dinonaktifkan saja.

Bersihkan Event Viewer

Event Viewer merupakan fitur yang berguna untuk mencatat masalah di sistem komputer kalian. Contohnya saat ada pesan error hingga bluescreen.

Kalian dapat membersihkan Event Viewer jika dirasa sudah terlalu menumpuk. Secara tidak langsung hal ini dapat meringankan sistem walau Svchost banyak berjalan.

Pertama-tama, tekan tombol Windows + R di keyboard. Lalu, Windows Run akan terbuka di PC kalian. Ketik eventvwr dan klik Enter. Silakan tap Windows Log di bagian kiri.

Nantinya akan muncul beberapa opsi dari Windows Log, tap Application. Teruskan dengan klik kanan pada opsi Application dan tap Clear Log untuk membersihkannya.

Jika sudah semua, restart PC atau laptop kalian.

Di Task Manager Svchost pasti akan sering ditemui. Di Windows 7, Windows 8 sampai Windows 10.

Untuk kalian yang belum tahu apa itu proses ini, diharapkan penjelasannya bisa membantu. Sekaligus jika kalian juga mengalami masalah tnetang virus Svchost. Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.