Mengganti Baterai Tanam Smartphone. Bisakah?

0

Kalian sedang bingung karena smartphone bermasalah dengan baterainya?  Ingin ganti baterai tapi baterai smartphone kalian baterai tanam? Bingung cara menggantinya?  Mungkin ini juga jadi  pertanyaan untuk orang- orang di luar sana yang bingung mengatasi smartphone mereka yang bermasalah, khususnya pada baterai..

Baterai tanam atau non-removable batterai ini memang sekarang paling banyak dipakai. Hampir semua produsen smartphone, sekitar 80 an persen atau bisa lebih telah memakai baterai tanam.

Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Xioami

Ada banyak alasan yang diberikan ketika saat ini banyak smartphone dengan baterai tanam. Contohnya adalah karena smartphone baterai tanam lebih portabel, bobot atau beratnya biasanya lebih ringan

Alasan lainnya, bisa jadi karena jarang dilepas, kemungkinan rusaknya menjadi lebih sedikit, dan lain sebagainya.

Kalian lihat, point ketiga, meskipun kemungkinan rusak lebih sedikit, tapi tetap saja, baterai tanam juga bisa mengalami kerusakan. Biasanya penyebabnya adalah sering drop powernya. Contohnya dipakai sebentar, tiba-tiba dayanya tinggal beberapa persen.

Baca Juga : Cara Mengatasi Baterai Boros Karena Whatsapp

Jika sudah seperti ini maka mau tidak mau baterainya harus kalian ganti. Kemudian, kembali ke pertanyaan tadi, “Bisakah smartphone baterai tanam diganti?”

Apakah Smartphone Baterai Tanam Bisa Diganti?

Apakah smartphone jenis baterai tanam bisa diganti? Jawabannya adalah bisa sekali. Meskipun sudah menyatu dengan casing, kalian dapat mengganti baterainya dengan tipe yang sama.

Atau setidaknya dengan jenis baterai yang support smartphone tersebut.

Dengan demikian kalian bisa menyimpulkan bahwa baterainya sebenarnya tidak permanen. Baterainya ternyata hanya tersambung saja dengan suatu kabel khusus ke komponen smartphone kalian. Dan ini juga ternyata  bisa kalian lepas lho.

Cara Mengganti Baterai Tanam 

Mungkin setelah membaca ini kalian buru-buru bertanya, bagaimana cara menggantinya? Mumpung di rumah aja nih.

Oke, sebenarnya caranya cukup mudah kalau kalian teliti mengerjakannya sesuai langkah yang akan saya bagikan ya, Gaes.

Akan tetapi, jika kalian ingin hasil yang cepat pastinya kalian lebih baik pergi ke tempat service saja (Service Center). Ini karena di sana baterai + tipenya sudah bisa disiapkan dan kalian tinggal memilih mana yang terbaik untuk smartphone kalian.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Apabila kalian ingin mengganti baterai tanam smartphone kalian sendiri, ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan. Yaitu baterai  serta barang untuk melepas casing HPnya.

Persiapan pertama, adalah baterai. Untuk jenis baterai yang dipakai harus sesuai. Paling mudahnya kalian tinggal cocokkan saja dengan tipe smartphone kalian. Saya biasanya beli di Marketplace (Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain).

Persiapan kedua, SIM Card Ejector. Ini digunakan untuk membuka Tray SIM di smartphone. Kalian bisa menggantinya dengan barang lain, misalnya jarum dan lain-lainnya.

Baca Juga : Review Samsung Galaxy M31 Kamera Terbaik Dengan Baterai Tetap Tahan Lama

Persiapan ketiga, Obeng Kecil. Atau biasanya disebut obeng smartphone. Diameternya sekitar 1.5mm.

Persiapan keempat, Spudger. Sebuah alat kecil yang ujungnya pipih. Digunakan untuk membuka casing smartphone nantinya. Kalian bisa mendapatkannya di marketplace banyak. Atau bisa diganti dengan kartu yang pipih dan keras teksturnya.

Cara Mengganti Baterai Tanam Sendiri

Ketika kalian sudah menyiapkan barang-barangnya tadi, maka selanjutnya kalian bisa langsung coba menggantinya. 

Perhatikan langkah-langkah berikut dan jangan sampai ada yang terlewat ya, Gaes.

Langkah pertama, silakan kalian lepas terlebih dahulu Tray SIM Card di smartphone kalian memakai Ejector ke lubang Tray.

Selanjutnya, kalian silakan buka casing smartphone memakai spudger. Ingat untuk melakukan secara perlahan sampai casingnya terlepas secara utuh.

Setelah itu, kalian bisa  lepas lagi konektor baterai menggunakan spudger. Biasanya mudah, asal hati-hati.

Jangan lupa untuk melepas juga beberapa bagian komponen lain yang kira-kira menempel ke baterai. Contohnya adalah modul speaker. Intinya adalah, sampai semuanya bisa lepas.

Langkah berikutnya, kalian langsung lepas baterainya secara perlahan. Umumnya disana ada perekatnya. Kalian dapat mencoba untuk melepas perekatnya terlebih dulu memakai spudger.

Yang terakhir, kalian bisa kembali memasang baterainya yang tadi sudah disiapkan. Jika sudah terpasang dengan baik, pasang kembali semua modul dan konektornya.

Baca Juga : Rilis Samsung Galaxy A21 Baterai 4-000Mah dan RAM 3GB

Pasang juga casingnya, lalu diamkan dulu smartphone selama beberapa menit. Setelahnya baru kalian coba hidupkan kembali.

Sebagai catatan untuk kalian para pengguna smartphone dengan fitur fingerprint. Nanti umumnya akan ada kabel tambahan lagi. Kalian harus memperhatikannya saat melepas kabelnya agar tidak rusak.

Itu tadi  penjelasan tentang cara mengganti baterai tanam pada smartphon, yang ternyata bisa kalian ganti sendiri. Ingat untuk melakukannya secara hati-hati ya, Gaes.

Sedangkan untuk kalian yang ragu mencobanya, lebih baik kalian bisa pergi ke tempat service agar lebih aman.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.