Mengulik Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Salah satu produk yang terkenal dan banyak diminati adalah Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

0

Redmi Note 8 Pro memang tidak terlalu istimewa seperti Redmi K20, tetapi fitur yang ia usung tidak dapat diremehkan untuk kelas harga Rp3 jutaan (versi garansi resmi Xiaomi Indonesia).

Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perubahan dari segala segi. Setiap peningkatan yang terjadi membuat banyak kemudahan bagi para penggunanya.

Salah satu produk yang terkenal dan banyak diminati adalah Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Redmi Note 8 Pro memang tidak terlalu istimewa seperti Redmi K20, tetapi fitur yang ia usung tidak dapat diremehkan untuk kelas harga Rp3 jutaan (versi garansi resmi Xiaomi Indonesia).

Seri satu ini juga memang selalu menarik dan memberikan banyak keunggulan. Apa saja itu? Kuy langsung cek detailnya berikut ini.

Panel LCD dan Fitur HDR Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Layar Redmi Note 8 mempunyai ukuran 6.53 inch dengan resolusi 1080 × 2340 piksel dan rasio 19.5:9.

Perangkat ini juga disematkan panel tipe IPS dengan pelengkap fitur HDR. Fitur yang tidak banyak ada di merk lain yang sekelas.

Panel IPS membuat warna hitam layar tidak terlalu pekat sebagaimana panel AMOLED, walaupun secara kelas justru AMOLED yang lebih tinggi. Beruntung menurut Yugatech, reproduksi warna dari layar Xiaomi Redmi Note 8 Pro masih bisa dikatakan akurat.

Kecerahan layarnya cukup kuat. Ia masih dapat memunculkan gambar yang jelas dengan tingkat kecerahan 50% dengan terkena sorot matahari langsung. Walaupun efektifnya harus ada di tingkat kecerahan 80%.

Desain dan Build Quality Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Desain dan build qualitynya bagus untuk ukuran kelas ini. Bagian sisi memang masih memakai bahan plastik tapi lapisan depan dan belakangnya sudah memperoleh perlindungan dari Corning Gorilla Glass 5.

Xiaomi memang selalu konsisten melindungi produk-produknya memakai Corning Gorilla Glass di kategori smartphone kelas menengah.

Di samping tahan gores dan efek benturan dengan Corning Gorilla Glass, Redmi Note 8 Pro juga mempunyai kemampuan tahan pada cipratan air.

Kedua perlindungan ini membuat Redmi Note 8 Pro seperti ada di kelas yang lebih tinggi daripada produk kompetitor di rentang harga yang sama.

Kamera Utama Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Model ini rilis dengan empat kamera belakang, terdiri dari lensa ultrawide 8 MP, lensa makro 2 MP, lensa depth sensor 2MP dan lensa utama 64 MP.

Lensa 64 MP ini memakai sensor Samsung.

Level detailnya impresif. Kalau kalian lihat lebih dekat memang masih ada beberapa noise, hanya saja detailnya masih baik.

Pada pengambilan gambar dengan 2× zoom juga hasilnya masih baik dan bagus untuk postingan media sosial.

Note 8 Pro lebih bagus ketimbang Realme XT.

Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Kamera depan Redmi Note 8 Pro mempunyai kekuatan 20MP dengan pelengkap fitur HDR dan panorama dan mendukung perekaman video 1080p 30fps.

Hasil foto selfie cukup tajam dan bisa dikatakan bagus untuk kelas mid end, baik dalam kondisi pencahayaan cukup ataupun minim pencahayaan.

Kamera Makro dan Ultrawide Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Di bagian kamera utama Redmi Note 8 Pro cukup unggul dengan lensa 64 MP, tapi lensa pendukungnya (ultra-wide dan makro) kurang memuaskan. Hasil tangkapan ultra-wide kurang bagus dan hasil foto makronya biasa saja.

Chipset dan Performa Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro ditenagai chipset MediaTek Helio G90T. Chipset ini tersusun dari proses fabrikasi FinFet 12nm.

Dalam chipset ini ada prosesor octa core yang terbagi dalam dua kluster. Kluster pertama dua core Cortex-A76 2.05GHz dan kluster kedua enam core Cortex-A55 2.0GHz. Pengolah grafisnya GPU Mali-G76 MC4.

Xiaomi mengklaim komposisi chipset dan GPU ini tangguh untuk gaming kelas menengah. 

Performa Helio G90T di Redmi Note 8 Pro cukup lancar untuk berinternet ria, bermain media sosial, multitasking aplikasi, dan juga untuk bermain game dengan setting grafis berat di Honkai Impact 3, PUBG dan Asphalt 9.

Daya Tahan Baterai Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Perangkat ini mempunyai kapasitas baterai sebesar 4500 mAh. Memang lebih kecil dari Samsung M11 yang lebih murah harganya, tapi ia lebih besar dari Samsung A10S yang juga lebih murah.

Waktu bicara baterai ini bisa sampai 33 jam 28 menit, untuk berselancar web hingga 15 jam 6 menit dan untuk memutar video dapat sampai 15 jam 25 menit.

NFC Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Keunggulannya lainnya dari Redmi Note 8 Pro yaitu adanya fitur NFC yang berguna untuk memenuhi berbagai keperluan transaksi digital.

USB Type-C dan USB PD charging

Kabel pengisian dayanya memakai USB type-C. Charger bawaan sudah support teknologi USB Power Delivery 18W. Hanya saja proses pengisian baterai belum berlangsung cepat. Dalam 30 menit pengisian baru mencapai angka 39% saja.

Speaker Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Dengan segala keunggulannya, ternyata Redmi Note 8 Pro hanya dibekali satu buah speaker saja. Yang artinya output suaranya masih mono, bukan stereo.

Hanya saja sektor ini tidak menjadi kekurangan yang fatal, masalahnya merk lain juga masih banyak yang hanya memakai speaker mono.

Masalah Iklan MIUI Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Redmi Note 8 Pro membawa user interface alias antarmuka MIUI 10 berbasis versi android 9 Pie.

MIUI adalah salah satu program UI yang cukup populer dan punya banyak fitur. Hanya sayangnya Xiaomi masih memasukkan iklan di dalamnya.  Kalian tertarik meminangnya, Gaes?

Leave A Reply

Your email address will not be published.