Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

0

LCD (Liquid Crystal Display) merupakan suatu jenis media tampilan yang memakai kristal cair sebagai penampil utama. LCD sudah dipakai di berbagai bidang. Contohnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator ataupun layar komputer.

Sekarang ini LCD mendominasi jenis tampilan untuk komputer meja ataupun notebook karena memerlukan daya listrik yang rendah, bentuknya tipis, mengeluarkan sedikit panas, dan mempunyai resolusi tinggi.

Pada LCD berwarna semacam monitor, ada terlihat banyak sekali titik cahaya (piksel) yang terdiri dari satu buah kristal cair sebagai sebuah titik cahaya. Meskipun disebut sebagai titik cahaya, kristal cair ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Sumber cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu neon berwarna putih di bagian belakang susunan kristal cair.

Baca Juga : Ingin Memiliki Komputer yang Awet Begini Caranya

Titik cahaya yang jumlahnya puluhan ribu bahkan jutaan inilah yang membentuk tampilan citra. Kutub kristal cair yang dilewati arus listrik akan berubah karena pengaruh polarisasi medan magnetik yang timbul dan oleh sebab itu akan hanya membiarkan beberapa warna diteruskan sedangkan warna lainnya tersaring. (Sumber : Wikipedia.org)

Pada dasarnya LCD berfungsi untuk menampilkan perintah output berupa gambar, tulisan, atau grafik di layar. LCD pada laptop sama dengan LCD pada PC Desktop, tetapi untuk masalah ketahanan dan keawetan lebih awet LCD Desktop. Sebab LCD Desktop lebih besar dan mempunyai banyak spesifikasi tangguh di dalamnya. Sedangkan untuk LCD Laptop bisa dikatakan lebih tipis dan tidak mampu bertahan lama.

Baca Juga : Mau Punya Printer Yang Awet Ikuti Tips -Tipsnya

Dari beberapa kasus yang saya jumpai, masalah tentang LCD yaitu, tampilan begaris, desktop serasa bergetar dan bergoyang, warna yang ditampilkan kurang tajam, dan lainnya.

Tips Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Merawat LCD Laptop adanya solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengindari kerusakan atau error pada LCD Laptop. Menjaga itu lebih baik dari pada memperbaiki atau mengobati kerusakan yang ada. 

Kalau pun di kemudian hari atau sekarang ini, LCD laptop kalian terjadi kerusakan maka mau tidak mau harus ganti dengan yang baru, dan harganya biasanya di atas 800 Ribuan. Untuk perawatan LCD Laptop, kalian bisa mengikuti langkah berikut.

Atur Tingkatan Brightness dan Contrast Pada Layar

Hal paling sederhana dan paling mudah untuk kalian lakukan adalah dengan mengatur Brightness Dan Contrast pada kondisi sedang atau normal. Tidak terlalu cerah dan tidak terlalu redup. Mata kalian itu lebih suka pada sesuatu yang normal, terlalu cerah tidak baik pada mata, sedangkan terlalu redup juga tidak terlalu baik pada mata.

Baca Juga :Cara Mengatasi Layar Smartphone Bergaris

Atur Time Off LCD

Ketika kalian tidak berada di depan laptop, kalian dapat mengatur Time Off LCD. Tujuannya adalah supaya LCD laptop tidak terus menyala di saat kalian tinggal. Kalian dapat mengaturnya dalam jangka waktu beberapa menit saja (Stand-by). Di samping membuat LCD lebih awet, cara ini juga bisa menghemat energy atau daya baterai Laptop.

Batasi Pemakaian Laptop

Jangan terlalu lama bekerja di depan laptop, maksimal penggunaan laptop adalah 5 Jam. Setelah 5 Jam, kalian bisa matikan laptop kalian. Diamkan selama 20 atau 30 menit, dan barulah kalian pakai laptop anda lagi.

Tujuan dari cara ini adalah supaya LCD laptop tidak terlalu panas, akibat terlalu lama menyala. Seperti yang saya katakan di atas bahwa LCD Laptop berbeda dengan LCD Desktop yang terbilang cukup tangguh.

Bersihkan LCD Dari Debu dan Kotoran Secara Teratur

Tips berikutnya yaitu dengan membersihkan LCD Laptop dengan cairan khusus secara teratur. Pakailah kain halus atau tisu untuk membersihkan laptop dari kotoran ataupun debu yang menempel. Minimal kalian bisa lakukan seminggu sekali.

Jangan Menutup Laptop Dalam Keadaan Panas

Menutup laptop dalam keadaan panas bisa mengakibatkan kerusahan pada LCD Laptop itu sendiri. Hal paling buruk yang bisa terjadi nantinya adalah terdapat garis-garis putih pada laptop.

Baca Juga : Cara Memakai Whatsapp Web di Laptop atau PC

Parahnya lagi, garis tersebu semakin lama akan semakin banyak. Oleh sebab itu, hindari menutup laptop dalam keadaan panas. Kalau memang tidak dipakai, sebaiknya matikan saja laptop kalian.

Perhatikan Saat Membuka dan Menutup Laptop

Setiap kali kalian membuka ataupun menutup laptop, sebaiknya lakukan dengan cara yang halus dan baik. Jangan terlalu kasar atau terlalu keras dalam menutup laptop supaya LCD laptop tetap aman dan tidak terjadi kerusakan.

Itu tadi penjelasan singkat tentang cara merawat LCD laptop supaya tetap awet dan tidak mudah rusak.

Semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian. Kalau ada sesuatu yang ingin kalian tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. 

 

Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.