Netflix Hadirkan Kunci Pin Profil Mencegah Akun Diretas

0

Apakah kalian memiliki akun Netflix? Kalau iya. Berarti kalian mempunyai layanan video on demand yang bisa kalian tentukan sendiri tayangan yang tepat dan bagus untuk kalian dan kelaurga. Tentu saja hal ini membuat Netflix akhirnya menghadirkan fitur untuk orang tua, Gaes.

Supaya bisa menjaga keamanan akun, tersiar kabar bahwa kini platform video streaming film Netflix sudah tersedia fitur pengatur kunci PIN dengan kode empat digit dalam masing-masing profil di satu akun pengguna.

Baca Juga : Tips Mengubah Android Jadi Remote .

Fitur PIN ini sendiri sudah berlaku untuk pengguna di India ataupun secara global. Tetapi sepertinya untuk Indonesia fitur PIN ini belum tersedia untuk perangkat smartphone. Kemungkinannya fitur ini hanya tersedia untuk pengguna premium televisi pintar.

Sedangkan untuk kehadiran fitur PIN ini adalah respon dari keinginan pelanggan Netflix. Di samping sebagai bentuk keamanan untuk kontrol orang tua dalam mengatur konten yang pantas bagi anak-anak di rumah, fitur ini hadir karena kondisi pemberlakuan karantina bagi negara tertentu untuk menghadapi COVID-19.

Michelle Parsons, Kids Product Manager, Netflix menyatakan, “Kami selalu percaya bahwa pilihan dan kontrol merupakan hal penting bagi anggota kami, terutama orang tua. Kami berharap kontrol tambahan ini, bersama dengan beragam serial dan film kami yangbebas iklan, memungkinkan orang tua membuat pilihan yang tepat untuk hiburan keluarga mereka.”

Baca Juga : Aplikasi Nonton Film di Smartphone .

Stephen Balkam, Founder & CEO, Family Online Safety Institute (FOSI), sebuah organisasi nirlaba internasional yang bertujuan menjadikan dunia online aman untuk anak-anak dan keluarga, mengungkapkan bahwa FOSI percaya keamanan aktivitas online menjadi perhatian khusus bagi semua orang – mulai dari anak-anak sampai orang tua lanjut usia. Kontrol Orang Tua dari Netflix memberikan para orang tua dan keluarga kemampuan untuk menentukan pengalaman menonton yang mereka inginkan untuk anak-anak mereka, serta membantu menjaga mereka tetap aman dan nyaman saat memakai Netflix.

PIN yang terdiri dari empat digit ini akan dimiliki oleh masing-masing profil di dalam satu akun Netflix dengan nomor unik yang berbeda-beda sesuai pengaturan masing-masing profil.

Baca Juga : Serial TV Tentang Kasus Penyebaran Virus yang Lebih Seram dari Corona Virus .

Di samping itu, fitur PIN ini tidak terbatas pada akun utama Netflix pengguna. Siapa pun yang mempunyai akses ke dalam kata sandi akun Netflix-nya bisa mengatur kunci PIN profil tersebut dimana bisa sampai lima profil sekaligus dalam satu akun.

Pengguna bisa mengaturnya pada bagian fitur kelola profil yang tersedia di bawah menu pengaturan. Bagi pengguna Netflix yang sudah mengaktifkan profil khusus untuk anak-anak bisa mengatur berbagai jenis konten yang boleh dikonsumsi.

Kini para orang tua dapat menambahkan kontrol baru yang lebih baik pada profil anak-anak mereka dengan masuk ke pengaturan akun pada perangkat seluler, TV, atau perangkat lain yang terhubung ke Internet melalui beberapa opsi berikut.

Pertama, melindungi profil individu dengan PIN untuk mencegah anak-anak mengaksesnya. Kemudian, menjadi filter untuk mencegah anak-anak menonton serial atau film yang tidak sesuai untuk kelompok usia mereka di profil anak. Filter-filter ini akan bervariasi berdasarkan negara dan tingkat usia yang berlaku.

Selanjutnya, menghapus serial atau film tertentu dari profil anak berdasarkan tingkat usia atau judul. Saat filter ini dipakai, judul yang diblokir tidak akan muncul dimanapun di profil tersebut.

Baca Juga : Cara Mengubah Facebook ke Tampilan Yang Baru

Kemudian, melihat semua pengaturan untuk setiap profil di pusat ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ dalam pengaturan akun. Juga melihat apa yang ditonton anak-anak dalam profil yang dibuat untuk mereka. Dan pastinya ada opsi untuk mematikan pemutaran otomatis di profil anak.

Lewat pengawasan tersebut, orang tua dan anak-anak bisa tetap nyaman menikmati konten favorit keluarga yang tersedia di Netflix, seperti film animasi pemenang penghargaan, ‘Klaus’, serial ‘Mighty Little Bheem’, atau program interaktif seperti ‘Carmen Sandiego: To Steal or Not to Steal’.

Nah, itu tadi info buat kalian para orang tua, kini bisa menonton bersama anak dengan memilihkan tayangan yang sesuai dengan umur mereka. Kalian juga bisa memantau mereka dengan PIN agar tidak membuka tayangan yang tidak sesuai umurnya.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.