Pakai Smartphone Cepat Tua?

0

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, juga informasi yang makin pesat, manusia makin produktif memproduksi perangkat eloktronik yang semakin hari semakin canggih. 

Perangkat elektronik tersebut memberi banyak kemudahan kepada manusia menyelesaikan segala pekerjaannya dan juga hobi serta kebutuhannya.

AKan tetapi, pernahkah kita berfikir? Semakin majunya teknologi, dengan hadirnya perangkat elektronik yang mempunyai teknologi yang canggih tersebut justru akan membuat penggunanya jadi tua cepat tua? Ini mitos atau fakta sebenarnya?

Gaes, dikutip dari berbagai sumber saya di sini akan memberikan 4 penyebab pemakaian perangkat elektronik atau lebih tepatnya smartphone yang kalian miliki saat ini. Kita ulas secara detail apakah pemakaian smartphone benar membuat manusia mempunyai potensi siklus penuaan yang lebih cepat dari seharusnya.

Penyebab Pengguna Smartphone Jadi Cepat Tua

Pertama, penyebab pengguna smartphone dapat cepat tua sebab kurangnya waktu tidur yang berkualitas. Hal ini karena hampir sebagian besar pengguna martphone akan membawa kemana saja perangkat elektronik canggih tersebut, bahkan sampai ke tempat tidur.

Disebabkan para pengguna keasyikan memakai gadget yang mereka punya di tempat tidur kemudian mereka tidak memperoleh waktu tidur yang cukup. Bahkan dengan kondisi tersebut akan menghasilkan kualitas tidur yang kurang baik. 

Dengan begitu, pada saat pengguna smartphone tersebut bangun tidru, maka kadar kortisol dalam tubuhnya akan meningkat, dan membuat badan menjadi lesu. Karena kondisi tersebut akhirnya akan menghasilkan lingkar hitam di mata dan garis halus di kulit pengguna smartphone.

Kedua. bisa menyebabkan leher menjadi sakit, sebab hampir semua pengguna memakai smartphone pasti dalam kondisi menunduk. Apabila hal ini akan berlangsung terus menerus dalam waktu yang lama, dikhawatirkan nanti akan memberikan masalah pada postur tubuh pengguna. Bahkan bisa meningkatkan resiko stress.

Yang ketiga adalah penuaan mata, penyebab dari pemakaian smartphone ini diketahui saat mengoperasikan perangkat canggih ini akan membuat kalian sebagai pengguna jarang berkedip. Hal ini mengakibatkan kurangnya kedipan mata dalam jumlah yang normal dan akan mengakibatkan masalah pada mata. Contohnya mata kering, pandangan kabur sampai sakit kepala.

Penyebab keempat yaitu bisa mempengaruhi memori atau daya ingat para pengguna smartphone. Ketika kalian memakai smartphone terlalu sering, hal ini akan membuat segalanya lebih mudah. Dengan kondisi tersebut maka pengguna tidak harus lagi mengingat banyak nomer telepon, memo atau catatan dan lain sebagainya.

Dalam keadaan tersebut jadinya membuat daya ingat manusia tidak lagi terasah. Hal ini akan membuat pengguna smartphone akan lebih mudah lupa atau pikun, walaupun ia belum lanjut usia.

Itulah efek buruk dari penggunaan gadget yang dapat membuat penggunanya lebih cepat tua. Alangkah baiknya untuk menggunakan gadget harus bijaksana dan sesuai dengan kebutuhan atau keperluan yang ada.

Demikian tadi beberapa penyebab yang bisa membuat kalian sebagai pengguna smartphone terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Tentu saja selain pola hidup dan sisi psikologis ya, Gaes. 

Oleh karena itu, sebisa mungkin pakailah smartphone seperlunya saja. Jangan sampai 24 jam full melihat smartphone, sampai lupa mengerjakan hal lain. Dan segala pekerjaan yang lain jadi terbengkalai, jari kalian kram, dan usia berkurang tanpa kita sadar karena sudah berganti pagi ke malam, begitu seterusnya.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk memakai semua perangkat elektronik sewajarnya. Cuci tangan setelah menyentuh smartphone dan jaga pola hidup kita agar selalu sehat dan berumur panjang untuk hal-hal yang baik.

Salam teknologi!

READ  AnTuTu Benchmark Hilang dari Google Play?

Leave A Reply

Your email address will not be published.