PDF Tidak Bisa Dicopy

0

PDF atau Portable Document Format sering dipakai oleh instansi, para siswa dan sebagai bagian dokumen elektronik. Jenis format dokumen ini sering dibuka pada browser, adobe reader dan software sejenis lainnya.

Dokumen ini sering digunakan untuk mengemas berbagai media elektronik seperti gambar, video, audio, teks dan sebagainya dan sering juga dipakai sebagai buku atau ebook.

Kelebihan file PDF ini karena sifatnya yang lebih dinamis sekaligus banyak fitur yang menunjang serta memudahkan suatu pekerjaan bagi penggunanya.

Sayangnya, kadang file dokumen pdf ini tidak bisa di copy meskipun kita bertujuan hanya untuk edukasi dan pembelajaran saja.

Hal ini kerap dilakukan pembuat file pdf untuk memproteksi supaya mengandung unsur hak cipta dan tidak mudah di copas oleh orang lain.

Cara Copy Teks PDF yang Diproteksi Tanpa Software

Salah satu penyebab mengapa pdf tidak bisa di salin ini biasanya sering terjadi karena file tersebut sudah terproteksi dan sudah dibuat kunci pengamannya. Akan tetapi kalian tenang saja. Mengatasi PDF yang tidak bsia dicopy itu mudah.

Cara pertama agar pdf bisa dicopy ini memakai situs web bernama unlock pdf. Kalian bisa melakukannya dengan membuka websitenya: https://www.unlock-pdf.com/. Jika sudah terbuka, klik menu Pilih File. Kemudian tap opsi tombol Unlock File

Tunggu sampai prosesnya selesai. Biasanya file pdf yang sudah dibuka akan terdownload secara otomatis.

Buka File PDF dengan Sodapdf

Cara kedua ini bisa kalian pilih jika situs pertama mengalami gangguan. Kalian bisa mencoba situs kedua ini untuk membuka proteksi teks pdf.

Pertamanya buka halaman situs https://www.sodapdf.com/unlock-pdf/. Jika sudah, kalian bisa memilih beberapa opsi untuk mengunggah file ke halaman tersebut. Ada drop file, choose file (dari file manager komputer) dan terakhir dapat memakai penyimpanan online dari google drive sama ondrive. Agar lebih cepat, kalian pilih opsi Choose File.

Nantinya akan muncul jendela file manager, pilih file PDF yang terproteksi. Lalu klik menu Open. Setelahnya tekan tombol Unlock dan tunggu beberapa saat maka proses akan selesai. Terakhir, kalian bisa memilih tombol download untuk mendapatkan file yang sudah terbuka itu.

Buka Teks PDF dengan IlovePDF

Jika kalian ingin membuka proteksi dari suatu file pdf yang kalian miliki sekaligus banyak secara online. Pakai saja situs ilove pdf ini.

Kalian harus  mengunjungi situs https://www.ilovepdf.com/unlock_pdf. Setelah itu pilih tombol Select PDF File. Atau juga bisa memakai langkah drag and drop serta dari google drive dan dropbox.

Pilih file yang ingin kalian buka kuncinya, lalu klik Open. Kemudian kalian tinggal pilih menu Unlock PDF  di sudut kanan bawah. Terakhir, tunggu proses sampai selesai, nanti file akan terunduh otomatis.

Buka Kunci Teks PDF dengan PDF2Go

Hanya mempunyai link pdf nya saja? Kalian bisa memanfaatkan situs PDF2GO ini.

Kalian bisa masuk ke halaman https://www.pdf2go.com/unlock-pdf. Kemudian pilih drop file, Choose File, masukkan URL lewat dropbox dan google drive.  Pilih salah satu, yang penting file pdf sudah terlampir di halaman web sana.

Tunggu proses uploudnya, lamanya tergantung dengan ukuran dari file pdf. Kemudian tekan tombol Start di bawah file pdf kalian. Maka berikutnya permintaan kalian akan segera di proses, dan secara otomatis file akan terdownload.

Membuka Proteksi Teks PDF dengan Sejda

Ingin lebih banyak opsi untuk download file ke situs agar pdf bisa dicopy? Gunakan situs sejda saja, Gaes.

Awalnya, kalian buka halaman https://www.sejda.com/id/unlock-pdf. Lalu pilih opsi Unggah File – File PDF. Atau kalian bisa memilih pilihan lain yaitu dropbox, google drive, input URL, dan onedrive.

Jika sudah, kemudian pilih tombol Buka Kunci PDF. Tunggu permintaan kalian sedang diproses.

Kelemahannya, situs ini tidak mendownload otomatis, jadi kalian tetap harus menekan tombol Unduh untuk mendapatkan filenya.

Sebagai catatan, proses cepat dan lambatnya membuat pdf bisa dicopy tergantung pada kecepatan internet dan besar kecilnya ukuran file tersebut.

File pdf terkunci ini bukan tanpa alasan lho, si pembuat itu membuat kunci pada file nya supaya orang – orang tidak dapat menyalin sembarangan yang lebih condong mempunyai hak cipta. Karena itu, kalian harus memakai cara tersebut dengan bijak dan sebelum membuka proteksi teksnya kalian wajib ijin ke pembuat untuk menyalin sebagian atau seluruh teks yang kalian perlukan.

Itulah beberapa cara membuka teks PDF yang tidak bisa dicopy. Semoga bermanfaat ya, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.