Pemasaran Produk Lewat Instagram yang Efisien dan Menghasilkan

0

Memulai usaha online bisa menjadi sebuah awalan bagi kalian yang sudah mmepunyai usaha sejak lama. Keputusan untuk merambah di dunia online pun merupakan langkah yang sudah sewajarnya kalian lakukan. Salah satunya adalah dengan mmepunyai website dan membeli alamat domain dari daftar domain murah yang tersedia pada layanan web hosting.

Kalau kalian termasuk orang yang awam dengan dunia website, kalian bisa mulai belajar membuatnya dengan mencari cara membuat website toko online yang sederhana. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

Akan tetapi website saja tidak cukup. Kalian juga harus memperkaya wawasan seputar digital marketing dengan memahami media sosial sebagai salah satu tools pemasaran, seperti pemakaian Instagram untuk kegiatan jual-beli online.

Apakah kalian tahu jika saat ini pengguna aktif dari Instagram ada lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia? Separuh dari jumlah itu, mengakses Instagram setiap hari lebih dari sekali. Melihat data statistik itu tampak jelas jika media sosial foto ini sangat berpotensi untuk melakukan jualan produk.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Sukses Dengan 10 Langkah Mudah

Menariknya lagi, penggemar dari Instagram adalah young adult atau para dewasa muda dengan usia antara 17-35 tahun. Usia ini biasanya sangat produktif khususnya dalam hal belanja. Ditambah lagi dalam sehari, satu orang bisa menghabiskan waktu di Instagram lebih dari 30 menit untuk berselancar disana.

Apabila kalian ingin menjual produk dan menggunakan Instagram, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan.

Permak Profil Dahulu

Jika kalian ingin berjualan di Instagram, permak profil kalian dahulu. Jika profil kalian tidak lengkap atau tidak ada sama sekali, seseorang juga akan malas untuk melakukan pembelian. Ditambah lagi kontak kalian tidak ada, tautan juga tidak benar.

Kalian juga harus memastikan ada informasi sehubungan dengan produk pada profil entah itu kelebihan, tagline, atau informasi tentang pengiriman. Semua harus kalian tulis dengan baik supaya calon pembeli membacanya dan merasa lebih aman saat melakukan transaksi dengan kalian.

Baca Juga : Keren Sekarang Bisa DM Instagram Lewat Desktop

Profil juga berkaitan dengan foto. Pakailah logo dari merek atau apa saja yang berhubungan dengan produk. Semakin menarik profil kalian, calon pembeli juga nyaman saat mencari informasi dan berlama-lama melihat produk kalian.

Membuat Postingan yang Relevan

Kalian bisa melakukan teknik pemasaran online lewat postingan yang relevan. Postingan yang relevan berkatitan dengan produk yang kalian jual. Contohnya kalian menjual produk makanan seperti olahan ikan. Buatlah postingan berhubungan dengan ikan seperti manfaat dan kelebihannya.

Jika kalian sudah mempelajari teknik copywriting, berikan promosi halus saat membuat konten. Audiens biasanya suka deskripsi atau caption yang menarik dan memberikan banyak informasi.

Memberikan Link ke Website

Membuat website sangat penting untuk kalian pasangkan dengan Instagram. Diambah lagi tidak semua hal bisa kalian lakukan dengan mudah lewat foto saja. Deskripsi juga terbatas dan tidak bisa interaktif. Kalian dapat memberikan tautan pada bagian bio atau profil.

Baca Juga ; 4 Aplikasi Download Video di Instagram

Ketika kalian membuat Instagram Story, kalian juga bisa memberikan tautan di sana. Saat audiens masuk ke website, mereka bisa melakukan pembelian seperti biasa.

Buatlah website yang sederhana, tapi tetap menarik untuk dipakai sebagai tempat belanja & mencari informasi.

Membuat Promosi Khusus

Cara paling mudah untuk menarik calon pembeli adalah dengan memberikan promosi menarik. Cotnohnya kalian membuat promosi khusus Instagram dengan potongan harga, subsidi ongkos kirim, atau ada bonus lain. Promosi yang menarik bisa menarik banyak pembeli memesan produk kalian.

Baca Juga : Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

Promosi juga bisa kalian lakukan dengan membuat semacam giveaway. Kalian bisa mengajak banyak orang untuk ikut dengan syarat melakukan mention teman. Cara ini cukup mudah dan peluang berhasil cukup tinggi.

Beriklan di Instagram

Cara terakhir memasarkan produk secara online di Instagram adalah dengan beriklan. Kalian bisa menentukan bujet yang kalian pakai untuk beriklan, lalu tentukan target audiens supaya promosi bisa tepat sasaran.

Beriklan mempermudah kalian melakukan pemasaran online pada orang yang bukan dari lingkar pertemanan. Di samping itu, promosi juga bisa meningkatkan follower yang memang mmepunyai ketertarikan dengan produk atau jasa yang kalian jual.

Kalian bisa mempraktekkan cara-cara di atas dengan perlahan dan tentunya selalu memperhatikan kondisi pasar, khususnya apa yang sedang trend saat ini. 

 

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.