Penyebab Charger Laptop Atau Adapter Rusak

0

Sebelum kita melakukan sebuah Aktivitas dengan menggunakan Laptop, pastinya kita akan memerlukan sebuah Charger. Sudah seperti yang biasa kita lakukan, kita juga perlu mengisi ulang daya laptop tersebut dengan menggunakan Charger apabila Baterai Laptop tersebut Habis. Lalu, Apa Penyebab Charger Laptop Atau Adapter Rusak?

Tanpa adanya Charger, maka laptop yang kita gunakan tersebut tidak akan bisa digunakan. Jika pada saat baterai Laptop tersebut Drop dan kita tidak membawa Charger tersebut, maka tidak ada cara yang bisa kita lakukan lagi pada laptop kita.

Cobalah sentuh adapter pada Charger Laptop kalian pada saat sedang mengisi daya Laptop tersebut, Apakah Hangat atau Panas?

Setiap suhu panas yang dikeluarkan dari charger tersebut bisa menjadi sebuah indikasi, apakah charger yang kalian punya tersebut bermasalah atau tidak.

Bila kalian sudah pegang terasa hangat, maka adaptor tersebut masih bisa dikatakan Normal. Hal ini cukup wajar sekali karena sudah memang seperti itu, adaptor yang terhubung dengan sebuah sumber listrikpasti akan menerima panas.

Jika kalian masih penasaran, coba kalian cek sendiri lebih lanjut dan nilai sendiri tentang panasnya tersebut.

Penyebab Charger Laptop Atau Adapter Rusak

Jika semakin lama kalian menggunakan Laptop, semakin panas juga suhu yang ada pada Adaptor tersebut.Akan tetapi, jika charger yang kalian pegang sangat panas dan sampai membuat tangan kalian memerah setelah memegangnya. Jika hal ini sampai terjadi, bisa jadi ada sebuah masalah atau kerusakan pada beberapa komponen Adaptor tersebut.

Pada penjelasannya kali ini kami akan memberikan beberapa hal yang membuat Charger atau Adapter Laptop menjadi sangat panas. Langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Tegangan dan Pemasukan Listrik yang sangat besar

Sesekali kalian cek stiker yang ada pada charger laptop tersebut. Kalian juga perlu memeriksa tegangan Maksimum yang diterima oleh charger tersebut.

Jika kalian melihat tegangan Maksimal pada Charger Laptop tersebut mempunyai Maksimal 220 Volt, maka sudah dipastikan dengan baik gunakan tegangan yang digunakan adalah 220 Volt. Jangan sampai lebih dari kapasitas tersebut, misalnya lebih dari 240 Volt.

Jika charger Laptop cepat panas, hal ini akan membuat Usia charger tersebut lebih cepat wafat.

  1. Kerusakan pada Konektor Charger

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat Charger Laptop menjadi lebih cepat panas adalah mungkin ada beberapa kerusakan pada Konektor Charger tersebut. Apabila konektor yang berfungsi sebagai penghubung charger dengan laptop mengalami masalah, maka bisa menyebabkan adaptor charger menjadi panas.

Pada bagian konektor Charger pada umunya akan ada sebuah pin logal atau tembaga, bagian yang satu ini adalah yang sering sekali mengalami sebuah kerusakan.

Bila terjadi beberapa masalah pada Konektor, maka pasokan daya yang akan diterima Laptop akan terganggu. Daya yang dikeluarkan nantinya akan kembali kedalam Adaptor.

  1. Kerusakan pada Adaptor Charger Laptop

Komponen yang bernama Adaptor ini mempunyai sebuah Fungsi untuk menahan daya belebihan masuk dari sumber listrik dan mengalirkan daya sesuai keperluan.

Jika kita menggunakan charger tersebut dalam waktu yang lama, biasanya Charger akan mulai terasa hangat. Namun jika rasanya melampaui batas hangat atau sudah panas, mungkin ada sebuah kerusakan pada komponen di dalam Adaptor tersebut.

Kemungkinan yang terjadi pada kerusakan tersebut ada pada bagian Trafo atau komponen yang lebih kecil seperti transistor, kapasitor atau diode.

  1. Spesifikasi dan Kualitas Charger yang tidak sesuai

Hal terakhir ini sudah ada banyak orang yang terlalu menyepelekan hal tersebut, padahal ini cukup penting untuk di perhatikan.

Jika kalian menggunakan Charger laptop yang asli dari awal pembelian, maka tidak perlu khawatir. Yang akan menjadi sebuah permasalahan adalah jika menggunakan Charger laptop yang bukan bawaan dari Laptop tersebut.

Adakalanya nilai-nilai dan keterangan yang terdapat pada stiker belum tentu benar atau mungkin kualitas komponennya tidak memenuhi standar minimum.

 

READ  Cara Menggunakan Anonymox

Nah, itulah beberapa hal yang membuat charger laptop kalian menjadi cepat panas. Jika kalian mengalami beberapa hal ini, lebih baik kalian periksakan Charger tersebut atau perlu beli baru yang mempunyai merek sama dengan laptop kalian.

Terima Kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.