Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan IndiHome

0

Mungkinkah kalian salah satu dari sekian orang yang berfikir bahwa jika seseorang sudah berlangganan internet fiber, maka koneksinya mantap jiwa, alias lancar tanpa gangguan? Tidak sepenuhnya benar loh. Sebenarnya, tidak berbeda jauh dengan jaringan internet dari kartu provider yang kalian pakai di smartphone, internet fiber seperti IndiHome juga cukup sering mengalami gangguan loh, Gaes. Baik dari koneksi internet yang tiba-tiba melambat, sampai tidak bisa terkoneksi sama sekali ke internet.

Sedangkan, seperti yang kalian tahu bahwa harga paket internet IndiHome itu tidak bisa dikatakan murah. Sayang bukan sudah bayar mahal, koneksi sama saja?

Karena itulah, jika kalian juga sedang mengalami masalah ini, saya akan mengajak kalian bareng buat bahas cara mengatasi internet IndiHome gangguan lengkap dengan penyebab dan cara pengaduannya.

Penyebab Gangguan IndiHome 

Kita sudah pasti tahu ya, zaman sekarang ini koneksi internet seolah sudah menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang. Bahkan mendekati kebutuhan primer yang wajib dipenuhi agar pekerjaan dan hidup kita lebih berwarna dan rapi terselesaikan tepat waktu.

Dengan internet, kita semua pun dapat melakkan berbagai aktivitas dengan lebih mudah dan praktis. Oleh sebab itu, ketika koneksi internet IndiHome bermasalah maka kondisi itu pun akan berefek kepada aktivitas penggunanya yang ikut terganggu.

Sebenarnya apa sih yang jadi penyebab IndiHome mengalami ganggauan? Di bawah ini adalah jawaban yang bisa saya berikan untuk kalian.

Perbaikan atau Pemeliharaan Jaringan Internet

Penyebab pertama biasanya memang karena IndiHome sedang dalam proses perbaikan atau pemeliharaan jaringan. Pastinya kalian tidak mau kan sudah bayar mahal, kualitas jaringa lelet? 

Sebab itulah kenapa setiap perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan internet sering melakukan pemeliharaan atau perbaikan jaringan, termasuk IndiHome ini. 

Apabila internet lancar, kalian juga bisa nonton film di Netflix sampai puas.

Ada Kerusakan Pada Modem IndiHome

Penyebab IndiHome mengalami gangguan selanjutnya adalah adanya kerusakan pada kabel optic atau perangkat modem IndiHome yang dipasang di rumah kalian.

Hanya saja, untuk meyakinkan kalau gangguan memang disebabkan oleh perangkat modem tersebut, kalian bisa cek dulu lampu indikator yang umumnya ada pada perangkat. Jika ternyata aman-aman saja, kalian bisa mengatasinya dengan cara-cara yang akan saya jelaskan lebih rinci nantinya di bagian bawah.

Belum Melunasi Tagihan

Siapa yang pernah ngomel-ngomel karena internet IndiHome tiba-tiba nggak bisa digunakan padahal kamu sendiri yang belum bayar tagihan IndiHome?

Kondisi ini juga nih yang seringkali menjadi penyebab IndiHome gangguan tanpa disadari oleh penggunanya, geng.

Meskipun biasanya penyedia layanan sudah memberikan tenggat waktu untuk melunasi tagihan, tapi kalau sudah melewati batas waktu yang ditentukan maka internet IndhiHome kamu deh yang jadi taruhannya.

Cara Mengatasi IndiHome Gangguan

Jika tadi kita sudah tahu beberapa penyebab terjadinya gangguan koneksi internet IndiHome, sekarang bagaimana cara mengatasinya?

Tenang. Jangan panik. Meskipun masalah ini memang membuat kesal, apalagi ketika internet terputus saat kalian sedang asyik nonton streaming fillm, kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut.

Restart Modem

Cara mengatasi gangguan internet IndiHome yang pertama adalah dengan melakukan restart modem IndiHome yang kalian pakai. Kemudian tunggu selama kurang lebih 3 menit sebelum dinyalakan ulang.

Selanjutnya, kalian coba hubungkan lagi perangkat smartphone, laptop, atau lainnya yang kalian pakai ke jaringan internet IndiHome. Walaupun terdengar sepele, tapi kenyatannya cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut.

Panggil Teknisi IndiHome

Jika kalian berfikir kalau gangguan disebabkan adanya kerusakan pada kabel optic atau komponen modem IndiHome yang terpasang di rumah, maka lebih baik jika kalian segera memanggil teknisi IndiHome untuk melakukan pengecekan.

Cara ini sebetulnya adalah salah satu yang paling ampuh dan efektif sebab permasalahan ditangani langsung oleh ahlinya. Hanya saja, kalian harus lebih bersabar karena kadang teknisi tidak bisa langsung datang dan memperbaiki permsalahan pada perangkat IndiHome kalian.

Sembari kalian menunggu koneksi internetnya pulih lagi, kalian bisa isi aktivitas dengan main game atau yang lainnya.

Bayar Tunggakan Tagihan

Apabila permasalahan gangguan IndiHome atau terputus karena kalian belum membayar tagihan, cara mengatasinya hanya satu saja yaitu dengan membayar tunggakan.

Kalian masih bisa bayar tunggakan tersebut untuk bisa menikmati lagi jaringan internet IndiHome dengan lancar. Hanya saja saya juga belum tahu apakah kalian akan kena denda jika telat bayar taguhan.

Lapor Gangguan ke Pusat Bantuan IndiHome

Cara mengatasi IndiHome gangguan yang terakhir yaitu dengan melaporkan keluhan gangguan ke pusat bantuan IndiHome.  Kalian dapat mengajukan laporan mulai dari laporan lewat akun media sosial resmi IndiHome sampai lewat nomor telepon khusus pengaduan.

Nah, demikianlah beberapa penyebab dan cara mengatasi gangguan Indihome terkait  koneksi jaringan internet.

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.