Perbandingan DVD R dan DVD RW

Kapasitas dari media ini dapat menampung file sampai 4,7 GB. Jauh lebih besar daripada teknologi sebelumnya, yaitu VCD (Video Compact Disc) yang hanya memiliki kapasitas 700 MB saja.

0

DVD (Digital Versatile Disc) sendiri merupakan sebuah media yang biasa dipakai untuk menyimpan data dengan ukuran besar.

Apakah sama antara DVD R dan DVD RW? Dilihat dari namanya yang hanpir sama, apakah keduanya juga mempunyai kegunaan yang sama?

DVD (Digital Versatile Disc) sendiri merupakan sebuah media yang biasa dipakai untuk menyimpan data dengan ukuran besar, misalnya software, game maupun video.

Kapasitas dari media ini dapat menampung file sampai 4,7 GB. Jauh lebih besar daripada teknologi sebelumnya, yaitu VCD (Video Compact Disc) yang hanya memiliki kapasitas 700 MB saja.

DVD ini memiliki dua jenis. Yaitu yang sifatnya permanent dan dapat ditulis ulang.

Mengenal Jenis DVD-R dan DVD-RW

Kedua jenis DVD tersebut memiliki sebutan tersendiri. Yaitu DVD-R (Read) dan DVD RW (Read Writeable). Berikut penjelasannya.

DVD R

DVD-R (Digital Versatile Disc Read) adalah media kaset yang hanya mmepunyai kemampuan membaca saja. Apabila kalian menggunakan DVD jenis ini, maka proses burning hanya dapat dilakukan sekali.

Sesudah itu file-file yang ada di DVD hanya dapat dibuka, tidak bisa ditambahkan, dihapus maupun diganti dengan data yang lain.

DVD-R sangat sering digunakan. Sebab di samping murah, juga cocok digunakan untuk menyimpan data-data misalnya aplikasi, game dan sebagainya yang sifatnya permanen.

DVD RW

DVD-RW (Digital Versatile Disc Read Writable) merupakan media kaset yang memiliki kemampuan membaca dan menulis ulang.

COntohnya jika kalian sebelumnya pernah melakukan burning DVD, file-file yang ada di DVD tersebut bisa kalian ganti dengan yang lain.

Sebab harganya yang lebih mahal, DVD-RW lebih umum digunakan sebagai media backup file, untuk menyimpan berkas, dan lainnya.

Tapi harus diingat, walaupun dapat ditulis ulang, ada batasan burningnya (sekitar beberapa kali).

Perbandingan DVD-R dan DVD-RW

Lewat penjelasan di atas, harusnya perbandingan antara DVD-R dan DVD-RW sudah dapat kalian ketahui.

DVD-R hanya dapat digunakan sekali (untuk data-data yang sama), sementara DVD-RW bisa digunakan berkali-kali untuk menyimpan data berbeda.

Dua Tipe DVD Tambahan Lainnya yang Harus Diketahui

Sebelumnya yang dibahas merupakan jenis DVD yang biasa ditemui. Nah, di samping itu ada tipe tambahan dari dua jenis DVD tadi. 

DVD -R (Single Session Disc)

Artinya kalian tidak dapat menambahkan file lain walaupun kapasitas penyimpanan pada DVD masih tersedia.

Misal kalian burn file ke DVD, dengan size 3GB dari total 4.7GB. Maka 1.7GB sisanya sudah menjadi bagian dari DVD tersebut.

DVD +R (Multi-Session Disc)

Artinya kalian dapat menambahkan file baru pada DVD asalkan kapasitasnya masih cukup. Dengan catatan file awalnya yang sudah ada tidak dapat kalian hapus.

Sederhananya jika kalian baru memasukkan file 2GB dari total 4.7GB, sisa file yang diinginkan dapat kalian burn lain waktu.

Penggunaan DVD sebagai media penyimpan data, sekarang ini masih banyak. Utamanya untuk media backup, aplikasi, game, data media sampai berkas-berkas penting.

Penjelasan di sini ditujukan untuk kalian yang ingin menggunakan media DVD, tapi masih bingung apa perbedaan jenis-jenisnya. Utamanya DVD-R dan DVD-RW.

Jika ada ada pertanyaan, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips tersaji, yang bisa menjadi solusi masalah teknis yang kalian alami saat ini. 

Ada juga review game terbaik dan juga perangkat mobile atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi. Semoga bermanfaat dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.