Perbandingan Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Kedua perangkat ini mengusung bezel layar yang cukup tipis di kelasnya. Keduanya diberikan casing belakang dengan finishing glossy dengan konsep desain yang sedikit berbeda.

0

Vivo Y12s tampil dengan desain mewah dengan casing belakang yang dinamis. Sementara Vivo Y1s masih memakai gaya desain casing belakang bergradasi dengan finishing glossy. 

Vivo Indonesia kemarin merilis smartphone entry level, yaitu Vivo Y1s dan Vivo Y12s. 

Kedua smartphone ini sama-sama dipasarkan dengan harga di bawah 2 juta dan ditenagai SoC MediaTek Helio P35. 

Vivo Y12s tampil dengan desain mewah dengan casing belakang yang dinamis. Sementara Vivo Y1s masih memakai gaya desain casing belakang bergradasi dengan finishing glossy. 

Yang membuat bimbang yaitu harga Vivo Y1s dan Vivo Y12s ini hanya selisih Rp 300 ribu saja. 

Jadi, bagaimana membandingkannya agar tahu harus memilih yang mana? Langsung cek kuy!

Desain Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y1s ataupun Vivo Y12s sama-sama mengusung desain modern dengan poni minimalis atau teardrop atau waterdrop design. 

Kedua perangkat ini mengusung bezel layar yang cukup tipis di kelasnya. Keduanya diberikan casing belakang dengan finishing glossy dengan konsep desain yang sedikit berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok antara Vivo Y1s vs Vivo Y12s yaitu bentuk housing kamera dan varian warna yang tersedia. Vivo Y12s hadir dengan housing kamera lebih modern memanjang secara vertikal, dan hadir dalam dua varian warna, yaitu Glacier Blue dan Phantom Black. 

Sementara Vivo Y1s rilis dengan satu buah kamera tanpa housing dan memakai casing belakang bergradasi yang hadir dalam dua varian warna, yaitu Olive Black dan Aurora Blue.

Layar Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y12s menawarkan layar sentuh lebih besar dari Vivo Y1s, dengan ukuran 6,51 inci Ultra All Screen yang menyematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) berresolusi HD+ 720 x 1600 piksel yang memberikan kerapatan hingga 270 piksel per inci yang cemerlang.

Sementara Vivo Y1s menawarkan layar sentuh ukuran lebih kecil dari Vivo Y12s, dengan 6,22 inci Ultra All Screen aspek rasio 20:9 yang disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) berresolusi HD+ 1560 x 720 piksel yang memberikan kerapatan hingga 276 piksel per inci.

Performa Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y1s dan Vivo Y12s sama-sama ditenagai SoC MediaTek Helio P35 octa-core, tetapi performa keduanya berbeda. 

Vivo Y12s lebih unggul dengan RAM 3GB. Sementara Vivo Y1s didukung RAM 2GB sehingga kurang responsif saat banyak aplikasi terinstal atau dijalankan.

Kamera Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y12s unggul dengan dukungan dua buah kamera belakang. Kamera utama 13MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI CMOS 1/3 inci 1.12um piksel yang dikuatkan fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Untuk kamera kedua 2MP dengan lensa aperture f/2.4 yang berguna sebagai depth sensor. Kombinasi kedua kamera belakangnya bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh atau portrait mode yang menawan.

Sedangkan Vivo Y1s hanya mengandalkan satu kamera belakang saja berkekuatan 13MP dengan lensa aperture f/2.2 yang memakai sensor BSI 1/3.1 inci 1.12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera Depan Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y12s kembali unggul dengan dukungan kamera depan yang lebih superior untuk foto selfie, berresolusi 8MP dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/1.8 untuk memuaskan hasrat selfie pengguna. 

Di sisi lain, Vivo Y1s hanya didukung kamera depan resolusi 5MP dengan sensor BSI CMOS 1/5 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/1.8.

Baterai Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y12s  lebih unggul dengan baterai kapasitas lebih besar yaitu 5000mAh. Sementara Vivo Y1s hanya dibekali baterai kapasitas 4030mAh. 

Kedua smartphone ini sudah didukung charging dengan daya 10W tanpa kehadiran fitur fast charging.

Sensor Sidik Jari Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Keunggulan lain Vivo V12s yaitu hadirnya fitur keamanan sensor sidik jari yang ada di sisi samping dan terintegrasi dengan tombol power. Sayangnya, Vivo Y1s tidak dilengkapi fitur keamanan sensor sidik jari.

Harga Vivo Y1s vs Vivo Y12s

Vivo Y12s RAM 3GB ROM 32GB dibanderol dengan harga Rp 1.999.000. Sedangkan harga Vivo Y1s yang dibekali RAM 2GB dan ROM 32GB dibanderol dengan harga 300 ribu lebih murah dari Vivo Y12s, yaitu Rp 1.699.000.

Berdasarkan ulasan di atas, Vivo Y12s lebih layak dipilih. Sebab desain yang lebih fresh, kamera yang lebih mumpuni, baterai lebih besar, dilengkapi fitur sensor sidik jari, dan performa yang lebih baik. 

Sementara Vivo Y1s itu seperti sebuah downgrade dari Vivo Y12s dengan RAM yang lebih kecil dan dipangkas beberapa fiturnya.  Semua kembali kepada pilihan masing-masing ya, Gaes. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.