Perbedaan Antara Mode MTP dan PTP di Android

0

Dalam setiap perkembangan teknologi dan perubahan zaman, akan selalu ada perangkat baru yang diciptakan. Tentunya, dengan segala spesifikasi dan kecanggihan yang mempermudah segala kebutuhan setiap orang membuat teknologi baru tersebut menjadikan banyak orang memperhatikannya.

Setiap kali kalian menyambungkan Android kalian ke Komputer atau Laptop, pastinya pada Android kalian sendiri akan muncul beberapa opsional tentang pilihan dari sambungan USB tersebut.

Baca Juga : Membuat Dark Mode Google Play Store

Pada smartphone Android akan ada beberapa pilihan di antaranya seperti Perangkat Media (MTP), Kamera (PTP) sampai Pasang Kartu SD dan Mengisi Daya. Lalu apa sebenarnya maksud dari MTP dan PTP ini?

Setiap smartphone dibekali dengan fitur dan fungsi yang berbeda-beda, dan bagi kalian yang belum paham maksud dari Perangkat Media (MTP), Kamera (PTP) maka saya akan menjelaskan dengan cara yang sederhana dan mudah kalian pahami.

Semua perangkat Android mempunya fitur ini seperti Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, Smartfren Andromax, Advan, Acer, Huawai, OnePlus, Meizu, Vivo, ZTE, dan sebagainya.

Pengertian MTP

MTP merupakan singkatan dari Media Transfer Protocol yang menjadi protokol untuk proses transfer audio atau media digital dari Android atau portable device ke komputer melalui proses sinkronisasi. Pilih cara ini jika kalian ingin melakukan transfer media digital seperti lagu dari Android ke Komputer dengan menggunakan Windows Media Player atau program sejenis.

Tujuan dari adanya fitur ini adalah kalian dapat mengirim atau mentrasfer file dari Komputer ke Android dengan sangat mudah dan cepat.

Baca Juga : Mengaktifkan Dark Mode Para Chrome

Di samping itu, kalian juga dapat mengkases file musik atau media di Android dari Komputer tanpa harus memindah file lebih dahulu. Hanya sayangnya, kalian tidak dapat mentransfer data dari Komputer ke Android melebihi ukuran 4GB.

Pengertian PTP

READ  Perbedaan Reset dan Restart pada Smartphone Android yang Harus Kalian Tahu

PTP merupakan singkatan dari Picture Transfer Protocol yang artinya kalian dapat memindahkan gambar atau picture dari Android ke Komputer dengan sangat mudah dan cepat.

Cara ini sangat ampuh jika kalian ingin memindah banyak foto dari Android ke Komputer. Di samping itu, cara ini juga dapat kalian sambungkan ke kamera Android. 

Apabila Komputer kalian terinstall Driver kamera dan mendukung kamera android maka dengannya kalian dapat mencoba kamera android tersebut dan mengontrolnya melalui komputer.

Baca Juga : Tampilan Baru Facebook Mirip Twitter Plus Dark Mode

Kesimpulannya, mode MTP ini bisa kalian pakai untuk memindahkan atau transfer data seperti contohnya Lagu, Video, File dokumen, dan lainnya yang kalian inginkan.

Sedangkan PTP adalah mode yang bisa kalian pakai untuk memindah foto atau menjadikan Android sebagai kamera Komputer atau Laptop.

Itu tadi penjelasan singkat tentang perbedaan antara MTP dan PTP di smartphone android.

Itu tadi penjelasan singkat sehubungan dengan perbedaan antara MTP dan PTP di smartphone android. Semoga bisa membantu. 

Baca Juga : Keren …. Fungsi Airplane Mode Yang Kalian harus Tahu

Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis lewat kolom komentar yang ada di bawah ini.

Kalian juga jangan lupa untuk terus update berita dan informasi terbaru baik dari dalam dan luar negeri seputar ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya hanya di techjak.com. Ada banyak tips-tips keren yang bisa menjadi solusi setiap masalah yang kalian alami, review game terbaik dan juga perangkat mobile terbaru atau pun informasi yang lain yang pastinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua.

Sampai bertemu lagi di artikel yang lainnya. Selamat mencoba cara tadi, Gaes.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.