Perbedaan Meeting Online dan Webinar untuk Pengguna Video

0

Perubahan zaman dan bumi yang sampai saat ini masih belum pulih dari wabah Covid19 membuat banyak manusia terpaksa beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Salah satunya adalah bagaimana cara belajar atau bekerja dari rumah memakai platform video konferensi.

Dengan video konferensi, memberi para pendidik dan bisnis peluang untuk belajar, berbagi, dan berinteraksi lintas jarak, baik daerah atau negera sekalipun.

Menurut beberapa sumber, unduhan aplikasi video konferensi melewati 62 juta unduhan di iOS dan Google Play selama 14-21 Maret 2020 di seluruh dunia. Dan ini merupakan minggu tertinggi yang pernah ada.

Baca Juga : Kerja Dari Rumah Pakai Aplikasi Zoom Cloud Meeting Di PC atau Laptop

Naik 45% dari minggu sebelumnya, pertumbuhan tertinggi di antara semua kategori di seluruh toko aplikasi digabungkan pada minggu itu dan naik 90% dari rata-rata mingguan unduhan aplikasi Bisnis pada tahun 2019.

Naiknya persentase tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini menjadi kebutuhan primer bagi perorangan ataupun bisnis.

Yang menarik, walaupun pemakaian video konferensi di dunia begitu tinggi, ternyata masih banyak yang menganggap bahwa meeting online dengan webinar adalah hal yang sama. 

Benar juga sih, meeting online dan webinar memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan audiens yang tersebar di seluruh dunia, tetapi sebenarnya keduanya mempunyai perbedaan tujuan.

Baca Juga : Cara Install dan Fitur2 Zoom Meeting

Dari Yudhi Kukuh, IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia mengungkapkan bahwa  hal yang sederhana dan terlihat sepele sebenarnya dapat memberi pengaruh pada persepsi orang lain. Seperti meeting online dan webinar, keduanya tentu punya kesamaan sebagai fitur dalam video konferensi. Tetapi perbedaan mereka sangat mendasar dalam fungsi pemakaian sehingga jika salah pemahaman, tentu bisa merusak konsentrasi dan menimbulkan banyak masalah saat acara video konferensi sedang berlangsung.

Yudhi juga menghimbau untuk memilih applikasi sesuai keperluan dan metode komunikasi yang dibutuhkan, bukan hanya berdasarkan harga.

Walaupun ada banyak kesamaan dalam bagaimana online meeting dan webinar dilakukan, perbedaan tujuan memisahkan kedua cara tersebut. Berikut perbedaannya.

Meeting Online

Online meeting bertujuan untuk melakukan diskusi dan kolaborasi lewat web memakai audio, video, dan berbagi layar. Acara ini diselenggarakan oleh host, dan dihadiri oleh peserta yang diundang oleh host.

Baca Juga : Cara Unistall Aplikasi Zoom

Setiap orang dalam rapat bisa mendengarkan dan berbicara satu sama lain dan bisa melakukan interupsi suara atau gambar. Posisi penyelenggara sangat penting untuk mengatur lalu lintas suara dan gambar yang akan muncul.

Webinar

Webinar atau seminar web merupakan sesi informatif yang disiarkan lewat web untuk mengedukasi individu yang tertarik untuk mempelajari subjek tertentu. Penyelenggara webinar membuat webinar dan mempromosikannya di antara audiens target mereka lewat email, media sosial, situs web, dan blog. Orang-orang yang tertarik bisa mendaftar untuk webinar dan menghadirinya pada waktu yang dijadwalkan.

Ketika webinar berlangsung, penyelenggara mengemukakan presentasi kepada audiens. Peserta tetap dalam mode hanya mendengarkan. Mereka bisa mengetik dan mengajukan pertanyaan kepada penyelenggara memakai opsi Tanya Jawab di jendela webinar.

Sementara peserta meeting online bisa aktif berkomunikasi satu sama lain, peserta webinar tidak berkomunikasi di antara mereka sama sekali.

Baca Juga : Cara Video Call Gratis Google DUO sampai 12 Orang

Dengan memahami perbedaan keduanya diharapkan para pengguna video konferensi bisa melakukan kegiatan tele konferensi lebih terarah dan penggunaannya untuk tujuan yang tepat sehingga bisa lebih produktif saat melakukan kegiatan dari dari rumah apakah itu untuk belajar atau bekerja.

Ada beberapa tips agar kalian bisa menjaga keamanan selama online. Yaitu dengan selalu update aplikasi webinar atau online meeting, upadte OS, menggunakan fasilitas regsitrasi pada webinar, memakai waiting room jika tersedia, memakai password untuk akses acara. Membuat Kunci atau lock acara kalau semua peserta sudah hadir untuk menghindari penyusup. Dna terakhir, pakailah produk Internet Security yg tangguh dan selalu update serta tidak memperberat komputer selama kerja.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

 

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.