Perbedaan Spesifikasi OPPO A15 vs OPPO A53

Oppo sendiri awalnya sudah menghadirkan smartphone Oppo A53 dengan harga 400 ribu lebih mahal dari Oppo A15. Memangnya apa perbedaan Oppo A15 vs Oppo A53? Bagus yang mana untuk kalian pilih? Langsung cek kuy!

0

Smartphone harga 2 jutaan saat ini mempunyai persaingan yang sengit. Ini karena Oppo A15 sudah rilis dan ikut bertanding di pasar smartphone entry level membuat persaingan makin ketat.

Pasar smartphone harga 2 jutaan saat ini mempunyai persaingan yang sengit. Ini karena Oppo A15 sudah rilis dan ikut bertanding di pasar smartphone entry level membuat persaingan makin ketat.

Untuk performa, Oppo A15 mengandalkan SoC MediaTek Helio P35 yang cukup tangguh untuk komunikasi sehari-hari. Oppo sendiri awalnya sudah menghadirkan smartphone Oppo A53 dengan harga 400 ribu lebih mahal dari Oppo A15. 

Memangnya apa perbedaan Oppo A15 vs Oppo A53? Bagus yang mana untuk kalian pilih? Langsung cek kuy!

Desain

Pada tampilan desain, tampak perbedaan konsep desain antara Oppo A53 dengan Oppo A15. Oppo A53 mengusung layar punch hole atau berlubang yang disebut Neo Display. 

Lubang ini dipakai untuk menempatkan kamera depan yang berlokasi di sudut kiri atas smartphone. Sedangkan Oppo A15 mengusung konsep poni minimalis atau waterdrop design di sisi atas layarnya. 

Dimensi kedua smartphone ini hampir sama, hanya saja Oppo A53 sedikit lebih berat dan tebal.

Oppo A15 menyusun tiga kamera belakang minimalis dan lebih modern dengan dua varian warna, yaitu Dynamic Black dan Fancy White. Sementara Oppo A53 mengusung finishing glossy yang sepintas hamir sama dengan Oppo A52 tapi tekstur berbeda. Tiga kamera belakangnya tersusun secara vertikal di sudut kiri atasnya dengan housing berwarna hitam yang cukup elegan. Oppo A53 hadir dalam dua varian warna, yaitu Electric Black dan Fancy Blue.

Layar 

Untuk layar Oppo A53 ataupun Oppo A15 sama-sama mengusung layar sentuh dengan aspek rasio 20:9 yang mempunyai ukuran 6,5 inci dan sudah disematkan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) berresolusi HD+ 720 x 1600 piksel yang memberikan kerapatan hingga 270 piksel per inci yang cemerlang.

Tetapi, layar Oppo A53 lebih unggul dari Oppo A15. Sebab, ia didukung refresh rate 90Hz yang membuat animasi dan game berjalan lancar, bebas screen tearing dan screen stuttering. 

Fitur ini sangat support kenyamanan bermain game dan juga menikmati konten multimedia. Sementara Oppo A15 masih mengandalkan layar dengan refresh rate 60Hz yang bisa dikatakan standar.

Performa 

Masalah performa, Oppo A53 lebih unggul sebab didukung SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 460 SM4250 yang mengusung prosesor octa-core dan terdiri dari quad-core Kryo 240 Gold yang berlari dengan kecepatan 1,8GHz dan quad-core Kryo 240 Silver yang memiliki kecepatan 1,8GHz. Dikombinasikan dengan memori RAM sebesar 4GB, dan juga diperkuat grafis tangguh dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610 600Mhz.

Sementara Oppo A15 kalah kencang sebab hanya mengandalkan SoC MediaTek Helio P35 MT6765 yang mengusung prosesor octa-core ARM Cortex-A53 64-bit dan terdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz. Dikombinasikan dengan memori RAM sebesar 3GB, an juga diperkuat grafis tangguh dari GPU PowerVR Rogue GE8320.

Memori Internal 

Perbedaan di tahap ini sangt mencolok. Oppo A53 didukung memori internal dengan kapasitas 64GB. Sementara Oppo A15 didukung memori internal dengan  kapasitas setengahnya saja, yaitu 32GB. 

Keduanya sama-sama disediakan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Kamera Depan 

Masalah kamera depan, Oppo A53 lebih unggul untuk foto selfie daripada Oppo A15 dengan kamera depan berresolusi 16 MP dengan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.0. 

Sementar itu Oppo A15 hanya dibekali kamera yang memiliki resolusi 8 MP dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.0.

Baterai 

Untuk baterai, Oppo A53 lebih unggul dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang didukung fitur fast charge 18W. Kemudian, Oppo A15 ini didukung dengan baterai yang mempunyai kapasitas 4230mAh untuk mencukupi kebutuhan dayanya, tanpa kehadiran fitur fast charge.

Fitur Lain 

Kelebihan lain Oppo A53 yaitu sudah memakai port USB Type-C yang modern dan bersifat reversible. Sementara Oppo A15 masih memakai port microUSB yang sudah mulai ketinggalan.

Pilih Mana Oppo A15 vs Oppo A53?

Setelah kalian melihat review di atas, kalian mungkin sudah bisa menentukan akan memilih Oppo A15 atau Oppo A53.

Memang Oppo A53 terlihat lebih unggul dan lebih layak dariapda dari Oppo A15 di banyak sektor. Walau harganya 400 ribu-an lebih mahal, peningkatan spesifikasi dan fiturnya memang cukup sepada dengan harganya.

Oppo A53 juga hadir dengan desain punch hole yang lebih modern, layar smooth 90Hz, kapasitas baterai yang lebih besar dengan fitur fast charge 18W, performa lebih kencang dengan RAM lebih besar, kamera depan lebih tangguh, dan harga yang masih cukup kompetitif. Tetapi, semua kembali kepada kalian, Gaes. Mau pilih yang mana sesuai kebutuhan kalian. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.