Perbedaan Spesifikasi Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F: Bagus Mana?

Perangkat ini juga didukung empat buah kamera belakang dan didukung baterai berkapasitas 4310mAh.

0

Dulunya Oppo juga punya jagoan di kelas menengah lewat sero Reno5 F yang menonjolkan dukungan SoC MediaTek Helio P95 ditandemkan dengan RAM sebesar 8GB.

Kabar baik untuk kalian para pecinta smartphone Oppo, karena kini seri terbaru Oppo Reno 6 sudah meluncur di pasar tanah air.Dari spesifikasi perangkat kerasnya, Oppo Reno 6 ini hampir sama dengan pendahulunya dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB yang disematkan teknologi Extended RAM sampai 5GB.

Dulunya Oppo juga punya jagoan di kelas menengah lewat sero Reno5 F yang menonjolkan dukungan SoC MediaTek Helio P95 ditandemkan dengan RAM sebesar 8GB.

Perangkat ini juga didukung empat buah kamera belakang dan didukung baterai berkapasitas 4310mAh. Kalau dibandingkan dengan Reno5 F, Oppo Reno 6 memang memberikan kelebihan spesifikasi yang signifikan dengan harga Rp 900 ribu lebih mahal.Apa saja perbedaannya? Bagus mana? Langsung cek kuy!

Desain Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Baik Oppo Reno 6 ataupun Oppo Reno5 F sejatinya desainnya hampir sama. Keduanya sama-sama mengusung konsep desain layar bolong atau punch hole di sudut kiri atas untuk meletakkan kamera depan. Apabila dilihat dari depan, kedua smartphone ini susah dibedakan.

Di sisi belakang, Oppo Reno 6 memakai casing polikarbonat dengan finishing sandblasting tekstur warna bergradasi dinamis.Oppo Reno 6 hadir dalam dua varian warna, yaitu Aurora dan Stellar Black. Sementara Oppo Reno5 F ini memakai casing dengan finishing glossy dengan susunan kamera belakang dan gradasi warna berbeda.

Oppo Reno5 F juga hadir dalam dua varian warna, yaitu Space Black dan Galactic Blue. Ukuran dan berat Oppo Reno 6 dan Reno5 F juga hampir sama.

Layar Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Kedua perangkat ini mengusung layar sentuh Punch-hole design yang kekinian, aspek rasio 20:9 didukung layar sentuh ukuran 6,43 inci yang menyematkan teknologi panel AMOLED (Active Matrix Organic Light Emiting Diode) berresolusi full HD+ 2400 x 1080 piksel 430 nits yang menyediakan kerapatan hingga 409 piksel per inci yang cemerlang.

Tetapi, layar Oppo Reno 6 lebih bagus dari Oppo Reno5 F sebab dilengkapi refresh rate 90Hz yang memungkinkan animasi dan game berjalan mulus, bebas gejala screen tearing dan screen stuttering.

Fitur ini membuat nyaman saat gaming dan juga menikmati konten multimedia. Sementara Oppo Reno5 F masih menonjolkan layar dengan refresh rate 60Hz yang bisa dikatakan standar.

Performa Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Oppo Reno 6 lebih baik dengan sokongan SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 720G SM7125 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 465 Gold punya kecepatan 2,3GHz dan hexa-core Kryo 465 Silver berkecepatan 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 8GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 618.

Sementara itu Oppo Reno5 F didukung SoC Mediatek Helio P95 MT6779V yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 64-bit yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz ditandemkan dengan memori RAM sebesar 8GB, serta diperkuat grafis tangguh dari GPU (Graphics Processing Unit) PowerVR GM 9446 @970MHz.

Kamera Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Walau dua-duanya dibekali empat kamera belakang, Oppo Reno 6 lebih unggul dengan kamera utama 64 megapiksel dengan lensa aperture f/1.7 yang memakai sensor Sony IMX686 1/1.7 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sementara Oppo Reno5 F dibekali kamera utama 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.7 yang memakai sensor BSI 1/2 inci 0,8um piksel yang juga diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.Sementara kamera kedua sampai keempat, Oppo Reno 6 dan Reno5 F relatif satara.

Kamera Depan Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Oppo Reno 6 kembali unggul untuk foto selfie daripada Oppo Reno5 F walau hanya dilengkapi satu kamera depan resolusi 44 megapiksel dengan sensor Samsung GH1 1/2.65 inci 0.7um piksel dengan lensa aperture f/2.4. Sementara Oppo Reno 5 F hanya dilengkapi kamera depan resolusi 32 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.4 yang diperkuat fitur AI untuk memuaskan hasrat selfie pengguna.

Baterai Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Kedua perangkat sama-sama dilengkapi baterai berkapasitas 4310mAh. Bedanya, Oppo membekali Reno 6 ini dengan fitur SuperVOOC 50W fast charge yang bisa mengisi daya baterai sampai penuh dalam waktu 48 menit saja. Sementara Oppo Reno5 F hanya dibekali dengan fitur VOOC 4.0 Flash Charge dengan daya 30W saja.

Fitur Lain Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Salah satu kelebihan Oppo Reno 6 daripada Oppo Reno5 F yaitu kehadiran fitur NFC (Near Field Communication) yang sudah didukung fitur Google Pay dan transaksi elektronik lainnya.
Fitur NFC ini mempunyai banyak kegunaan seperti transfer file, transaksi cashless, cek saldo e-money, dan lainnya.

Harga Oppo Reno 6 vs Oppo Reno5 F

Harga smartphone Oppo Reno 6 RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia dipasarkan dari harga Rp 5.199.000. Sementara harga Oppo Reno5 F dijual dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 4.299.000 atau terpaut Rp 900 ribu. Pilih Mana? Secara umum Oppo Reno 6 lebih menarik daripada Reno5 F.

Dengan harga selisih 700 ribu lebih mahal, Oppo Reno 6 memenangkan banyak hal dari Reno5 F di semua sektor misalnya layar, performa, kamera, kamera depan, baterai, dan kelengkapan fitur yang diusungnya.
Oppo Reno5 F sendiri dengan harga yang ditawarkan harus bersaing dengan lawan tangguh misalnya Samsung Galaxy M51, Vivo V21, Realme 8 Pro, dan juga Poco F3. Jadi, kalian pilih mana?

Leave A Reply

Your email address will not be published.