Perlukah Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak Android?

0

Sampai saat ini kepopuleran smartphone berbasis Android memang meningkat pesat. Banyak orang yang sudah mengoeprasikannya, dan kebanyakan di antaranya juga adalah para pengguna lama.

Hanya saja, ternyata masih banyak juga yang belum paham tentang fungsi dan fitur Android secara keseluruhan. Misalnya seperti pembaruan perangkat lunak.

Baca Juga : Cara mengatasi Android Lag Lemot Saat Main Game.

Kalian pernah menemui halaman ini? Apabila memang ada pembaruan, halaman ini biasanya dapat kalian temukan di Setelan Android, dan terkadang juga muncul di notifikasi atas Android.

Nah, di sini, saya akan menjelaskan tentang pembaruan perangkat lunak tersebut. Siapa tahu bermanfaat untuk kalian yang mungkin selama ini acuh dengan notifikasi tersebut.

Pengertian Pemabaruan Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak merupakan sebuah fitur di Android yang bermanfaat  untuk melakukan pembaharuan sistem dan juga aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah terinstal ke versi baru.

Kalian masih belum paham maksudnya? Begini saja. Sekarang kalian coba sederhanakan ke bahasa yang umum dipakai.

Baca Juga : memori Terbatas di Preangkat Xiomi Sudah Coba Hapus Ruang Kedua .

Pembaruan biasanya berarti update. Perangkat lunak adalah software. Dan Software yang dimaksud disini adalah sistem.  Dengan demikian bisa kalian artikan kalau pembaruan perangkat lunak itu sama dengan artineya update sistem.

Untuk Apa Pembaruan Perangkat Lunak?

Pembaruan Android ini mempunyai beberapa fungsi tersendiri, yang mana memang masih belum banyak diketahui orang, kalian juga mungkin. Dua di antaranya sudah saya sebutkan tadi ya.

Untuk lebih lengkap fungsinya apa saja akan saya berikan satu-satu. Yang pertama, meningkatkan versi sistem. Meningkatkan versi aplikasi. Kemudian meningkatkan kompatibilitas dan keamanan.

Baca Juga : Tips Akses 7 hari Gratis Nonton film di Aplikasi Goplay.

Fungsi lainnya untuk meningkatkan user interface (UI), dan juga memperbaiki error.

Dan masih banyak lagi. Mungkin kalau ditulis semua fungsinya secara lengkap, artikel ini sampai berlembar-lembar.

Manfaat Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak Android

Jika ingin membahas manfaat, tentunya banyak sekali manfaat yang didapat ketika kalian melakukan pembaruan perangkat lunah di perangkat android kalian.

Bahkan, saya pun ikut menyarankan agar kalian sebagai pengguna Android yang mengalami error tertentu di smartphonenya, untuk melakukan pembaruan sebagai solusinya.

Ada beberapa alasan kenapa saya menyarankan kalian melakukan pembaruan.

Baca Juga : Cara Membatasi Akses Aplikasi Pada Smartphone Android.

READ  5 Aplikasi Kamus Bahasa Minang, Secara Online dan Offline!

Kompatibilitas Aplikasi Meningkat

Maksud dari kompatibilitas disini adalah, contohnya  kalian menginstal suatu aplikasi dari Playstore.  Lalu ketika aplikasi tersebut dibuka, ternyata yang muncul pesan terhenti, sampai keluar sendiri.

Ada banyak sekali penyebab dari masalah ini. Tetapi biasanya, cukup dengan pembaruan sistem, maka sudah bisa mengatasinya.

Sistem Menjadi Lebih Aman

Biasanya, semakin baru suatu sistem, tentu saja keamanan yang ada di dalamnya akan ikut meningkat seiring dengan pembaruan tersebut. Karenanya kualitasnya pun semakin meningkat.

Keamanan yang dimaksud disini ada banyak hal. Misalnya sistem menjadi lebih aman dari virus dan lain-lain. Pastinya kalian semua sebagai pengguna Android menginginkan hal ini bukan?

Tampilan Smartphone Menjadi Lebih Nyaman Dipakai

Tampilan ini istilah lainnya sering disebut UI (User Interface). Mulai dari icon, menu notifikasi, sampai tampilan utama dari sistem Android, selesai diperbarui biasanya akan jadi semakin bagus tampilannya.

Baca Juga :  Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Agar Tidak Black Screen.

Akibatnya, di samping lebih enak dilihat pastinya, smartphone juga akan menjadi lebih nyaman saat digunakan. Kadang pun ini bisa membuat seseorang mampu meningkatkan efektivitas kerjanya.

Terdapat Fitur-Fitur Baru

Umumnya, saat pembaruan software sistem Android selesai dilakukan, akan muncul fitur-fitur baru yang awalnya tidak ada. Contohnya, kalian sebelumnya tidak bisa memakai smartphone dengan cara disambungkan ke TV. Tapi setelah update sistem, hal ini jadi bisa dilakukan.

Atau kalian yang tadinya hanya bisa menyalakan smartphone lewat tombol power, sekarang bisa juga dengan cara mengetuk layar 2 kali. Dan masih banyak lagi, bahkan terus bertambah seiring pengembangannya.

ErrorError yang Ada Akan Hilang

Errorerror ini banyak sekali jenisnya. Sebab kompatibilitas aplikasi yang sempat dibahas di awal hanyalah salah satu di antaranya saja.

Error lainnya bisa seperti kalian yang tidak dapat menyalakan data internet, tidak bisa terkoneksi ke telepon, tidak bisa kirim SMS, tidak bisa mengatur kecerahan tampilan layar, dan lain sebagainya.

Dengan cara update perangkat lunak ini, maka semua masalah tersebut biasanya akan ikut teratasi.

Meningkatkan Kinerja Sistem

Mungkin sebagian kalian bingung smartphonenya jadi lemot terus padahal sudah coba pakai banyak cara. Salah satu jalan kelaurnya adalah dengan kalian coba pertimbangkan untuk melakukan pembaruan perangkat lunak.

Ini karena, pembaruan ini bisa juga meningkatkan kinerja sistem, dari yang tadinya sudah semakin lambat menjadi optimal lagi .

Perbedaannya bisa sampai 70% lebih cepat. Dalam beberapa situasi, bahkan smartphone bisa terasa menjadi seperti baru lagi.

Apakah Perlu Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak?

READ  10 Aplikasi VPN Terbaik Gratis untuk Android 2020

Apabila menurut saya sendiri, jawabannya tentu sangat perlu, mengingat manfaat yang diperoleh sangat berlimpah.

Tetapi, kita juga harus melihat kebutuhan, karena setiap pengguna punya kebutuhan berbeda. Bisa saja ada kondisi tertentu yang membuat pembaruan sebaiknya tidak dilakukan.

Nah, silakan pikirkan lagi, kira-kira mana yang lebih baik dan cocok untuk kondisi kalian.

Baca Juga : Dua Celah Keaman Berbahaya Ditemukan di Prosesor AMD .

Cara Menjalankan Pembaruan Sistem

Apabila kalian ingin meng-update sistem, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memulai prosesnya ya.

Hal pertama yang wajib kalian lakukan yaitu membuka Setelan atau setting Android. Kemudian kalian langsung masuk ke menu Tentang Ponsel.

Nanti disana kalian buka menu Update atau Pembaruan. Klik tombol Update yang ada di sana.

Selanjutnya, kalian tinggal menunggu saja prosesnya. Biasanya, setelah pembaruan selesai, smartphone otomatis akan restart sendiri, juga memuat ulang sistem ke versi terbarunya. Cara ini berlaku untuk semua smartphone. Seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Vivo, dan lainnya.

Cara Menghilangkan Pembaruan Perangkat Lunak

Jika kalian ingin menunda update, maka kalian tidak perlu melakukan apa-apa. Tetapi seperti yang diketahui, biasanya kadang muncul notifikasi pembaruan software sistem di menu sistem Android. Apabila itu dirasa mengganggu, kalian bisa menghilangkan notifikasi tersebut.

Baca Juga : Cara Mengubah Tampilan Beranda Animasi di Whatsapp Android .

Kalian cukup ketuk dan tahan notifikasi pembaruan tersebut. Lalu nanti akan tampil beberapa pilihan. Kalian bisa klik opsi Sembunyikan Pembertahuan. Dengan begitu, notifikasi tersebut akan hilang.

Tips Proses Update Aman dan Berhasil

Sebenarnya asal kalian tahu, proses update yang dilakukan lewat pembaruan ini dijamin aman. Sebab asalnya langsung dari developer (pengembang) merk smartphone langsung.

Jika nanti terjadi error, biasanya ada di kesalahan user sendiri yang mana tidak memenuhi beberapa faktor berikut ini.

Baca Juga : Tips Share Lagi Spotity ke Insta Stories.

READ  5 Aplikasi Anti Virus Gratis Terbaik untuk Laptop dan PC

Salah satunya adalah memastikan koneksi internet cepat dan stabil. Memastikan juga kuota cukup jika menggunakan data seluler, sebab size dari sistem itu terkadang mencapai beberapa ratus MB.

Kalian juga harus memastikan baterai cukup setidaknya 70%. Kemudian yang lain, sebelum melakukan updaterestart smartphone terlebih dahulu. Dan terakhir, tutup semua aplikasi yang berjalan sebelum update.

Demikianlah sekilas pembahasan tentang pembaruan perangkat lunak Android. Semoga kalian bisa memilih keputusan yang tepat untuk kelangsungan smarthone kalian.

Semoga bermanfaat!

Leave A Reply

Your email address will not be published.