Prinsip Sains Dalgona Coffee yang Viral Ternyata Sederhana

0

Setiap orang pasti mempunyai kreativitas yang bisa membuatnya terkenal karena keberhasilannya, atau sebaliknya. Hal ini bisa saja menjadi viral jika banyak orang yang menyukai konten tersebut. Ia jadi perbincangan hangat, bahkan ada yang sampai meniru persis seperti apa yang dilakukan oleh orang tersebut.

Seperti yang kemarin dialami oleh warganet dengan akun @KemFazHas. Dia belum lama ini membuat thread panjang tentang prinsip sains dalgona coffe yang belakangan ini sedang begitu viral diminati banyak orang.

Baca Juga : Cara Download Film di Smartphone dan Laptop Praktis .

Dikutip dari laman Guideku.com, dalgona coffee menjadi populer pertama kali disebabkan warga Korea Selatan. Pada dasarnya, dalgona coffee adalah kopi latte dengan rasa manis mirip permen.

Yang membuat dalgona coffee berbeda dari kopi biasanya adalah pada cara penyajian kopinya, Gaes.

Kenapa berbeda? Karena kopi biasa tidak akan membuat cara penyajian yang rumit. Mungkin hanya kombinasi saja dari kopinya. Bisa dicampur dengan latte, coklat, atau komponen yang lainnya agar rasanya menajdi berbeda dari biasanya.

Akan tetapi untuk dalgona coffe ini ternyata berbeda. Selain dari cara penyajiannya, kopinya pun bukan sembarang kopi biasa, Gaes. 

Baca Juga : PC Remain Game Psikologi Uji Nyali .

Meskipun sedikit rumit, dalgona coffee menjadi salah satu varian kopi yang wajib sekali kalian coba saat bosan dengan kopi biasa. Apalagi untuk kalian para pecinta kopi dan suka berkeksperimen membuat varian kopi baru.

Agar kalian bisa membuat kopi ini, bahan-bahan untuk membuat dalgona coffee juga cukup mudah yaitu dengan 2 sendok makan kopi instan, 3 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan air hangat, susu cair putih, dan  juga es batu.

Cara membuat dalgona coffee yang harus kalian perhatikan adalah, kalian perlu memakai kopi tanpa ampas untuk memberikan hasil yang lebih smooth dan mirip dengan dalgona coffee di Korea Selatan.

Bukan tanpa alasan kenapa pembuatan dalgona coffee perlu memakai kopi tanpa ampas, hal ini disebabkan kopi yang dipakai akan dibentuk mirip whipped cream.

Baca Juga : Cara Menggabungkan Film dan Subtitle .

Kopi tanpa ampas sendiri bisa kalian temukan pada kopi instan yang biasanya mempunyai kandungan minyak yang jauh di bawah freshly grind coffee. Penjelasan secara sains, minyak dengan sifat hydrophobic ini membuat busa cepat hancur dan membentuk buih yang kental.

Di samping dibantu dengan minyak, gula juga ikut mempengaruhi terbentuknya buih dan membuatnya lebih tahan lama serta membuat kekentalan. Yang berikutnya adalah perbedaan tekanan di permukaan foam membuat thickening process berlangsung selama pengadukan.

Pada dasarnya, saat pembuatan dalgona coffee, minyak adalah hal penting yang mempengaruhi keberhasilan pembuatan kopi ini. Oleh sebab itu, bukan sembarang kopi yang bisa dipakai untuk membuat kopi ini.

Baca Juga : Aplikasi Nonton Film di Smartphone .

Itulah tadi prinsip sains dalgona coffee yang belakangan sedang viral. Perhatikan beberapa hal tersebut agar dalgona coffee buatan kalian bisa berhasil dan bisa kalian konsumsi dengan nikmat ya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya, Gaes. Bisa menambahkan ilmu baru bagaimana meracik dalgona kopi yang begitu terkenal dan kita bisa praktek sendiri di rumah.

Jangan lupa juga untuk terus update info dan berita terbaru hanya di website techjak,com. Ada tips dan review produk terbaru yang hadir, pastinya memberi warna baru di hari-hari kalian dan menajdi rekomendasi jika kalian ingin mencari bahan perbandingan produk atau review tentang segala sesuatu yang lainnya.

Sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. Salam teknologi!

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.