Punya Kulkas yang Awet Sampai Lebih dari 10 Tahun? Begini Caranya

0

Memiliki kulkas atau lemari pendingin adalah hal yang umum. Bahkan, hampir setiap orang yang memiliki rumah pasti memiliki kulkas. Tidak hanya untuk menyimpan minuman atau snack, kulkas juga dapat menjadi tempat untuk menyimpan sayur-sayuran, buah-buahan, hingga untuk menyimpan produk kecantikan yang disarankan oleh dokter digunakan dalam keadaan dingin. Bukan hanya mendinginkan, namun kulkas juga dapat memperlambat waktu kadaluarsa pada makanan atau minuman yang tidak memakai pengawet. Walaupun kulkas terlihat seperti alat elektronik yang sederhana, namun kulkas juga memiliki berbagai cara untuk tetap menjaganya berfungsi secara optimal dan awet bahkan hingga hampir 10 tahun.

Bagaimana cara merawat kulkas yang baik dan benar? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

Punya Kulkas yang Awet Sampai Lebih dari 10 Tahun? Begini Caranya

 

1. Menutup Kulkas dengan Rapat

Walaupun kulkas terkadang dapat menutup pintunya sendiri, namun terkadang kulkas yang sudah memiliki ketahanan karet pintu yang tidak terlalu baik tidak akan menutup pintunya secara rapat jika bukan penggunanya yang menutupnya hingga rapat. Mengapa pintu kulkas harus selalu tertutup rapat? Selain menghindari kotoran atau udara kotor masuk ke dalam kulkas, kulkas akan kesulitan untuk menyesuaikan suhu udara didalamnya jika terjadi kebocoran udara karena pintu yang tidak tertutup rapat.

Baca Juga: Samsung Galaxy S20 Ubah Cara Kamu Menikmati Passion

2. Atur Temperatur

Kalian perlu menjaga suhu pada kulkas agar tetap berfungsi optimal, contohnya seperti setelah terjadi mati listrik kalian perlu mengatur kembali suhu yang sesuai untuk kulkas kalian. Maksimal suhu untuk kulkas adalah 4 derajat, sedangkan untuk freezer disarankan untuk berada di bawah 0 derajat.

3. Isi Kulkas Sesuai dengan Kapasitas

Jangan memaksakan kulkas dengan isi yang terlalu penuh atau berat karena hal tersebut dapat membuat kerja kulkas menjadi tidak maksimal. Kalian dapat mengisi kulkas dengan kapasitas yang sesuai dengan anjuran dari kulkas tersebut. Isi yang berlebihan akan menyebabkan suhu dingin yang disebar oleh kulkas tidak menyebar secara sempurna karena banyaknya muatan yang tertampung di dalam kulkas tersebut. Jangan isi kulkas sampai penuh, berikann sedikit ruang agar dingin yang disalurkan dapat tersebar secara merata.

Baca Juga: Joe Taslim Jadi Karakter Free Fire

4. Jauhkan Kulkas dari Sesuatu yang Panas

Jangan memasukkan makanan yang memiliki suhu panas ke dalam kulkas, karena hal tersebut dapat membuat kulkas menjadi cepat rusak. Mengapa demikian? Suhu yang dingin di dalam kulkas bercampur dengan suhu panas dari makanan dengan suhu tinggi dapat merusak sistem pendingin kulkas. Hal ini tentu dapat merusak kulkas jika dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga: Cara Log In WhatApp Web tanpa Scan Barcode

5. Bersihkan Kondensator

Seringkali kulkas dibersihkan hanya pada bagian luar dan dalamnya saja, namun tidak membersihkan bagian penting lainnya dari kulkas yaitu kondensator. Kondensator berfungsi untuk melakukan pelepasan panas agar kulkas tidak over heat. Membersihkan debu yang menumpuk di dalam kondensator dapat memaksimalkan pelepasan panas yang dilakukan oleh kondensator.

Baca Juga: Tips Mengatasi File PDF Tidak Bisa Dibuka

 

Dari penjelasan kami diatas, semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk merawat kulkas dengan baik dan benar. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.