Realme Buds Air; Earbuds Nirkabel Terbaik

0

Zaman semakin maju, teknologi terus bertumbuh. Seperti saat ini dimana hanpir setiap orang tahu ini adalah era true wireless stereo (TWS). Earbuds nirkabel jenis ini makin digandrungi para pengguna smartphone.

TWS sendiri pertama kali dikenalkan perusahaan Apple tahun 2016 akhir melalui AirPods. Kemudian, ada beberapa produsen yang membuat inovasi lain dan mengembangkannya, salah satu yang mengembangkannya adalah realme. Di awal tahun 2020 kemarin menjadi debut pertamanya dengan merilis realme Buds Air.

Perangkat Realme Buds Air datang untuk memberikan solusi dari kebutuhan pengguna terhadap perangkat TWS yang berkualitas tinggi tentunya dengan harga yang bisa terbilang murah dan terjangkau kantong kita. 

Perangkat Realme Buds Air sendiri juga menjadi produk pertama Realme sebagai pembuka era AIoT (Artificial Intelligience of Things).

Realme Buds Air ini juga makin menarik setelah dirilis oleh Realme, merek smartphone paling berkembang di dunia. Di negara India saja, Realme sudak merilis TWS pertamanya pada pertengahan Desember yang lalu. 

Yang menakjubkan, penjualan perdana Realme Buds Air yang dilaksanakan pada 17 Desember lalu membuat rekor baru dengan penjualan sebanyak 11.000 unit selama 1 jam saja. Rekor ini tentunya membuat Realme Buds Air menjadi bintang industri IoT di India.

Mungkin kalian penasaran, apa saja kelebihan Realme Buds Air sampai semua orang berminat dan di India bahkan memecahkan rekor penjualan baru? Lalu mungkinkah setelah diluncurkan di Indonesia juga akan booming?

Daripada sibuk bertanya, kuy saya jelasin review perangkat tersebut di sini. 

 

Desain Realme Buds Air

Realme Buds Air dari segi desain sangat menarik karena menjadi earphone nirkabel yang bebas dari panjangnya kabel yang sering membuat ribet. Ini tentu saja membuat penggunanya jadi bebas mendengarkan musik yang disukainya tanpa harus membenarkan kabelnya agar terpasang dengan baik atau belum.

Perangkat ini juga dibuat dengan melihat estetika dan kenyamanan saat mengoperasikannya, serta berat yang ringan. Pemakaian sejumlah besar desain kurva dan desain kelopak telinganya sangat pas, bahkan bisa membuat pengguna tidak merasakan seperti sedang memakai Buds ketika digunakan di telinga.

Demi kenyamanan penggunanya, case nirkabel yang baru mengadopsi desain kurva yang sempurna, dan masing-masing R Angle dibuat dengan lebih dari 20 busur, membuatnya lebih bundar secara fisik, dan memberi rasa nyaman. 

Realme Buds Air ini rilis dalam tiga warna; kuning, hitam, dan putih, dengan ciri khasnya sendiri-sendiri.

Untuk bobot, Realme Buds Air ini sangat ringan, Gaes. Satu realme Buds Wireless beratnya 4.16g, bandingkan dengan selembar kertas A4 yang beratnya sekitar 4.3g. Diungkapkan lebih dari ratusan tes saat digunakan di telinga, realme sudah membuat penyesuaian radian dari Buds yang masuk di lubang telinga, dan sudut antara batang dan Buds, membuat desain yang sangat kompatibel serta ergonomis di saluran pendengaran.

Teknologi Realme Buds Air

Berkat cip R1 khusus dengan Bluetooth 5.0, Realme Buds Air membuatnya jadi seperti earphone nirkabel sebenarnya, dan mendukung koneksi instan dan stabil antara earbud dan perangkat, kinerja baterai yang lebih baik, dan kontrol cerdas yang dapat diakses secara mudah dan cepat.

Desain Buds Air terdiri dari diafragma komposit multi-layer LCP yang canggih dan driver suara 12mm yang besar. Disempurnakan dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dikombinasi serta dioptimalkan oleh tim akustik ahli realme setelah lebih dari ribuan kali tes.

Untuk lebih mneunjang layanannya, Realme Buds Air ini ditunjang dengan dua mikrofon untuk mencapai ENC (Environment Noise Cancellation technology) yang secara cerdas menentukan setiap kata dan menyaring semua suara bising pada latar belakang yang terdengar telinga.

Cara Mengoperasian Realme Buds Air

Realme Buds Air sangat mudah pengoperasiannya. Realme Buds Air ini juga mendukung operasi sentuhan cerdas, yang bisa dipakai untuk menjawab/mengakhiri panggilan, mengganti musik, mengaktifkan asisten suara dan masuk/keluar performance mode melalui sentuhan.

Saat kalian menggunakannya pertama kali, pairing dulu dengan perangkat Bluetooth seperti smartphone. Caranya mudah, kalian tinggal menekan tombol yang ada di kotak earbuds selama tiga detik hingga indikator berkedip, lalu memilih realme Buds Air pada smartphone.

Setelah dipasangkan, setiap kali kalian membuka penutup case, realme Buds Air akan langsung mengetahui dan menghubungkan ke smartphone secara otomatis. Dengan demikian pengguna mendapat pengalaman mendengarkan musik yang seamless.

Sensor optik yang dapat mendeteksi jika sedang dijalankan di dalam telinga penggunanya pun disematkan di Buds Air ini. Ia juga secara otomatis akan memainkan musik saat kalian menempatkannya di telinga dan berhenti setelah melepaskannya saat selesai.

Kerennya lagi, Realme Buds Air juga mendukung Google Asisstant. Kalian tinggal menekan Buds Air beberapa detik untuk mengaktifkannya. Kemudian tanpa perlu mengambil smartphone dari dalam saku, kalian dapat mengatur musik, panggilan, mengatur volume, dan layanan informasi, seperti cuaca.

Beberapa cara pengoperasian Realme Buds Air di antaranya kalian bisa klik dua kali untuk menjawab panggilan telepon, play atau pause musik. Kalian juga bisa meng-klik tiga kali saat kalian ingin memutar lagu berikutnya. Sedangkan cara lain, tekan, lalu tahan di salah satu buds untuk mengaktifkan asisten suara dan mengakhiri panggilan telepon. Terakhir, kalian bisa menekan lalu tahan di kedua sisi buds untuk masuk atau keluar Gaming Mode.

Kapasitas Baterai

Perangkat Realme Buds Air ini dapat dikatakan sebagai perangat eardbud nirkabel sesungguhnya. Dilihat dari casingnya yang mendukung pengisian nirkabel. Kalian cukup memberi tempat pada wireless charging pad untuk mengisi daya earbud. 

Di bagian depan realme Buds Air juga didukung lampu LED untuk menginformasikan pengisian baterai secara real-time. Di samping itu, realme Buds Air juga mendukung pengisian daya melalui kabel USB type-C.

Realme Buds Air ini daya tahannya terbilang sangat awet karena total daya tahannya mencapai 17 jam untuk pemutaran musik. Data daya tahan baterai 17 jam didapat dari laboratorium realme, yang merupakan umur baterai keseluruhan dari realme Buds Air dan case nirkabel terintegrasi. Kondisi pengujian terus menerus memainkan musik pada volume 50%.

Mau tahu baterai tersisa berapa? Ada info baterai intuitif di tampilan indikator Bluetooth pada layar ponsel. 

Realme Buds Air mendatangkan pengalaman musik yang mantap dengan menjalankan masing-masing earbud secara independen. Hal ini disebabkan mereka menganut transmisi dual-channel secara real-time. Dimana permainan game dan video pun dimaksimalkan dengan Mode Gaming yang mengurangi latensi suara sebesar 51%, memastikan sinkronisasi sempurna antara visual dan suara.

Atas jasa diafragma komposit multi-layer LCP dan driver suara 12mm yang besar, pengalaman suara yang didapat jadi tergolong powerful. Dentuman bass yang enak didengar memberikan efek kedalaman suara yang baik.

Perangkay ini juga disempurnakan dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang dikombinasi serta dimaksimalkan tim akustik ahli realme setelah lebih dari ribuan kali tes. Dengan begitu, kemudian tampak hasilnya adalah dinamika dan dimensi suara yang ditambahkan bass, membuat pengalaman mendengarkan musik dan menonton film yang lebih imersif dan menarik.

Saat panggilan berlangsung, suara kalian akan tetap jernih kok. Bahkan di lingkungan yang bising sekalipun, sebab memakai dua mikrofon dengan ENC.

Meski masih baru di pasaran, Realme Buds Air ini sudah membuktikan kualitas dan kapasitas terbaiknya.

Realme sendiri menjual perangkat ini di pasaran dengan banderol Rp899ribu. Sedangkan untuk penjualan perdana dan flash sale di situs realme dan Shopee harganya khusus dipotong menjadi Rp599 ribu. 

Bukankah ini harga yang sangat murah dibanding earbuds merek terkemuka dengan harga selangit lainnya?

Bagaimana? tertarik membelinya. Silakan merapat si situs toko online Shpee Indonesia, Gaes.

Leave A Reply

Your email address will not be published.