Reset Windows 10 Tanpa Kehilangan Data dan Bagus Lagi Kerjanya

0

Ada banyak alasan kenapa kalian harus tahu persis cara reset Windows 10 kembali ke pengaturan default. Yang paling utama mungkin adalah kalian mungkin perlu menghapus semua informasi dari mesin komputer kalian sehingga kalian bisa mendaur ulang atau menjualnya.

Kalian juga mungkin ingin mengatur reset windows 10 untuk membersihkannya untuk pemakaian di masa mendatang. Meskipun ini membantu mengembalikannya ke operasi seperti baru, Microsoft mempunyai beberapa opsi sederhana yang dibangun ke dalam sistem operasi yang bisa secara efisien mengatur reset Windows 10 tanpa menghapus semua file kalian. Artinya, kalau kalian ingin menyimpan file kalian, pada setiap langkah yang mengatakan “deleted all,” kalian dapat memilih opsi untuk menyimpan file kalian.

Baca Juga : Cara Reset Laptop Error pada Windows 10

Saya di sini akan memandu kalian lewat proses menghapus semuanya untuk cara reset Windows 10 yang lengkap. Ini semua yang harus kalian ketahui.

Melakukan reset dari dalam Windows 10

Untuk memulai menjalankan reset pabrik, masuk ke mesin Windows kalian dan akses alat Pemulihan Windows.

Kalau komputer kalian tidak berfungsi dengan baik atau kalian kehilangan akses ke akun kalian, saya akan memberikan langkah-langkah alternatif untuk kalian lebih lanjut. Tetapi, kalau kalian mempunyai akses ke alat lewat Windows, inilah yang harus kalian lakukan.

Langkah awal, buka alat Pemulihan. Kalian bisa mencapai alat dengan beberapa cara. Cara tercepat adalah dengan menekan Tombol Windows untuk membuka bilah pencarian Windows, ketik “Reset” dan klik opsi “Reset this PC”.

Baca Juga : Carfa Mereset password Windows 7

Kalian juga bisa mencapainya dengan klik Windows Key + X dan memilih Pengaturan dari menu pop-up. Dari sana, klik Perbarui & Keamanan di jendela baru selanjutnya Pemulihan di bilah navigasi kiri.

Langkah kedua, mulailah mereset ke setelan pabrik. Ini sangat mudah. Dari alat Pemulihan, hanya perlu menemukan bagian dengan judul “Reset PC ini,” yang tidak akan sulit sebab akan menjadi yang pertama. Di bawahnya, kalian akan melihat tombol yang mengatakan “Mulai.”

Klik “Mulai,” dan sebuah jendela baru akan muncul meminta kalian untuk “Simpan file saya” atau “Hapus semuanya.” Untuk reset pabrik yang tepat, klik “Hapus semuanya.”

Kalau kalian hanya ingin menyegarkan mesin kalian dan menyimpan file kalian, klik “Simpan file saya.”

Untuk pengingat, kalian harus pastikan komputer sedang mengisi daya, sebab windows 10 mungkin tidak memulai reset kalau perangkat tidak terhubung.

Selesai kalian memilih opsi yang kalian inginkan, Windows akan menyiapkan pengaturan ulang.

Baca Juga : Cara Hard Reset Atau Factory Reset Smartphone OPPO semua Tipe

Apabila kalian memilih untuk menghapus semuanya, Windows akan meminta kalian sekali lagi. Kalian akan mempunyai opsi untuk menghapus semuanya memakai opsi “Just remove my files”, atau untuk membuat Windows juga menghapus drive memakai “Hapus file dan bersihkan drive.”

Opsi terakhir lebih aman, sebab mengurangi kemungkinan seseorang memulihkan data dari komputer kalian. Kalau kalian menjual atau mendaur ulang komputer kalian, kalian harus memilih opsi ini.

Kalau komputer kalian punya beberapa drive, Windows mungkin bertanya apakah kalian ingin menghapusnya juga, atau apakah kalian hanya ingin menghapus drive di mana Windows diinstal.

Melakukan reset windows 10 tanpa masuk sistem

Kalau kalian tidak bisa masuk ke komputer Windows 10, jangan panik. Ada beberapa cara untuk kalian mengatur ulang pabrik Windows 10 dan mesin kalian dari pabrik. Hasilnya akan sama dengan metode di atas, tetapi cara untuk sampai ke sana akan sedikit berbeda.

Langkah pertama, akses alat startup Lanjutan.  Di sini kalian mempunyai dua cara untuk mengakses alat startup Lanjutan.

Cari tahu apakah komputer kalian menyala, dan kalian dapat masuk ke layar Windows log-in. Kalau kalian bisa, tekan tombol daya di layar, dan sambil menahan tombol Shift, tekan tombol restart. Komputer kalia akan reboot dan membawa kalian ke alat startup tingkat lanjut.

 

Tetapi, jika komputer kalian tidak mem-boot ke Windows dengan benar, kalian bisa mencapai alat Startup tingkat lanjut dengan memakai siklus komputer kalian sebagai gantinya. 

Ini dilakukan dengan menyalakan komputer lalu menahan tombol daya untuk mematikannya sebelum melakukan booting penuh. Lakukan proses ini tiga kali. Pada startup berikutnya, komputer kalian harus masuk ke alat Advanced startup.Iklan

Baca Juga : Google Play Protect Sematkan Data Dari Aplikasi Berbahaya

Langkah kedua, pergilah ke alat reset. Untuk sampai kesana, kalian perlu melakukan reset pabrik dengan klik Troubleshoot, lalu klik opsi Reset PC ini di alat startup Advanced.

Langkah ketiga, mulai factory reset. pilih “Hapus semua” atau “Simpan file saya,” tergantung pada mengapa kalian melakukan reset pabrik.

Kalian akan punya pilihan untuk “hapus saja file saya” atau “hapus file dan bersihkan drive.” Sekali lagi, yang terakhir akan menjadi pilihan yang lebih aman, kalau kalian berencana menjual komputer kalian atau memberikannya. Ini akan menulis data apa pun di drive, membuatnya lebih sulit bagi seseorang untuk memulihkan data lama kalian.

Kalau komputer kalian mempunyai banyak drive, Windows mungkin bertanya apakah kalian ingin menghapus drive lain itu juga, atau hanya menghapus drive tempat Windows diinstal. 

Semoga artikel cara reset windows 10 ini bermanfaat untuk kalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.