Review Smartphone Murah Poco M3 Pro 5G: Baru!

Sebagai smartphone 5G termurah, spesifikasi Poco M3 Pro 5G ini tetap memukau, walaupun harganya terjangkau. Bagaimana spesifikasi lengkapnya? Langsung cek kuy!

0

Hal ini disambut dengan rilisnya berbagai jenis smartphone 5G. Salah satu smartphone 5G termurah di Indonesia sekarang ini yaitu Poco M3 Pro 5G.

Saat ini, teknologi 5G sudah mulai berkembang meski masih terbatas di area tertentu saja.

Hal ini disambut dengan rilisnya berbagai jenis smartphone 5G. Salah satu smartphone 5G termurah di Indonesia sekarang ini yaitu Poco M3 Pro 5G.

Sebagai smartphone 5G termurah, spesifikasi Poco M3 Pro 5G ini tetap memukau, walaupun harganya terjangkau. Bagaimana spesifikasi lengkapnya? Langsung cek kuy!

Desain Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G tampil dengan desain yang mewah dengan casing belakang glossy mirip kaca. Hanya saja, casing belakang glossy ini meninggalkan jejak sidik jari yang menjadikannya cepat kusam.

Housing kamera Poco M3 Pro 5G lebih mewah dengan warna hitam yang elegan dengan logo Poco cukup mencolok. Susunan ketiga kameranya masih vertikal seperti Poco M3 4G, tetapi ditandemkan dengan sentuhan detail yang lebih mewah.

Sedangkan di sisi depan, Poco M3 Pro 5G memakai layar punch hole atau dot display dengan bezel yang cukup tipis.
Perangkat ini memakai casing belakang dan frame yang terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat. Walau demikian, build quality-nya terasa kuat dan tidak terkesan murahan.

Di bagian depan smartphone dengan tagline “The Real 5G Killer” ini ada proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar full HD+ ukuran 6,5 inci.

Software Poco M3 Pro 5G

Perangkat ini menjalankan sistem operasi Android 11 dengan balutan antarmuka MIUI 12.

Tampilan MIUI 12 di Poco M3 Pro 5G agak beda karena memakai POCO launcher yang menawarkan app drawer yang bisa diakses lewat swipe up di Homescreen. Sementara MIUI di lini MI dan Redmi hanya terdiri dari Lockscreen dan Homescreen saja, tanpa kehadiran app drawer.

Beberapa pengaturan yang hadir adalah themes, widget, wallpaper, animasi transisi, dan sebagainya. Hal yang aneh yaitu fitur floating windows yang menjadi andalan MIUI 12 tidak bisa ditemukan di Poco M3 Pro 5G.

Beberapa fitur yang bermanfaat adalah Focus Mode, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, Enterprise mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Android screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan sebagainya.

Performa Poco M3 Pro 5G

Performa menjadi salah satu kelebihan pada review Poco M3 Pro 5G sebab disokong SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 700 5G

MT6833 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 kecepatan 2GHz dikombinasikan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB, dan juga diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang powerful.

Kinerja CPU Dimensity 700 5G ini powerful di kelasnya, sementara GPU-nya cukup kompeten.

Berdasarkan pangujian gaming, Poco M3 Pro 5G bisa memainkan aneka game-game populer di Android, misalnya Mobile Legends, Call of Duty Mobile, Asphalt 9: Legends, dan lainnya.

Game populer seperti PUBG Mobile bisa dimainkan dengan setting default Smooth Ultra dan performanya relatif nyaman. Sementara game yang lebih berat misalnya Genshin

Impact, masih bisa dimainkan oleh Poco M3 Pro 5G dengan setting lowest dengan cukup nyaman.

Sementara untuk pemakaian sehari-hari misalnya sosial media, multitaksing, dan komunikasi sehari-hari, Poco M3 Pro 5G sudah sangat nyaman dan cukup. Tidak terasa ada lag yang mengganggu ketika mengoperasikan banyak aplikasi.

Kamera Poco M3 Pro 5G

Perangkat ini dilengkapi setup triple camera yang menonjolkan kamera utama berkekuatan 48 megapiksel dengan lensa aperture f/1.79 yang memakai sensor OmniVivion OV48B 1/2 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus (PDAF), AI, dan LED flash.

Sementara kamera kedua dan ketiga Poco M3 Pro 5G ini mengusung spesifikasi yang sama dengan fungsi yang berbeda, yaitu 2 megapiksel dengan sansor BSI CMOS 1.75um piksel lensa f/2.4 berguna sebagai dedicated macro camera (fixed focus) dan depth sensor untuk mendapatkan foto bokeh memakai mode Portrait.

Poco M3 Pro 5G ini dilengkapi kamera depan resolusi 8 megapiksel dengan sensor OmniVision OV8856 ditandemkan dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus dan diperkuat fitur AI untuk foto selfie dan video call.

Hanya saja, baik kamera depan dan belakang smartphone 5G termurah ini hanya optimal di resolusi full HD. Tidak ada opsi perekaman sampai 4K.

Ini bisa dipahami sebab Dimensity 700 5G secara teori hanya support perekaman video sampai resolusi 2K saja

Layar Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G mengusung spesifikasi layar sentuh yang mirip dengan Poco M3 4G dengan resolusi full HD+ dan memakai teknologi IPS. Perbedaan terbesar di layar Poco M3 Pro 5G dibekali refresh rate 90Hz yang membuat animasi dan gaming tampak lebih smooth, dan minim screen tearing dan stuttering.

Audio
Poco M3 Pro 5G ini dibekali satu speaker saja dengan kualitas suara mono, tetapi mampu menghasilkan volume suara yang kencang dan jernih.

Memori Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G ini menawarkan memori internal sekitar 44,86GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7GB – 1,9GB. Poco M3 Pro 5G ini mendukung fitur USB OTG lewat port USB Type-C yang diusungnya, dan juga dilengkapi dengan slot microSD (hybrid slot).

Baterai Poco M3 Pro 5G

Kapasitas baterai Poco M3 Pro 5G hanya 5000mAh saja dan dibekali fitur fast charge 18W.

Harga Poco M3 Pro 5G

Harga Poco M3 Pro 5G RAM 4GB ROM 64GB terbaru di Indonesia di kisaran harga Rp 2.699.000. Sedangkan varian Poco M3 Pro 5G dengan RAM 6GB ROM 128GB di harga Rp 2.999.000. Kalian tertarik membelinya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.