Saat Kata Sandi Dicuri, Chrome Mengantisipasi

0

Merasa rentan karena mempunyai password yang kadang kita lupa atau justru mudah diingat adn rentan akan pencurian? Mungkin cara ini bisa kalian terapkan nanti, Gaes.

 

Dari pihak Google akhirnya meluncurkan Chrome versi 79 kemarin. Pembaruan ini meliputi sejumlah peningkatan perlindungan kata sandi.

 

Pembaruan terbaru ini disebut-sebut sebagai cara Google untuk mengantisipasi para penggunanya saat kata sandi mereka dicuri sebagai bentuk dari pelanggaran data.

 

Memang dahulu sebelum Chorem versi 79 hadir, sudah ada fitur dari pihak Google yang bisa memberi peringatan kepada pengguna saat memakai kata sandi yang sama walaupun digunakan kembali dama ekstensi browser yang terpisah. Akan tetapi, belakangan ini perusahaan Google menanamkan fitur ini langsung ke Chrome untuk memberikan peringatan saat kalian masuk ke situs di web.

Kalian bisa melakukan kontrol fungsi baru ini di pengaturan sinkronisasi di Chrome. Kemudian Google akan memakai salinan kata sandi dengan fungsi hash dan terenkripsi untuk mencocokkannya menggunakan enkripsi berlapis. Hal ini memungkinkan Google untuk mencocokkan kata sandi secara aman memakai teknik yang disebut private set intersection with blinding.

 

Selain memberikan peringatan, pihak Google juga menaikkan perlindungan terhadap bentuk penipuan (phishing) secara real time. Google sudah memakai daftar situs phishing yang diperbarui setiap 30 menit, walau pun begitu perusahaan juga menemukan adanya metode baru dari ancaman phishing

 

Ancaman phishing sendiri mempunyai cara baru untuk mengakali hal ini. Mereka akan segera berpindah domain dengan cepat atau bersembunyi dari sistem keamanan Google untuk menghindari peringatan Google kepada penggunanya. Tapi dengan perlindungan baru ini setidaknya akan memberikan peringatan untuk mengurangi ancaman phishing sebanyak 30 persen dari semua kasus yang ada,

Pihak Google juga menaikkan dukungan penuh beberapa profil Chrome saat kalian memakai beberapa profil di Chrome atau memakai beberapa PC. Chrome saat ini mempunyai indikator visual yang lebih baik terkait profil kalian dan bisa memastikan kata sandi disimpan ke profil yang benar.

Untuk peluncuran Chrome 79 kemarin, dan semua fitur ini secara bertahap akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang pada versi desktop browser.

Kalian sudah tidak sabar untuk hadirnya fitu baru di Google ini? Kapan tepatnya mereka merilis lalu meluncurkan untuk para pengguna smartphone dan tablet? Lebih baik kita tunggu kabar baiknya saja kapan akan resmi ditanamkan di Chrome dan membuat data kita terjamin aman dengan peringatan kata sandi yang akan dicuri.

Nah, Gaes. Itu tadi pembaruan terbaru dari pihak Google yang akan merilis Chrome versi 79 dan mempunya kelebihan akan memberikan peringatan saat kata sandi kita dicuri.

Cara paling mudah agar kata sandi kita tidak dicuri sebenarnya cukup mudah loh, Gaes. Kalian buat perpaduan angka dan huruf, serta gunakan kalimat yang jarang diketahui orang tapi selalu teringat di memori ingatan kalian.

Pastikan juga kalian memakai kata sandi yang berbeda, jangan memakai kata sandi yang sama di beberapa aplikasi, karena akan memungkinkan celah keamanan bocor dan malware masuk lalu mengacak-acak data kalian. Atau bisa saja memberikan akses peretas lain masuk dan membuat kerusakan di samartphone kalian. Jangan sampai ya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terus tunggu update berikutnya terkait peluncuran Chrome versi 79 nanti yang pastinya sudah ditunggu-tunggu semua orang untuk sistem kemanan PC kalian masing-masing.

Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.