Samsung Galaxy S22 Ultra vs OPPO Find X5 Pro: Unggul Mana?

0

 

Akhir-akhi ini banyak vendor smartphone yang terus berlomba merilis perangkat smartphone baru agar menarik minat para konsumsen untuk membeli produk mereka.

Di antaranya adalah Samsung dan OPPO. Samsung merilis flagship terbaru yaitu Samsung Galaxy S22 Ultra. Varian Ultra tahun ini sangat berbeda dari dari pendahulunya dan juga varian lain dari seri yang sama. Samsung hadir dilengkapi fitur produktivitas yang super bagus.

Berikutnya ada OPPO yang juga merilis flagships baru dan model yang paling kuat yaitu OPPO Find X5 Pro.

Akan tetapi, bisakah flagship baru OPPO bersaing dengan Galaxy S22 Ultra? Jika kalian sedang ingin mencari smartphone terbaru tapi bingung mencari mana yang lebih unggul, berikut uji spesifikasi keduanya untuk memberi tahu kalian jawabannya.

Desain

OPPO Find X5 Pro terbuat dari bodi keramik di kedua varian warna utamanya: Ceramic White dan Glaze Black. Terdapat juga pilihan warna ketiga yang secara eksklusif dijual di China dengan cover belakang kulit berwarna biru. Bingkai terbuat dari aluminium dan kaca depan dilindungi Gorilla Glass Victus.

Desain ini pastinya menang bukan hanya karena bahannya yang luar biasa tetapi juga tampilannya yang bagus.

Tetapi Samsung Galaxy S22 Ultra masih menjadi handset yang cantik dengan bodi kaca yang melengkung dan tidak ada pulau kamera.

Kedua smartphone ini tahan air dengan sertifikasi IP68.

Layar

Kualitas layar kedua smartphone ini sangat dekat satu sama lain. Mereka disematkan layar LTPO AMOLED dengan satu miliar warna, kecepatan refresh adaptif dari 1 sampai 120 Hz, yang punya resolusi Quad HD+ 1440p.

Sedangkan perbedaan dalam hal kualitas gambar hanya sedikit, Samsung Galaxy S22 Ultra punya pemindai sidik jari yang lebih baik di bawah layar (sensor ultrasonik, bukan optik) dan support S Pen untuk tulisan tangan dan menggambar, sangat bermanfaat untuk produktivitas.

Layar Samsung Galaxy S22 Ultra sedikit lebih lebar karena diagonal 6,8 inci. Kedua smartphone ini mempunyai speaker stereo yang bagus tetapi tidak ada jack headphone.

Spesifikasi dan Perangkat Lunak

Pada pasar tertentu, Samsung Galaxy S22 Ultra disokong oleh platform seluler Snapdragon 8 Gen 1 yang diapdukan dengan RAM sampai 12 GB seperti OPPO Find X5 Pro.

Di pasar yang tersisa, ia punya platform seluler Samsung Exynos 2200 yang lebih lemah yaitu chipset pertama dengan GPU AMD, hanya saja kinerjanya lebih rendah dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1.

Lihat disini Samsung Galaxy S22 Ultra punya penyimpanan internal sampai 1 TB. Sedangkan saingannya berhenti di 512 GB di Cina dan 256 GB secara global. Kedua smartphone menjalankan Android 12.

Kamera

Samsung Galaxy S22 Ultra punya kemampuan zoom yang lebih baik karena kamera periskopnya. Sementara, OPPO Find X5 Pro menghasilkan foto ultrawide yang lebih baik dengan kamera ultrawide 50 MP-nya.

OPPO Find X5 Pro juga mempunyai NPU khusus, MariSilicon X, meningkatkan kualitas gambar di kondisi cahaya rendah.

Baterai

Kedua perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, hanya saja kecepatan pengisian daya sangat berbeda sebab OPPO Find X5 Pro punya fitur pengisian cepat 80W dan pengisian nirkabel 50W. Sementara Samsung Galaxy S22 Ultra berhenti di masing-masing 45W dan 15W.

Harga

Kalian perlu budget sekitar Rp 20 jutaan untuk membeli Samsung Galaxy S22 Ultra dan OPPO Find X5 Pro.

Lalu manakah yang paling unggul? Tergantung keperluan kalian, Gaes.

Galaxy S22 Ultra punya S Pen dan kemampuan zoom yang luar biasa, sementara OPPO Find X5 Pro memberikan material yang lebih baik, bidikan ultrawide yang lebih baik, NPU khusus untuk fotografi, dan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat.

Kalian pilih mana?

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.