Segera Ganti Baterai iPhone Jika Memiliki Tanda-Tanda Ini!

0

Apple mengeluarkan fitur Battery Health pada produk andalannya seperti iPhone dan iPad yang memudahkan pengguna untuk memantau sekaligus merawat kesehatan baterai gadget yang dimilikinya. Fitur Battery Health pada pengaturan di iPhone merupakan hal yang wajar jika menunjukkan persentase yang terus menurun atau berkurang, karena pada dasarnya baterai sendiri memiliki komponen-komponen yang tidak selamanya akan terus sempurna jika digunakan sehari-hari.

Untuk melakukan pengecekan kesehatan baterai, kalian hanya perlu klik Settings, klik Battery, lalu tekan pilihan Battery Health.

Apple sendiri menyarankan kepada pengguna iPhone bahwa batas minimal penggantian baterai iPhone adalah saat battery health berada di posisi 80%. Sederhananya adalah, Apple menyarankan untuk mengganti baterai iPhone jika battery health sudah berada dibawah 80% atau bisa diganti sejak menginjak angka 79%. Performa maksimal iPhone membutuhkan kesehatah baterai minimal 80%, oleh karena itu Apple menyarankan hal tersebut.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan eSim di iPhone, Sangat Mudah!

Lalu jika kesehatan baterai terus menurus, tanda-tanda apakah yang dimunculkan iPhone untuk memberitahu penggunanya bahwa iPhone tersebut membutuhkan baterai yang baru? Yuk disimak penjelasan di bawah ini!

Segera Ganti Baterai iPhone Jika Memiliki Tanda-Tanda Ini!

 

 

1. Ukuran Baterai Membengkak atau Menggembung

Baterai yang bocor akan perlahan merusak komponen pada baterai itu sendiri dan merambat merusak komponen yang lainnya. Biasanya, iPhone yang baterainya menggembung akan membuat layar memiliki celah yang renggang di pinggirannya dan perlahan akan merusak layar seperti dead pixels. Jadi sebelum terlambat dan merusak komponen penting pada iPhone, segera ganti baterai iPhone kalian dengan yang baru saat memiliki baterai yang membengkak!

Baca Juga: Cara Menerjemahkan dengan Gambar Ataupun Kata

2. iPhone Sering Mengalami Sudden Death atau Mati Mendadak

Karena performanya yang menurun, baterai yang bocor seringkali tidak dapat menopang pekerjaan berat pada iPhone seperti pada saat iPhone melalukan proses yang cukup rumit. Contohnya update software, installing game, atau hanya sekedar update aplikasi messenger pun terkadang iPhone akan mengalami sudden death jika baterainya sudah bocor.

3. Melakukan Charging Lebih dari 3 Kali Sehari

iPhone di desain secara umum untuk dapat diisi ulang daya baterainya sebanyak 1 sampai 2 kali dalam skala normal, maksimal adalah 3 kali. Perlu diingat bahwa mengisi baterai iPhone secara berlebihan juga akan merusak komponen pada iPhone. Lalu bagaimana jika kalian sudah merawat iPhone namun suatu saat muncul kebiasaan untuk mengisi daya baterai lebih dari tiga kali karena baterai yang mudah habis? Jawabannya mudah, setiap baterai memiliki umur kimianya tersendiri, jadi dapat dipastikan baterai yang bocor atau sudah “tua” akan menunjukkan cirinya dengan cara baterai yang cepat habis.

Baca Juga: Cara Mengunduh Video Pada Facebook

4. iPhone Mudah Panas

Kerusakan baterai akan perlahan menggagalkan berbagai performa baiknya, jadi iPhone menjadi mudah panas adalah hal yang wajar untuk iPhone yang memiliki baterai bocor. Segera ganti baterai kalian sebelum merusak komponen lainnya!

5. Pengisian dan Pengurangan Persentase Baterai yang Cepat

Ciri terakhir baterai iPhone kalian bocor adalah pengisian yang cepat dan penurunan baterai yang cepat bahkan melompat-lompat. Contohnya saat baterai iPhone kalian berada pada angka 10% lalu di charge dan semenit kemudian menjadi 40%. Saat sudah di angka 100% dan digunakan dalam waktu tidak terlalu lama seperti 1 jam, baterai iPhone melompat menjadi 13%, hal-hal yang seperti itulah yang menjadi contoh bahwa baterai iPhone kalian perlu segera diganti.

Baca Juga: Alasan Memilih HP Gaming Oppo A9 2020

 

Dari penjelasan di atas, apakah iPhone kalian mengalami hal-hal tersebut? Jika iya, yuk segera ganti baterai iPhone kalian sebelum merusak komponen lain seperti hardware pada iPhone. Jika tidak, rawat lah baik-baik iPhone kalian dan kenali kemampuan iPhone kalian agar dapat lebih memahami bagaimana cara merawat iPhone terutama untuk baterainya. Terima kasih sudah menyimak!

Leave A Reply

Your email address will not be published.