Solusi Berbagi Gambar dengan Aman

Cara paling mudah untuk mengeditnya yaitu langsung di aplikasi Office.

0

Gambar yang kalian blur atau malah kalian potong masih berpotensi memberikan data yang awalnya ingin kalian sembunyikan.

Pernahkah kalian menyembunyikan sebuah informasi tentang sebuah gambar yang kalian bagikan?

Misalnya kalian ingin membagikan tiket sebuah acara yang sudah lama ditunggu-tunggu di media sosial, dengan cara menyamarkan barcode untuk menghindari orang lain memperoleh informasi dari tiket tersebut.

Tapi kalian harus ingat, Gaes. Gambar yang kalian blur atau malah kalian potong masih berpotensi memberikan data yang awalnya ingin kalian sembunyikan.

Ada beberapa penyebab yang melatar belakanginya.

Melakukan edit gambar di aplikasi office

Ini cara klasik untuk berbagi gambar dengan aman seseorang yang tidak sengaja membagikan rahasia pribadi atau perusahaan. Kalau gambar tersebut ditujukan untuk dokumen teks atau slide presentasi, cara paling mudah untuk mengeditnya yaitu langsung di aplikasi Office. Cukup masukkan gambar, potong bagian yang tidak ingin ditampilkan, simpan dokumen, dan bagikan kepada atasan atau klien dengan perasaan nyaman.

Masalahnya, ini hanya mengubah bagaimana gambar tampil di badan dokumen. Tetapi, gambar asli tetap utuh. Untuk melihat bagian yang tersembunyi, yang harus kalian lakukan yaitu memilih gambar dan setelahnya Crop tool di tab Format.

Beruntungnya, kalian bisa menghapsu secara permanen bagian dalam satu gambar di dokumen memakai tombol Compress Pictures di tab Format yang sama. Tap dan pastikan kotak Delete Cropped Areas of pictures sudah kalian pilih.

Semi Transparan

Khusus kalian para pengguna iPhone, kalian dapat membagikan gambar dengan aman yaitu fitur Markup di iOS. Ingin mengirim foto dari smartphone? Kalian bisa edit langsung dalam surel atau pesan. Nantinya penerima tidak akan bisa membatalkan suntingan kalian. Mungkin, ini cara mudah menyembunyikan informasi pada gambar bukan?

Tetapi tidak. Sebab pena dan alat penyorot menggambar garis secara semitransparan. Pasti, kalau kalian melakukan coretan di atas teks beberapa kali, itu mungkin tampak sangat tersembunyi. Tetapi, kalau kalian coba kulik kecerahan, kontras dan pengaturan gambar lainnya, siapa pun bisa dengan cepat menemukan rahasia yang disamarkan.

Karena itu, ada baiknya pastikan memakai alat buram 100% untuk menyembunyikan data di gambar.

Lapisan rahasia yang tak terlihat

Agar tidak kehilangan informasi rahasia pada suatu gambar secara fukk, kalian dapat membagikan gambar dengan aman menggunakan editor grafis bisa menyimpannya pada lapisan tersembunyi yang terpisah. 

Ini solusi yang nyaman untuk beberapa gambar. Tetapi, memposting gambar dengan lapisan tersembunyi secara online bukan ide bagus, apalagi kalau format PNG.

Sebeb, ketika menyimpan gambar sebagai file PNG, editor foto menggabungkan lapisan-lapisan sehingga mereka tidak bisa di-unglue.

Tetapi, informasi di lapisan tersembunyi tetap berada di dalam file. Sementara sebagian besar program tidak memunculkannya, dalam aplikasi tertentu, contohnya, aplikasi darktable, hanya dengan membuka gambar, ia bisa mengungkapkan seluruh lapisan tersembunyi tanpa overlay.

Reversible filtering

Filter grafik yang mendistorsi gambar juga bisa mengungkapkan hal yang disembunyikan. Beberapa memindahkan piksel tanpa dihapus, dan bsia  ditaruh kembali di tempat asal dan menampilkan gambar aslinya.

Terakhir, tidak tersembunyi. Kalian mungkin coret nama dan gambar profil, tapi bilah alamat ada. Maka siap-siap data kalian terungkap.

Ingat, gambar bisa mengungkap rahasia. Metadata file juga karena menyertakan thumbnail gambar asli. Karena itu kalian harus teliti sebelum berbagi gambar atau foto.

Kalian pengguna Windows, kalian bisa menghapus metadata dari gambar tanpa perangkat lunak tambahan. Caranya klik kanan pada file, lalu klik Properti. Pada jendela yang ampil, tap Details. Kemudian tap Remove Properties and Personal Information. Terakhir, pilih apakah ingin menghapus metadata secara permanen atau membuat salinan file

Bagaimana menyembunyikan informasi di gambar dengan aman?

Pertama-tama, edit gambar dalam editor foto dan hanya memakai gambar yang untuk dihapus dalam dokumen Office. Lalu pastikan alat yang kalian pakai menyamarkan informasi rahasia memberikan 100% keburaman.

Kalau lebih suka mengaburkan atau pikselisasi, periksa dengan teliti bahwa hasilnya tidak memberikan rahasia secara jelas, misalnya mengikuti bentuk huruf.

Berikutnya, sebelum memposting atau membagikan dengan orang lain, pastikan tidak ada informasi lain pada gambar yang bisa memperlihatkan informasi yang kalian samarkan, dan sembunyikan alamat email, URL halaman jejaring sosial, tato yang tidak biasa, tag nama, dan pengidentifikasi potensial lainnya.

Kemudian, hapus metadata. kalau disebabkan alasan tertentu kalian ingin menyimpannya, buat salinan file “bersih” terpisah untuk yang dibagikan.

Terakhir, hati-hati sebelum mengunggah gambar dengan informasi sensitif. Dengan tidak memperlihatkan tiket penerbangan di sosmed, akan membuat kalian menjadi lebih aman. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.