Solusi File Explorer Not Responding Windows

Kalian dapat melakukan apa pun yang kalian mau pada folder atau file di dalam Drive. Contohnya dalam hal membuat, menghapus, mengedit, menyalin, sampai mengatur file. 

0

File Explorer atau Windows Explorer adalah program dari Microsoft Windows yang berguna sebagai alat pengelola file di PC atau laptop. 

Pernahkah merasa kelabakan karena file explorer di Windows kalian tidak ada respon? Jangan khawatir, kalian bisa mengatasinya dengan tips keren di artikel ini.

File Explorer atau Windows Explorer adalah program dari Microsoft Windows yang berguna sebagai alat pengelola file di PC atau laptop. 

Dengan program ini, kalian dapat melakukan apa pun yang kalian mau pada folder atau file di dalam Drive. Contohnya dalam hal membuat, menghapus, mengedit, menyalin, sampai mengatur file. 

File explorer memang sangat diperlukan untuk menjalankan aktivitas di depan layar desktop. Tetapi, akan sangat menjengkelkan jika kalian menemui masalah file explorer not responding bukan?

Apa yang menyebabkan file explorer not responding windows?

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Mungkin karena sistem bermasalah, multitasking berlebihan, ada virus, file cache menumpuk, aplikasi pihak ketiga bermasalah. Atau mungkin versi windows 10 usang. Atau bisa jadi juga sebab lainnya.

Restart PC atau  Laptop

Walau sederhana, banyak masalah Windows teratasi dengan restart. Dengan me-restart perangkat juga bisa bermanfaat untuk memastikan apakah ada pembaruan sistem yang tertunda atau tidaknya.

Bersihkan File Cache

Ini juga penting karena banyaknya file sampah yang menumpuk pun bisa membuat beberapa program tidak bisa berjalan maksimal.

Kalian bisa membersihkan file sampah secara rutin agar masalah ini tidak terulang lagi.

Restart File Explorer Windows 10

Berikutnya, yaitu me-restart File Explorer Windows 10. Cara ini ampuh untuk memperbaiki gangguan yang ada di File Explorer termasuk not responding. Dalam me-restart File Explorer ini bisa memakai dua cara yang berbeda.  Baik melalui task manager atau CMD.

Scan System File Checker

Tips lainnya, kalian bisa menjalankan System File Checker Windows 10 melalui CMD. 

Kalau memang masalah disebabkan adanya error di sistem, maka solusi terbaiknya dengan memindai semua file yang ada di Windows 10. Dengan demikian, file yang error atau  hilang akan diperbaiki secara otomatis.

Awalnya tap ikon Windows di Taskbar. Lalu gulir ke bawah untuk mencari Windows System. Kemudian, klik kanan Command Prompt dan tap More lalu klik Run as administrator.

Jika sudah, ketik perintah: sfc /scannow dan klik Enter. Tunggu proses beberapa saat. Lalu restart perangkat  untuk melihat hasilnya.

Menyisakan ruang kosong pada drive C

Jika drive C penuh, tentu ini membuat banyak masalah. Karena itu, kosongkan ruang di Drive C dengan beberapa cara. Misalnya uninstall aplikasi yang tidak penting, hapus file yang tertinggal ketika melakukan uninstall aplikasi, atau mungkin dengan memindahkan semua file yang ada di folder download. 

Jalankan Pembaruan Windows 10

Mungkin PC atau lapotp kalian yang mengalami File Explorer yang not responding ini karena adanya kegagalan dalam pembaruan Windows. 

Karena itu kalian cukup melakukan pembaruan agar perangkat dapat berjalan dengan lancar dan optimal.

Kalian bisa tap Windows di Taskbar. Lalu tap Settings dan klik Update & Security. Setelah itu tap menu Windows Update dan klik  Download and Install.

Tunggu proses download selama beberapa saat. Kalau sudah, silakan restart ulang perangkat untuk memasang pembaruan.

Cara lainnya, kalian bisa melakukan scan antivirus dan juga reset windows 10. Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk solusi file explorer not repsonding windows. Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.