Solusi Masalah Connection Time Out di Browser Android

Tidak jarang jumlah histori dan cache yang ada terlalu banyak sampai menumpuk, dan akhirnya justru membuat lemot ketika loading suatu aplikasi.

0

Pada bagian inilah letak kebingungannya. Sampai akhirnya terlihat bahwa bahwa masalah sebenarnya bukanlah terjadi pada koneksi atau sinyal.

Kalian pernah merasa kesal karena sedang asyik browsing tiba-tiba keluar pesan error ‘Connection time out’, padahal tadinya smartphone android kalian baik-baik saja?

Tidak perlu khawatir, Gaes. Sekarang kalian dapat mengatasinya dengan memakai tips ampuh di artikel ini.

Seperti yang kalian ketahui, baisanya ketika ada pesan error ‘Connection time out’ kalian pasti akan berfikir internet kalian yang eror. Baik jaringan, sinyal, atau paket data internet kalian habis.

Tapi ternyata ada masalah lain yang bisa membuat pesan error tersebut muncul tanpa kalian sadari.

Untuk sebagian orang yang belum faham, masalah ini mungkin cukup membingungkan sebab saran perbaikan yang muncul berikutnya ialah panduan untuk memeriksa jaringan atau sinyal dan semacamnya.

Tetapi seperti yang tertulis tadi, bagaimana kalau jaringannya baik-baik saja, tapi tampil error seperti itu?

Pada bagian inilah letak kebingungannya. Sampai akhirnya terlihat bahwa bahwa masalah sebenarnya bukanlah terjadi pada koneksi atau sinyal. Akan tetapi, yang jadi masalah sampai timbul pesan error tadi adalah riwayat jelajah (histori) dan cache  yang menumpuk di memori browser.

Pada dasarnya data histori dan cache yang tersimpan di browser dan aplikasi lainnya memang punya tujuan baik. Yaitu untuk mempercepat akses di lain waktu, saat kalian ingin membuka situs yang sebelumnya sudah pernah kalian buka.

Hanya saja, tidak jarang jumlah histori dan cache yang ada terlalu banyak sampai menumpuk, dan akhirnya justru membuat lemot ketika loading suatu aplikasi. Bahkan bisa memperlambat respon smartphone sampai membuat smartphone mengalami lag.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi masalah connection time out, ternyata caranya yaitu dengan menghapus cache, data history (riwayat) dan data lainnya yang sejenis.

Dengan cara kalian membersihkah file cache browser, di samping hanya mengatasi error time out, juga membuat loading browser menjadi lebih cepat.

Bagaimana cara mengatasi connection time out di browser itu langkah-langkahnya?

Langkah pertama, pada langkah cara mempercepat loading browser Google Chrome, kalian bisa klik ‘Menu‘ (icon titik tiga) di sudut kanan atas layar browser Chrome.

Sesudah muncul kotak menunya, klik menu ‘Histori‘. Jika sudah, nanti akan muncul riwayat url yang pernah kalian kunjungi, mulai dari kunjungan terbaru sampai yang lebih lama,

Pada halaman ini kalian dapat langsung klik menu ‘Hapus Data Browsing‘ yang lokasinya ada di sisi sebelah atas-kiri.

Saat masuk ke halaman penghapusan, kilk bagian ‘Rentang Waktu

Lalu nanti akan tampil kotak pilihan rentang waktu yang historinya akan kalian hapus. Klik pilihan ‘Semua‘ agar hasil pembersihan lebih tuntas

Sesudah terpilih ‘Semua‘, berikutnya lihat ke bagian kanan-bawah dan klik tombol ‘Hapus Data‘.

Sesudah itu, seharusnya aktifitas browsing sudah lancar kembali. 

Di samping hanya untuk Chrome Android, cara ini juga efektif di Samsung internet browser. 

Pada dasarnya browser Samsung memang masih satu basis dengan Google Chrome. Karena itu cara mempercepat loading Google Chrome Android pun efektif untuk browser bawaan Samsung. Walaupun memang ada sedikit perbedaan dalam langkah-langkah pembersihan data histori browsernya.

Hapus Cache Samsung Internet Browser

Langkah awal seperti Chrome, klik ‘Menu‘ (icon titik tiga) di sudut kanan-atas. Lalu akan tampil kotak menu, klik ‘Pengaturan‘, dan tap menu ‘Privasi‘.

Di halaman selanjutnya, klik ‘Hapus Data Penelusuran‘. Lalu memasuki halaman berikutnya, centang / ceklist bagian Riwayat penjelajahan situs, memori, cookie, data situs, lalu klik tombol ‘Hapus‘. Selesai.

Itu tadi langkah-langkah mempercepat loading Internet Google Chrome dan Samsung Browser yang sekaligus juga menjadi cara mengatasi masalah connection time out. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.