Solusi No Audio Output Device is Installed

Berdasarkan pengalaman, penyebab pesan ini jika bukan dari speaker yang bermasalah, mungkin saja karena sistem atau driver yang bug.

0

Pesan ini memperlihatkan jika ada masalah audio pada sistem yang kalian gunakan. Dampaknya sendiri suara komputer jadi tidak keluar (mute).

Pernahkah kalian mendapatkan pesan, “no audio output device is installed?” Pesan ini biasanya ada di computer atau laptop dengan OS Windows 7, Windows 8, sampai Windows 10.

Pesan ini memperlihatkan jika ada masalah audio pada sistem yang kalian gunakan. Dampaknya sendiri suara komputer jadi tidak keluar (mute).

Untuk yang biasa memutar musik di PC atau laptop, pastinya masalah ini wajib diperbaiki. Agar jadi normal lagi.

Apa Penyebab Pesan No Audio Output Device Installed?

No audio output device jika diartikan adalah “tidak ada perangkat output audio terpasang.”

Berdasarkan pengalaman, penyebab pesan ini jika bukan dari speaker yang bermasalah, mungkin saja karena sistem atau driver yang bug.

Ciri khususnya, umumnya ditandai dengan tanda ❌ di bagian kanan bawah (icon volume).

Bagaimana Mengatasi Pesan No Audio Output Device is Installed di Windows 7, 8, 10?

Untuk mengatasi pesan error ini,  tergantung masalahnya dari sistem atau komponennya. Berikut beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengoperasikan Fitur Troubleshooter

Saat tampil pesan no audio di volume, salah satu yang banyak dilakukan yaitu dengan mengoperasikan fitur troubleshooter yang ada di Windows.

Hasilnya error  secara otoamtis hilang. 

Caranya, klik kanan icon volume yang ada di bagian kanan bawah taskbar. Lalu tap Troubleshoot Sounds Problem.

Selanjutnya, pilih perangkat audio yang kalian gunakan, dan tap Next.  Langkah 3: Tunggu proses perbaikan otomatis berjalan.

Apabila sudah, maka fitur Troubleshooter umumnya akan langsung memperbaiki masalah audio tersebut. Atau nanti akan tampil solusi yang bisa kalian lakukan.

Jika sudah, disarankan untuk restart komputer atau laptop, lalu cek kembali.

Update Driver Audio

Sesungguhnya driver audio di Windows akan secara otomatis aktif saat ada speaker atau perangkat suara yang terhubung ke komputer.

Hanya saja driver tersebut bisa jadi ada bug (semacam error) yang membuatnya tampil pesan tertentu.

Untuk mengatasinya yaitu dengan update driver audio. Pertama, ketik device manager pada kolom search Windows, lalu silakan buka

Buka opsi Audio inputs and outputs maka kalian akan melihat driver audio di Device Manager yang sedang aktif. Selanjutnya klik kanan di perangkat audio yang sedang digunakan dan klik Update Driver.

Tap opsi Search Automatically for Drivers. Dengan begitu driver akan diperbarui Windows secara otomatis. Selesai. Silakan coba cek kembali.

Ingat, jika speaker atau laptop kalian memiliki DVD driver, bisa coba install. Contohnya Realtek HD Audio. Ini dapat membantu umumnya.

Uninstall Driver di Device Manager

Driver disini yaitu driver bawaan Windows, yang secara otomatis sudah mendeteksi perangkat suara di komputer.

Opsi hapus driver ini tidak akan menghilangkan driver secara permanen. Sebab saat kalian hapus, Windows secara otomatis akan memasang ulang kembali driver tersebut.

Caranya, silakan ketik “Device Manager” di kolom search taskbar. Lalu buka bagian Sound, Video and Game Controllers.

Kemudian  cari driver speaker utama yang kalian gunakan. Dan klik kanan driver speaker tersebut, dan tap Uninstall.

Sesudah itu, restart PC atau laptop kalian, dan cek kembali suaranya.

Dengan cara ini, biasanya bug pada driver secara otomatis sudah hilang.

Periksa Speaker Terhubung

Untuk kalian pengguna komputer, pesan masalah audio tidak terpasang, bisa jadi speakernya belum terhubung dengan benar.

Cek dengan cara periksa dulu kondisi kabel audionya. Lalu periksa juga kabel power speaker (baik itu USB, atau kabel yang langsung ke listrik).

Kemudian, coba lepas pasang juga semua kabelnya, dengan catatan, kondisi speaker harus masih oke.

Menambah Hardware Audio di Device Manager

Masih di Device Manager tujuannya yaitu mengatur ulang hardware audio secara manual. Cara ini sudah banyak diterapkan, dan bisa dikatakan cukup efektif.

Caranya, buka Device Manager lewat kolom search Windows. Pada bagian menu atas, tap Action, kemudian tao Add Legacy Hardware.

Nanti akan tampil jendela baru. Tap Next saja. Selanjutnya, klik opsi Install Hardware Secara Manual (Advanced), lalu tap Next.

Pada jendela berikutnya, silakan geser ke bawah, kemudian cari dan klik opsi Sound, Video and Game Controllers, lalu tap Next lagi.

Silakan pilih driver audio sesuai yang kalian gunakan. Contohnya Realtek atau lainnya. Lalu tap Next lagi sampai Finish.

Kalau sudah, coba restart lagi.

Menggunakan USB Sounds

USB Sounds, meruoakan sebuah perangkat yang bentuknya mirip flashdisk. Gunanya untuk mengganti komponen audio utama yang ada pada motherboard komputer.

Sebab sumber inputnya beda, maka masalah pesan “no audio device installed” ini bisa kalian atasi.

Untuk mendapatkannya, kalian dapat membelinya di toko komputer terdekat, atau membelinya secara online lewat marketplace misalnya Bukalapak dan Tokopedia. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.