Solusi saat Terjadi Masalah ketika Berkomunikasi dengan Server Google

0

Saat ini kita tidak bisa melepaskan diri begitu saja  dari begitu banyak kegunaan Google dalam kehidupan kita. Mulai dari email, aplikasi, dan hal lainnya kebanyakan sudah terhubung dengan Google.

Lalu bagaimana saat terjadi masalah ketika kita ingin membuka Googlle Play Store? Karena biasanya disebabkan banyak faktor seperti koneksi, cache, dan server google yang sedang masalah.

Iya, Gaes. Kita sudah mengetahui kalau smartphone Android adalah OS buatan Google. Dimana di dalamnya sudah diwajibkan untuk membuat akun Google supaya smartphone dapat dijalankan dengan baik dan lancar, utamanya untuk kebutuhan membuka Email, menjalankan Google Maps, nonton YouTube, dan lainnya.

Saat terjadi masalah, maka berikut ini adalah langkah yang harus kalian lakukan.

Solusi 1

Yang pertama adalah segera Clear Cache dan data. Kalau kalian sudah sign in ke akun Google di perangkat kalian, maka kalian lebih baik sign out dahulu.

Setelahnya buka menu Settings. Klik Apps, kemudian hapus cache dan data untuk aplikasi Google App, Google Play Store, dan Google Play Services.

Kemudian kalian balik ke halaman setting, klik akun lalu sign in lagi ke akun Google kalian.

Mestinya dengan cara ini kalian sudah bisa log in ke layanan dan produk Google apapun tanpa melihat pesan error lagi.

Solusi 2

Cara kedua adalah dengan menghapus akun Google kalian, Gaes. Caranya mudah kok. Masuk ke menu Settings, klik akun Google kalian, kemudian pilih akun atau alamat email di menu kanan atas, kemudian klik hapus akun yang ingin kalian hapus.

Setelah itu, kalian restart atau mulai ulang smartphone kalian, Gaes. Jika suadh hidup lagi, kalian boleh log in atau sign in kembali memakai akun yang tadi kalian hapus.

Solusi 3

Cara ini terhitung mudah, Gaes. Kalian cukup mengubah Setelan tanggal menjadi otomatis. Cara ini bisa kalian gunakan saat smartphone kalian telah berada di mode jam dan tanggal otomatis.

Langkah selanjutnya, masuk ke menu Setting, klik tanggal dan waktu, lalu beri centang Tanggal dan waktu otomatis, Zona waktu otomatis. Selesai.

Solusi 4

Cara terbaik adalah membuat akun Google baru, Gaes. 

Kalian bisa membuat akun Google baru, usahakan kalian buatnya pakai nama yang berbeda dari akun Google sebelumnya. Selesai.

Solusi 5

Kalau kalian merasa smartphone kalian mengalami masalah dengan server Google, segera reset smartphone kalian kalau merasa sudah melakukan 4 cara di atas tapi masih belum berhasil juga.

Biasanya dengan Hard Reset, smartphone akan kembali ke pengaturan awal seperti semula. Akan tetapi, semua data yang ada di memori internal akan terhapus secara permanen.

Karena itu, pastikan sebelum kalian mereset smartphone, kalian sudah melakukan back up semua data dengan  aman. Tetapi, jika merasa semua data tidak terlalu penting, maka kalian bisa melakukan reset tanpa back up data terlebih dahulu.

Demikianlah, Gaes. Beberapa solusi saat terjadi masalah ketika berkomunikasi dengan Server Google.

Semoga solusi yang saya bagikan ke kalian bisa memecahkan masalah smartphone kalian ya.

Jangan lupa untuk terus update info dan kabar terbaru seputar teknologi dan pengetahuan lainnya hanya di techjak.com.  Akan hadir setiap hari tips dan berita up to date yang bisa menambah wawasan dan ilmu kalian, Gaes.

Semoga bermanfaat. Salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.