Solusi Sinyal Hilang di Android karena Bug

Flash ulang dapat dikatakan menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi banyak kerusakan di Android, sinyal hilang juga.

0

Ada baiknya kalian untuk me-reset perangkat android kalian. Dengan demikian, perangkat kalian akan kembali ke awal lagi dengan keadaan sistem seperti baru lagi.

Pernahkah merasa jengkel karena android kalian yang awalnya normal tiba-tiba sinyalnya hilang? Hati-hati, bisa jadi karena ada bug atau kerusakan system pada perangkat android kalian.

Tapi kalian tidak perlu khawatir. Sebab kalian dapat mengatasinya dengan mengikuti beberapa solusi yang akan dibagikan pada artikel ini.

Cek bareng kuy!

Perbarui Sistem Android

Kerusakan sistem atau bug, memang dapat juga menjadi salah satu penyebab masalah sinyal lemah, atau justru hilang.

Bug seperti ini umumnya terjadi di smartphone BM atau KW, yang mana umumnya memakai ROM yang tidak stabil.

Untuk poin ini, kalian hanya perlu melakukan cek system update di perangkat android kalian. 

Apabila tersedia, coba update sistemnya. Bisa jadi dengan memperbaruinya, masalah ini pun dapat menghilang.

Untuk melakukan pengecekan, pergi ke Settings, lalu buka About Phone. Terakhir, cek System Updates. Selesai.

Reset Android

Apabila kalian sudah melakukan update system,  tetapi masih belum teratasi juga masalahnya? Mungkin saja update tersebut masih belum dapat menghilangkan bug yang tersimpan.

Untuk perkara ini, ada baiknya kalian untuk me-reset perangkat android kalian. Dengan demikian, perangkat kalian akan kembali ke awal lagi dengan keadaan sistem seperti baru lagi.

Reset  ini dapat dilakukan lewat recovery, atau bisa juga lewat setelan smartphone. 

Pertama-tama, pergi ke Settings. Lalu masuk ke Backup and Reset dan klik Factory Reset.

Ingat, kalian harus back up dulu data penting di perangkat, sebab saat reset maka semua data kalian hilang dan kembali sepeti baru lagi.

Flash Ulang 

Flash ulang perangkat, umumnya dilakukan untuk memperbaiki banyak kerusakan di android. Misalnya saja android lemot, errorbootloop, sampai mati total.

Flash ulang dapat dikatakan menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi banyak kerusakan di Android, sinyal hilang juga.

Ditambah lagi jika kerusakan disebabkan kerusakan sistem, misalnya ROM yang mengalami bug seperti dijelaskan di awal.

Ingat, untuk melakukan flash ulang, caranya silakan searching lagi di Google. Jangan lupa juga untuk memastikan cara flash-nya sesuai dengan merk dan tipe android kalian. Jika salah, smartphone akan mati total.

Perbaiki Invalid IMEI

IMEI merupakan nomor yang ada di android sebagai identitas. IMEI ini memiliki nomor yang bermacam-macam di tiap peragnkat.

Sinyal hilang ini juga berkaitan erat dengan IMEI. Dimana saat IMEI Invalid, perangkat jadi tidak akan dapat membaca kartu SIM. Dan ini membuat sistem tidak dapat menerima sinyal.

Untuk mengatasi IMEI invalid ini luamyan mudah tapi sulit juga. Karena, ada yang IMEI-nya dapat dikembalikan, dan ada juga yang tidak.

Untuk mengatasinya, alian bisa cek IMEI kalian. Bisa dengan aplikasi tertentu (pakai WiFi dulu untuk mengunduhnya) atau memakai kode dial *#06#

Cara lainnya, dengan memperbaiki IMEI.

Servis Android

Ketika kalian sudah mencoba cara-cara sebelumnya tapi masih belum berhasil, mungkin adakomponen di android yang mengalami kerusakan. Utamanya di bagian slot kartu SIM atau penangkap sinyal.

Kalian bisa membawanya ke Service Center (resmi) terdekat untuk memperoleh penggantian komponen yang rusak.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi bug pada system android kalian.

Jangan lupa untuk terus update info dan berita terbaru seputar ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada juga tips keran untuk mengatasi masalah teknis kalian sehari-hari. Selamat mencoba, dan salam teknologi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.